Cara Mengatasi Foto Selfie Terbalik Di Xiaomi

  • 3 min read
  • Sep 08, 2021
foto selfie terbalik di xiaomi

Pernahkah kamu foto selfie terbalik di Xiaomi sehingga jika ada tulisan, jadi terlihat terbalik. Barulah ketika dilihat menggunakan kaca hasil foto selfie baru bener? Ini merupakan efek Mirror atau Cermin yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi. Lalu bagaimana cara biar foto dengan kamera depan kembali normal dan tidak terbalik? Droidinside berikan informasinya.

Foto Selfie Terbalik Di Xiaomi

Kamu tidak perlu heran atau kaget karena sebenarnya efek cermin yang digunakan di ponsel Xiaomi adalah sebuah standar. Kok bisa ya? Ya karena mengikuti perkembangan pasar ponsel pintar saat itu hingga kini. Sebut saja, kamera menjadi cermin atau terbalik secara otomatis aktif hampir di semua merek ponsel android saat ini.

Bahkan ketika fitur belum diaktifkan, baru beli hp dari baru juga sudah seperti itu. Sebenarnya tidak merugikan untuk banyak orang sih. Menambah estetik foto karena diambil dan menurut banyak orang jadi lebih keren dan kekinian aja.

Tapi ternyata jika foto selfie terbalik di Xiaomi ini bakalan jadi bencana ketika kita gak membutuhkannya. Misalnya ada tulisan penting dibelakang wajah kita pas selfie, bakalan kelihatan terbalik dan sulit terbaca. Ada lagi jika memang objek memiliki orientasi arah tertentu bisa membuat kekacauan.

Contohnya untuk swafoto atau selfie wajah kamu dengan tanda pengenal KTP dan kartu pendaftaran CPNS. Jika ternyata swafoto terbalik atau mirror bisa saja tidak diterima oleh sistem. Berlaku juga buat pekerjaan yang lain. Lalu bagaimana cara mengatasi foto selfie terbalik di Xiaomi?

Cara Mengatasi Foto Selfie Terbalik Di Xiaomi

Fitur ini bernama Mirror/Cermin yang bisa dinonaktifkan dari setelan kamera dan berbagai fitur dalam ponsel Xiaomi. Berikut beberapa jalan untuk menormalkan kamera depan agar tidak seperti cermin:

Melalui Pengaturan Kamera

Jika ponsel Xiaomi kamu masih MIUI 11 atau lebih jadul, dengan fitur kamera yang masih sedikit, langkahnya:

  • Buka aplikasi kamera
  • Klik tombol Putar (sebelah kanan) untuk berganti ke kamera depan
  • Pilih Mode
  • Ketuk tombol ikon Gear di pojok kanan atas layar
  • Klik Cermin Kamera Depan sehingga menjadi nonaktif
  • Kamera depan bakalan kembali memfoto objek tanpa dibalik (cermin)

Kalo hp Xiaomi udah yang paling baru, biasanya pake MIUI 12 setelannya agak beda lagi:

  • Buka aplikasi kamera, tekan tombol putar di bagian kanan untuk membuka kamera depan
  • Ketuk 3 garis pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Klik Cermin Kamera Depan untuk menonaktifkannya
    foto selfie tulisan tidak tebalik di xiaomi

Melalui Setelan

  • Buka Setelan ponsel Xiaomi
  • Pilih Apl (untuk dibawah MIUI 11, langsung Aplikasi Sistem)
  • Setelan Aplikasi Sistem
  • Pilih Kamera
  • Ketuk Cermin Kamera untuk menonaktifkannya
  • Untuk MIUI 11 kebawah, pilih Mati

Karena pada ponsel Redmi 4X milik admin, posisi MIUI 9 untuk pilihan cermin kamera ada Auto. Dimana secara otomatis ketika mendeteksi wajah, hasil jepretan akan terbalik. Maka dari itu perlu dinonaktifkan atau pilih mati. Setelah setelan cermin kamera kamu nonaktifkan, gak hanya hasil foto yang jadi normal. Untuk perekaman video juga akan kembali normal tidak terbalik.

Penutup

Itulah cara mengatasi foto selfie terbalik di Xiaomi dengan cukup mudah bermodalkan setelan di kamera. Namun jika kamu sudah terlanjur melakukan pengambilan foto dan ternyata terbalik bagaimana mengatasinya?

Tenang, aplikasi galeri Xiaomi mudah juga untuk membalikkan foto yang dijepret pada mode cermin. Bahkan bisa dari gambar ponsel lain atau kiriman. Yaitu dengan sedikit melakukan edit. Langkahnya:

  • Buka foto selfie terbalik yang telah dijepret. Bisa melalui aplikasi Galeri atau buka kamera, ketuk gambar sebelah kiri bawah untuk membuka foto terakhir yang diambil
  • Ketuk 1 kali gambar untuk membuka panel
  • Pilih ikon tulis/kembang api (Ubah/Edit)
  • Ketuk menu Potong
  • Ketuk ikon Mirror/Kaca dengan simbol <|> atau >|<
  • Ketuk Centang untuk menyimpan foto
  • Gambar akan dibalik normal tidak seperti menggunakan efek Mirror/Cermin

Mudah untuk mengatasi foto selfie terbalik di Xiaomi bukan? Ya meskipun ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membalikkan gambar hasil kamera depan. Pake yang ada atau bawaan Xiaomi aja. Tanpa tambahan aplikasi kamu masih bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi semua foto yang hasilnya memiliki efek cermin/terbalik. Jangan lupa untuk foto serius jangan diaktifkan cerminnya ya. Nanti malah bisa bermasalah dengan hasil fotonya dan berefek kemana-mana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *