Mengatasi Game Turbo Xiaomi Mengganggu Layar

  • Droidinside
  • Apr 09, 2022

Banyak pengguna yang mengeluh Game Turbo Xiaomi mengganggu layar. Versi Game Turbo terbaru ini membuat agak jengkel karena sangat sensitif. Tersenggol sedikit saja langsung keluar itu panel Game Turbo. Pengalaman bermain game jadi kurang menyenangkan karena layar tertutup shortcut aplikasi di bagian sebelah kiri layar. Mending kalau Game Turbo ini ramping kayak versi yang lebih lawas. Versi paling baru ini segede gaban, alias menutupi hampir separuh layar.

Jadi bener bisa dibilang bahwa Game Turbo Xiaomi mengganggu layar saat bermain game. Penyebabnya adalah kesenggol jari dikit dia keluar. Sekalinya keluar menutup separuh layar. Yang bikin Game Turbo versi baru ini gampang kesenggol, itu gara-gara panel di bagian samping layar juga panjang dari ujung atas ke bawah. Jadi pas jari kiri/kanan itu sedikit aja menyentuh area untuk membuka panel Game Turbo. Langsung deh, setengah layar ketutupan. Mana gampang banget, alias kesenggol dikit langsung muncul. Lalu adakah solusi untuk mengatasi masalah ini? Droidinside berikan solusinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Game Turbo Xiaomi Mengganggu Layar

Game Turbo punya Xiaomi versi terbaru tepatnya setelah kamu update ke MIUI 12.5 berbasis Android 11. Memiliki bentuk yang berbeda dari versi sebelumnya (MIUI 12). Kelebihannya versi Game Turbo ini mendukung Voice Changer pada beberapa tipe hp. Selain itu, tampilan shortcut aplikasi juga menjadi ada disebelah kiri. Pada versi sebelumnya ada di atas.

Tapi pembaruan ini membawa masalah baru, yaitu panel atau kotak transparan kecil untuk membuka Game Turbo menjadi besar menyebabkannya mudah terbuka. Selain itu tampilan memanjang hingga menutupi layar separuh. Berikut ini solusi untuk mengatasi Game Turbo Xiaomi mengganggu layar:

Uninstal Pembaruan Aplikasi Keamanan

Cara ini bisa diterapkan untuk mengembalikan versi Game Turbo agar seperti awal (MIUI 12). Namun tidak 100% bisa berhasil. Cuma kelebihannya, kamu gak perlu lagi nambah aplikasi untuk didownload atau diinstal. Langkahnya yaitu:

  • Buka Setelan
  • Pilih menu Apl
  • Kelola Aplikasi
  • Tekan 3 titik pojok kanan atas
  • Tampilkan Semua Apl (setelan ini kalau sudah dipilih tidak perlu diubah lagi)
  • Klik Cari dibagian atas
  • Ketikkan: Keamanan
  • Pilih aplikasi Keamanan
  • Pilih menu Uninstal Pembaruan

Klik Oke, dan tunggu beberapa saat aplikasi Keamanan dimana didalamnya terdapat Game Turbo versi terbaru dihapus. Kemudian dikembalikan ke versi yang lebih lawas. Cara ini mungkin tidak berfungsi pada ponsel Xiaomi yang update ke MIUI 12.5.3 karena si aplikasi Keamanan (MI Security) udah naik juga ke versi terbaru dan kalau di uninstal gak bisa atau tetap ke versi yang udah up to date.

Downgrade Versi Game Turbo

Salah satu cara yang pas untuk mengatasi Game Turbo Xiaomi mengganggu layar adalah mengembalikannya ke versi yang lawas. Tepatnya kembali ke versi MIUI 12 . Dimana tombol membuka Game Turbo cuma kecil seukuran satu jari jempol saja. Selain itu, versi lawas juga gak membuat layar ketutupan pas lagi maen game.

Setelah diselidiki, versi Keamanan dimana Game Turbo terbaru eksis yaitu v5.5.xxx sampai yang sekarang. Game Turbo disana yang udah ada Voice Changer-nya, eh ternyata bikin gampang kesenggol. Untuk itu kamu perlu menurunkan versi Keamanan paling tidak ke versi 5.0. sekian yang ada di MIUI 12. Langkah untuk mendowngrade nya ke versi lawas yaitu:

  • Download MI Security versi 5.0.0
  • Pada link: bit.ly/MISec5
  • Server: APKMirror
  • Ukuran: +- 60 MB
  • Klik Download APK setelah laman terbuka

Pastikan kamu tutup semua aplikasi yang aktif saat ini. Setelah file diunduh, buka file di File Manager – Downloads. Klik aplikasi untuk diinstal. Pilih menu Oke jika terdapat peringatan untuk memasang versi yang lebih lawas. Proses instalasi akan berjalan menggantikan Game Turbo ke versi lebih lawas. Setelah itu kamu bisa menikmati game tanpa Game Turbo Xiaomi mengganggu layar lagi.

Jika versi tersebut tidak bisa dipasang (gagal pasang) kamu bisa mencari alternatif lain versi MI Security. Pada link: https://www.apkmirror.com/uploads/?appcategory=miui-security

Carilah versi MI Security dibawah v5.0.4 agar mendapatkan versi Game Turbo yang lawas. Klik pada halaman 2 hingga selesai dan temukan. Tapi jangan terlalu rendah versinya ya.

Kelemahan mendowngrade Game Turbo lewat cara ini adalah bahasa. Kemungkinan besar setelan Keamanan jadi bahasa Inggris semua. Dan fitur Game Turbo dengan Voice Changer dan pilihan performa akan menjadi hilang. Kembali ke versi yang gak gampang kesenggol tangan.

Mematikan Fitur Game Turbo

Ya kalau ini memang juga paling mudah sih untuk mengatasi Game Turbo Xiaomi mengganggu layar saat bermain game. Dengan menonakifkannya lagi, gak akan ada panel di samping layar lagi. Langkah mematikannya:

  • Buka Game Turbo
  • Bisa diakses dari Keamanan – Game Turbo atau Setelan – Fitur Spesial – Game Turbo
  • Klik tombol Gear (nomor 2 dari kanan)
  • Klik Game Turbo untuk mematikannya
  • Klik Juga Pintasan Dalam Permainan untuk mematikannya
cara mematikan game turbo xiaomi

Setelah itu kamu tidak akan lagi khawatir dengan Game Turbo Xiaomi mengganggu layar. Tidak akan kesenggol lagi karena setiap game yang dibuka adalah tanpa Game Turbo.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.