Cara Mudah Ganti Tanggal Foto Di MIUI 12

  • 2 min read
  • Sep 06, 2021
ganti tanggal foto di miui 12

Antarmuka Xiaomi yang tergolong baru ini, kamu bisa ganti tanggal foto di MIUI 12. Mengganti tanggal pengambilan foto yang dimaksud sebenarnya cukup sulit dilakukan di ponsel android tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Store misalnya.

Setelah update ke versi MIUI 12, kamu bisa dengan mudah melakukannya bahkan tanpa aplikasi tambahan. Mengubah tanggal pengambilan foto berarti mengubah informasi Exif foto. Ini berisi berbagai informasi seperti lokasi, resolusi, hingga tanggal dimana gambar dijepret atau diambil dari sumber internet. Cukup mudah untuk melakukannya, Droidinside tunjukkan dibawah ini.

Cara Ganti Tanggal Foto Di MIUI 12

Pastikan kamu sudah update ponsel Xiaomi ke MIUI 12. Terserah sih mau versi MIUI 12 yang berapa ekornya. Biasanya ponsel Xiaomi yang kamu beli tahun 2020 keatas sudah menggunakan MIUI 12 dengan segudang fitur yang dimilikinya. Udate software dulu kalau belum, sehingga bisa melakukan cara ganti tanggal foto di MIUI 12 dengan mudah.

Mungkin fitur ini tergolong cukup rahasia, karena tidak banyak yang membahasnya. Langkah untuk mengubah tanggal pengambilan foto di ponsel Xiaomi ber MIUI 12 adalah:

  • Buka aplikasi Galeri. Pastikan foto/gambar milikmu bisa kelihatan disana
  • Langsung aja buka/klik gambar yang pengen kamu ubah
  • Klik 3 titik pojok kanan bawah
  • Pilih Rincian
  • Informasi berwarna biru adalah yang bisa kamu ubah sesuai keinginan
  • Klik pada Waktu Ambil
  • Tentukan tanggal pengambilan gambar tersebut sesuai keinginan dengan menggeser pada tanggal yang sesuai (hari, bulan, tahun)
  • Klik Oke jika sudah selesai
    mengubah tanggal foto di xiaomi miui 12

Ini merupakan sebuah cara yang sukses mengubah metadata atau info sebuah foto. Setelah diubah, jika gambar/foto dikirim ke komputer kemudian dicek pada detailnya. Akan menunjukkan tanggal pengambilan foto sesuai yang diinginkan.

Ini tidak hanya berlaku untuk hasil jepretan kamera ponsel Xiaomi dengan MIUI 12 saja. Bisa mengubah semua gambar yang terbaca pada Galeri Xiaomi. Ini tentunya bisa mempermudah kamu kalau kebetulan ingin memodifikasi tanggal pengambilan sebuah foto dari sumber mana saja. Bahkan foto hasil download bisa diubah sesuai keinginan.

Cara ganti tanggal foto di MIUI 12 juga tidak merubah informasi foto saja. Jika kamu melakukannya, berkas foto akan disesuaikan juga tanggalnya. Biasanya format gambar ponsel Xiaomi adalah IMG_ diikuti tanggal pengambilan foto. Berkas juga akan ikut berubah sesuai dengan tanggal diubah.

Penutup

Mengubah tanggal foto di android yang pernah admin bahas adalah mengunjungi Photos Google. Disana harus upload gambar dan mengubah secara online. Selanjutnya menggunakan aplikasi sejenis Exif Info Editor untuk mengubah metadata/informasi pengambilan foto.

Dengan ponsel Xiaomi yang udah pake antarmuka MIUI 12, cukup mudah melakukannya lewat galeri. Syaratnya pas udah buka rincian gambar, tulisan berwarna biru. Artinya bisa bebas mengubah tanggal foto. Jika tidak menunjukkan warna biru, artinya tidak bisa diubah karena keterbatasan versi Galeri (mungkin).

Meskipun bisa merubah tanggal foto, namun gak bisa ubah jam atau detik waktunya. Hanya bisa berubah hari dan tanggalnya. Ini kekurangan yang ada dalam cara ganti tanggal foto di MIUI 12.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *