Tips Dan Info Saat Ganti Region Xiaomi

  • 3 min read
  • Mar 22, 2021
ganti region xiaomi

Bagaimana dan apa saja keuntungan maupun kerugian ganti Region Xiaomi akan dibahas Droidinside lewat artikel ini. Ganti wilayah atau Region pada ponsel dengan sebutan beras merah ini mungkin tidak asing lagi bagi mereka pengguna setia.

Cara Ganti Region Xiaomi

Cukup mudah dan dapat diterapkan pada semua ponsel Xiaomi dari lawas hingga yang paling baru dengan antarmuka MIUI. Langkah untuk mengganti lokasi ponsel tersebut:

  • Buka Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Lokasi
  • Pilih lokasi yang diinginkan
    cara ganti wilayah hp xiaomi

Cukup mudah bukan? Beberapa saat setelah kamu mengganti lokasi, ponsel akan sedikit lag atau terdiam beberapa saat untuk menyesuaikan berbagai menu yang ada didalamnya.

Keuntungan Dan Kerugian Mengganti Region Hp Xiaomi

Bagi orang awam, mengganti lokasi ponsel mungkin tidak pernah dilakukan. Bagi mereka yang mengerti, akan ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Akan tetapi beberapa masalah bisa kamu dapatkan ketika ganti Region Xiaomi berikut ulasannya.

Setiap wilayah atau kelompok negara dimana ponsel Xiaomi dijual, perusahaan ini memberikan ciri khas atau hal khusus tertentu. Di negara yang berbeda, spesifikasi atau rincian yang diberikan akan berbeda juga. Pada MIUI 12 dengan Region India, tidak ada peringatan batas kerasnya suara. Berbeda untuk wilayah Eropa yang tidak bisa sekeras itu sesuai dengan aturan.

Contoh lain, ponsel admin Redmi 4X yang versi 3/32 Gb. Di India, spesifikasi bluetooth yang diberikan adalah versi 4.2 sedangkan untuk versi Indo adalah 4.1 yang tersematkan. Tidak hanya itu, akan ada perbedaan jenis program dan berbagai keuntungan yang kamu dapatkan.

Region UK (Inggris)

Iklan di MIUI 12 akan hilang jika kamu mengganti wilayah ke Inggris. Mungkin juga berlaku di MIUI dibawahnya. Salah satu cara menghilangkan iklan di Xiaomi ini adalah keuntungan yang kamu dapatkan dari ganti Region Xiaomi.

Kekurangan Region UK adalah kamu tidak dapat lagi mengakses tema. Kamu tidak bisa lagi dengan bebas melakukan kustomisasi tema. Dan tentunya beragam tema yang tersedia yang cukup banyak akan sangat berkurang.

Region US (Amerika)

Di MIUI 12, kamu bisa mendapatkan kontrol gestur yang lembut. Gestur atau penggunaan layar dengan jari akan menjadi lebih akurat dan lembut (smooth). Mengingat raja ponsel pintar iPhone berada di negara tersebut, kualitas suara juga akan ditingkatkan.

Harga yang dibayar untuk penggunaan layar dan kualitas suara yang lebih baik adalah baterai. Penggunaan daya pasti lebih boros dari biasanya, sejalan dengan kenyamanan penggunaan,

Singapura

Jika kamu ganti Region Xiaomi ke Singapura, beberapa ponsel lawas yang belum TKDN seperti Redmi Note 3 dan Redmi Note 2 akan muncul sinyal 4G nya. Ini cara yang paling simpel untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang. Kelebihan lainnya, tidak ada restriksi atau larangan batas volume suara pada wilayah ini. Ponsel bisa lebih keras baik itu menggunakan headset tanpa perlu muncul notifikasi suara terlalu keras.

Kelemahannya adalah adanya tambahan Bloatware atau aplikasi tambahan. Saat kamu ganti ke wilayah ini, tiba-tiba akan muncul aplikasi bawaan tertentu yang mungkin mengganggu meski tidak digunakan.

India

Menu pada ponsel dan fiturnya akan lebih lengkap kalau kamu ganti Region Xiaomi ke India. Seperti pada saat mencari berbagai Tema yang cukup keren. Ada berbagai menu di Setelan yang bisa muncul tanpa harus membukanya lewat aplikasi pihak ketiga seperti Activity Launcher.

Kelemahan yang paling menjengkelkan adalah Bloatware. India, aplikasi aneh-aneh akan banyak muncul secara tiba-tiba pas kamu mengganti ke lokasi tersebut. Aplikasi ini bahkan terinstal secara Offline, apalagi kalau posisi hp lagi online. Ini dapat mengurangi ruang penyimpanan pada memori Internal. Belum lagi aplikasi tersebut banyak yang kurang berguna kalau di negara Indonesia.

Mexico, China Dan India

3 Negara ini akan membuat Xiaomi kamu paling Up To Date. Soalnya 3 Region inilah yang pertama kali mendapatkan pembaruan sistem dari Xiaomi. Bahkan kamu memiliki kesempatan untuk menjadi Beta Tester atau pengguna awal untuk uji coba program pembaruan.

Artinya ponsel kamu akan pertama kali mendapat pembaruan selain dari lokasi lain. Hal ini mungkin berbahaya kalau kamu cuma user biasa. Hp jadi bahan percobaan kalau salah-salah mengunduh pembaruan beta. Hp bisa nge-bug atau bahkan Bootloop.

Penutup

Kira-kira setelah mendapat penjelasan diatas, kamu pengen ganti Region Xiaomi milikmu ke negara mana ? Kalau admin sih tetep Indonesia aja sih sebagai user biasa. Tapi ganti wilayah ke negara lain kalau cuma mau unduh tema yang lebih keren.

Intinya hati-hati pas ganti wilayah ke India dan negara lainnya. Siap-siap aja hapus aplikasi tambahan yang muncul tiba-tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *