Tips Menggunakan Gestur Udara Hp Oppo

  • Droidinside
  • Mei 11, 2022

Apakah kamu sudah tahu fitur gestur udara hp Oppo? Ketika fitur ini diaktifkan, kamu bisa menjawab telepon tanpa perlu pegang hp. Selain itu yang lebih menarik lagi, tanpa menyentuh hp kamu bisa scrolling atau usap layar ke atas. Seperti pas lagi nonton FYP di TikTok, tanpa perlu mengusap pake jari itu layar bisa scroll sendiri. Keren bukan? Droidinside bakalan membahas fitur ini supaya bisa memudahkan kehidupan kamu.

Fitur Air Gesture Ponsel Oppo

Gestur udara hp Oppo merupakan nama fitur tersebut dalam bahasa Indonesia. Menurut penelitian admin sendiri, Air Gesture tersedia pertama kali di produk Oppo Reno 4. Ponsel yang masuk dalam kategori Mid-End ini bisa kita lihat dari spesifikasi yang dimilikinya. Setidaknya sensor lengkap dengan kamera depan mumpuni yang bisa menggunakan fitur tersebut. Sejauh ini, fitur Air Gesture tersedia di ponsel Oppo Reno saja. Seperti Oppo Reno 4, 5, 6 dan 7 serta generasi penerusnya.

Namun Oppo memberikan fitur gestur udara tersedia pada antarmuka ColorOS 12. Sebagai generasi antarmuka terbaru berbasis Android 12. Tapi gak semua hp Oppo bisa menikmati ini, kembali ke awal yaitu cuma kategori Mid keatas (dengan harga lumayan mahal).

Secara umum terdapat 2 fitur gestur udara hp Oppo:

  • Dapat mengangkat telepon dengan gerakan tangan
  • Scroll/usap layar ke atas dengan gerakan tangan

Tentunya gerakan tangan ini bukan disentuh, tapi cuma memposisikan tangan di depan ponsel Oppo saja. Hanya dengan melambaikan ke empat jari (kecuali jempol) keatas dan kebawah, maka gestur ini akan aktif.

Jadi kamu bisa mengangkat telepon, cuma dengan menempatkan tangan di depan ponsel dan melakukan scrolling. Menggerakkan keempat jari dari bawah ke atas, sudah otomatis ponsel akan merespon. Tentunya ini akan membawa sisi praktis dalam kehidupan sehari-hari. Hp cukup diletakkan dengan holder, tangan tanpa menyentuh pun scroll beranda aplikasi tertentu sangat mudah. Lalu bagaimanakah cara mengaktifkan fitur gestur udara hp Oppo tersebut? Droidinside tunjukkan caranya dibawah ini.

Cara Aktifkan Gestur Udara Hp Oppo

Untuk ponsel Oppo dengan ColorOS 7.2 berbasis Android 10 (Oppo Reno 4 misalnya) baru bisa menggunakan 1 fitur yaitu mengangkat telepon. Barulah setelah di Oppo Reno 5 (Android 11) dan generasi penerusnya fitur menjadi dua. Yaitu mengangkat telepon dan scroll layar ke atas dengan gerakan tangan. Berikut tutorialnya:

Gestur Mengangkat Telepon

  • Buka Pengaturan (bisa kamu buka lewat usap layar dari ujung atas ke tengah, klik tombol berbentuk Gear/ Settings)
  • Pilih Alat Serba Guna/Alat Praktis (Convenience Tools)
  • Gestur & Gerakan (Gestures And Motions)
  • Gerakan Udara/ Gerakan Di Udara (Air Gestures)
  • Klik untuk aktifkan Jawaban Udara/ Gestur Kontrol Panggilan (Air Answer)
  • Tekan Pelajari Gerakan untuk mengetahui posisi jari tangan mengangkat telepon

Gestur Menggulirkan Layar

  • Buka Pengaturan
  • Alat Praktis
  • Gerakan Di Udara
  • Klik Guliran Di Udara supaya aktif
  • Dibawahnya akan muncul aplikasi yang mendukung gestur udara, klik untuk mengaktifkannya. Saat diaktifkan, aplikasi tersebut bisa di scroll dengan gerakan tangan/gestur layaknya mengangkat telepon
aktifkan air gesture hp oppo

Kedua pengaturan diatas bisa dibuka juga lewat pencarian. Buka Pengaturan, klik tombol cari di bagian atas. Ketikkan: Udara. Lalu klik menu yang sesuai, kamu akan diarahkan ke pengaturan Gestur Di Udara.

Cara Menggunakan Gestur Udara Hp Oppo

Saat ada panggilan masuk, gerakan 4 jari di depan ponsel dengan jarak 20-40 cm. Setelah itu telepon biasa tersebut akan terangkat. Gerakan jari ke atas dan kebawah kayak melambai di depan kamera depan.

cara menggeser layar hp tanpa menyentuhnya oppo

Gerakan seperti gelombang yang sama yaitu 4 jari digerakkan ke atas untuk melakukan Scroll/gulir layar. Lakukan ini ketika membuka aplikasi yang diaktifkan gestur udara-nya. Jika muncul pesan Pelajari dan Nanti, berarti percobaan tangan kamu berhasil. Klik Nanti untuk melanjutkan menggulir layar.

Itulah beberapa cara menggunakan fitur Air Gesture hp Oppo. Sejauh ini hanya beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, Youtube, dan Instagram yang mendukung fitur gestur udara hp Oppo. Semoga bermanfaat memudahkan kamu menggunakan ponsel dengan keren.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.