Cara Ganti Refresh Rate Hp Infinix Mudah

  • Droidinside
  • Apr 06, 2022

Refresh Rate lebih dari 60 Hz adalah salah satu spesifikasi wajib jaman now. Ganti Refresh Rate hp Infinix bisa kamu lakukan apabila ponsel tersebut secara spesifikasi memilikinya. Penting sih untuk kamu bisa mengetahui cara menggantinya. Soalnya, berhubungan dengan iritnya baterai dan performa. Melalui pengaturan Refresh Rate, tentukan dua pilihan tersebut sesuai keinginan kamu.

Ponsel Infinix yang udah punya kemampuan Refresh Rate 90 Hz (dan sebagian hingga 120 Hz) sejak lahir beberapa diantaranya yaitu: Infinix Zero 8, Infinix Hot 10 Play, Hot 10s, Note 10, Note 10 Pro, Hot 11, Note 11, Note 11 Pro dan generasi penerusnya. Atau bisa dibilang, ponsel Infinix keluaran tahun 2020 akhir hingga lebih baru kategori Mid – High (sebagian Low End juga dapet). Hanya saja spesifikasi Refresh Rate layar tidak dicantumkan di GSM Arena, sebuah situs berisi informasi tentang hp. Tapi kamu bisa cek langsung di blog resmi Infinix beberapa ponsel yang telah menggunakan spek layar 90 Hz hingga 120 Hz. Lalu bagaimana cara untuk ganti Refresh Rate hp Infinix tersebut? Cek infonya dibawah ini dari Droidinside untuk kamu.

Cara Ganti Refresh Rate Hp Infinix

Perlu kamu ketahui, cara ganti Refresh Rate hp Infinix yang admin sebutkan dibawah ini tidak menggunakan Root atau modifikasi. Cukup dengan mengubah setelan atau pengaturan yang ada di ponsel. Jadi bisa dibilang, kalau setelan Refresh rate di ponsel Infinix kamu tidak muncul. Bisa jadi memang tidak memiliki spesifikasi layar lebih dari 60 Hz. Berikut tutorialnya:

  • Buka menu Pengaturan (bisa langsung kamu klik dari menu utama. Bisa juga dengan mengusap layar dari ujung atas ke tengah untuk membuka Status Bar lalu klik pada tombol Gear. Bisa juga dibuka dari app drawer dengan usap layar dari bawah ke tengah di layar utama)
  • Pilih menu Layar & Kecerahan (Screen & Brightness)
  • Klik Refresh Rate Layar (Screen Refresh Rate)
  • Pilih Refresh Rate sesuai yang kamu inginkan
mengubah refresh rate infinix

Disana terdapat pilihan 60 Hz dengan keterangan “Untuk Masa Pakai Baterai Yang Lebih Lama”. Sedangkan pada keterangan 90 Hz/90 Hz, “Untuk Animasi Yang Lebih Halus”. Kemudian ada pilihan Beralih Refresh Rate Otomatis. Secara tulisan, kamu pasti udah ngerti dari maksud tersebut saat ganti Refresh Rate hp Infinix.

Pada beberapa ponsel Infinix, sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya. Kamu bisa memilih hingga 120 Hz. Refresh Rate dasar adalah 60 Hz. Ada juga pilihan 90 Hz disana sesuai dengan spek hp. Kalau setelan Refresh Rate gak ada, memang berarti hp Infinix kamu speknya cuma layar 60 Hz aja. Lalu kalau ganti Refresh Rate apa aja efeknya?

Kelemahan Dan Kelebihan Ganti Refresh Rate Hp Infinix

Sudah kelihatan kalau kamu pilih 60/90 Hz, tampilan ponsel akan lebih bagus. Usap layar akan lebih responsif dan tidak kelihatan patah-patah. Ini akan meningkatkan pengalaman kamu pas lagi pake tuh hp. Tapi konsekuensinya adalah baterai jadi lebih boros, jika biasanya menggunakan 60 Hz lalu pindah 120 Hz, baterai bisa terkuras 2x lebih cepat sebanding dengan penyegaran layar yang naik hingga 2x lipat. Perlu kamu ketahui, suhu juga akan lebih cepat panas karena GPU pada ponsel juga bekerja membuat tampilan menjadi mulus.

Sedangkan kalau 60 Hz atau bawaan standar diaktifkan, penggunaan baterai akan lebih irit. Namun performa tidak akan sebagus saat memilih Refresh Rate diatasnya. Biasanya mode ini digunakan untuk mereka yang mungkin jarang menggunakan ponsel. Lebih memilih hp untuk dipake agak jarang saja dan bukan bermain game.

Kamu juga bisa pilih Beralih Refresh Rate Otomatis. Setelan untuk ganti Refresh Rate hp Infinix ini akan menggunakan penyegaran layar menjadi rendah dan tinggi sesuai dengan kondisi ponsel. Misalkan saat membuka game, Refresh Rate akan disesuaikan dengan game tersebut menjadi tinggi. Ketika membuka pengaturan atau perpesanan, aplikasi chat dapat dimungkinkan Refresh Rate akan menjadi 60 Hz atau standar. Saat baterai hampir habis atau mode hemat daya, penyegaran layar akan berubah menjadi standar saja. Hal ini disesuaikan secara otomatis oleh sistem berdasarkan penggunaan ponsel.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.