Gapps Android 10 Untuk Cusrom Telah Tersedia | Droidinside

Gapps Android 10 Untuk Cusrom Telah Tersedia

  • 3 min read
  • Jul 18, 2020
gapps android 10

Pembaruan oleh developer terus dilakukan dengan telah munculnya Gapps Android 10 yang merupakan sistem operasi android paling baru. Apa saja yang kamu dapatkan pada versi OS ini?

Bagi pengguna yang tidak suka dengan ROM bawaan ponsel biasanya akan melakukan modifikasi pada android mereka menggunakan Costum ROM. Costum ROM merupakan file firmware yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai keinginan pengguna yang kemudian dimasukkan ke ponsel pintar. Biasanya Costum ROM atau ROM berbasis AOSP tidak memiliki layanan GApps atau Google Application Service.

Pentingnya GApps

Jika tidak ada GApps, maka ROM tersebut tidak akan bisa melakukan instalasi aplikasi yang tersedia secara resmi di Play Store. Padahal aplikasi original seperti Whatsapp membutuhkan Layanan GApps yang update untuk menjaga keamanan aplikasi yang terinstal. Banyak juga aplikasi lain yang instalasinya membutuhkan GApps. Layanan Google Play, Maps, Buku merupakan beberapa fitur disana.

Kamu pun bisa memilih untuk menginstal aplikasi pilihan di toko atau aplikasi lain seperti Getapps atau download langsung dari apk mirror sehingga pengguna android dengan ROM modifikasi dapat instal aplikasi seperti biasa. Namun hal ini memiliki kekurangan yaitu pada segi keamanan yang dapat mengancam ponsel android kamu dibanding penggunaan GApps.

GApps Android 10 Untuk Costum ROM

Karena faktor keamanan dan kenyamanan penggunaan aplikasi Original, bahkan untuk ROM termodifikasi khusus Android 10. Sebagai OS terbaru android saat ini, berbagai developer pun juga membuat untuk OS ini karena fitur yang semakin meningkat dan kekinian.

Untuk itulah, bagi pengguna Costum ROM seperti LineageOS, Pixel Experience, Resurrection Remix, OmniROM, dan Paranoid Android misalnya membutuhkan paket instalasi GApps Android 10 untuk tetap bisa menggunakan fitur Google dengan baik. Dan tentunya dengan tampilan Costum ROM yang sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dukungan GApps Android 10

Pada laman https://opengapps.org/ kini telah menyediakan dukungan GApps Android 10 dengan berbagai platform dan varian. Kamu tinggal menyesuaikan saja untuk Platform dan Variants. Platform merupakan arsitektur model ponsel yang sudah ada bisa dicek di ponsel melalui CPU Z dan cara yang lainnya:

  • ARM64 : smartphone yang dirilis tahun 2016 keatas
  • ARM : smartphone dengan arsitektur 32 bit paling banyak

Untuk platform lain kemungkinan besar tidak mendukung OS Android Q, sehingga akan ada 2 platform ini saja yang tersedia sebagai package GApps Android 10.

Varian yang disediakan saat januari 2020 dulu hanya 2 yaitu Nano dan Pico. Seiring berjalannya waktu, keseluruhan varian tersedia untuk bisa kamu nikmati (kecuali Aroma, Juli 2020). Varian Pico – Aroma merupakan urutan kelengkapan GApps dari yang paling simpel sampai paling lengkap. Varian Pico hanya menyajikan fungsi dasar dari GApps sampai dengan varian Aroma dimana kamu bisa memilih paket didalam GApps mana saja yang ingin kamu pasang ke Android.

unduh opengapps android 10

Jika sudah sesuai, klik tombol merah untuk download sesuai dengan varian dan arsitektur.

Cara Pasang GApps Android 10

Sudah pasti untuk melakukan ini kamu telah melakukan proses Instalasi firmware yang dimodifikasi dengan berhasil mealui banyak proses sebelumnya di ponsel pintar kamu seperti UBL, ROOT, dan pasang Recovery seperti TWRP/CWM. Dengan mengetahui dasar dalam proses pasang Costum ROM, kamu juga akan mengetahui cara pasang GApps Android 10 ini:

  • Instal Costum ROM berbasis Android 10 (AOSP)
  • Memasang aplikasi Recovery seperti TWRP
  • Memilih dan mendownload GApps yang sesuai dengan ponsel simpan pada penyimpanan kartu memori eksternal
  • Install GApps Android 10 dengan TWRP atau recovery
  • Reboot

Proses memasang paket Layanan Google ini akan menghapus semua data yang ada di penyimpanan internal. Droidinside juga tidak bertanggung jawab terkait segala kerusakan yang terjadi pada Android setelah Gapps ini dipasang. Jadi pastikan kamu sudah mengerti berbagai resiko dalam modifikasi Android.

Catatan GApps Android 10

  • Pembukaan kunci dengan wajah (kode FaceDetect dan FaceUnlock) telah dihapus dari fitur (sesuai dengan pengembangan Google yang menghapus Trusted Face)
  • Skrip baru untuk sistem (/system_root)
  • Pixel Launcher dapat dijadikan sebagai Homescreen App
  • Perubahan pada webview
  • Bug aplikasi Foto telah diperbaiki
  • Bug pada Pixel Launcher dengan Gesture Android 10 telah diperbaiki
  • Bug setup suara masih terjadi untuk beberapa kejadian sebagai catatan GApps Android 10

Tinggalkan Komentar!