Instal Fitur Volume MIUI 12.5 Baru Di Semua Xiaomi

  • 3 min read
  • Feb 26, 2021
Fitur Volume MIUI 12.5

Kamu bisa menggunakan fitur volume MIUI 12.5 di semua ponsel Xiaomi kamu. Soalnya bentuk atau tampilan untuk menaikkan atau menurunkan kerasnya suara pada versi MIUI ini cukup keren. Lalu bagaimanakah caranya?

Fitur Volume MIUI 12.5 Dan Power Menu Baru

MIUI 12.5 merupakan antarmuka penerus dari MIUI 12 yang pernah dibahas admin pada blog ini. Berbagai fitur baru akan kamu dapatkan apabila ponsel Xiaomi yang dimiliki diupdate ke versi terbaru. Akan tetapi, saat artikel ini dirilis belum juga terlihat pembaruan resmi MIUI 12.5 untuk ponsel Xiaomi di Indonesia (tunggu saja sampai beberapa bulan lagi rilis).

Saat artikel ini dirilis, masih ponsel Xiaomi dengan ROM China Beta yang mendapatkannya. Antarmuka MIUI 12.5 tidak hanya akan disematkan pada ponsel MIUI yang tergolong masih baru. Poco yang merupakan 1 payung dengan Xiaomi juga menggunakan User Interface ini.

Salah satu yang keren dari MIUI 12.5 yaitu kontrol volume yang bisa dibilang lebih baru ketimbang generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, Power Menu atau beberapa ikon yang muncul ketika ingin mematikan ponsel ikut berubah. Apalagi tampilan ikon baik Volume maupun Power pada mode gelap lebih eksklusif. Tampilan ini meninggalkan kesan lawas dan lebih fresh.

Tidak cukup pada kontrol volume yang berbeda tampilannya. Dengan menggunakan fitur volume MIUI 12.5 yang baru memberikan aksesibilitas yang lebih canggih. Terdapat 3 titik di bagian atas volume saat kamu memunculkannya. Ini akan membuka panel yang lebih lebar untuk mengatur volume Suara, Notifikasi, dan Alarm.

Ditambah dengan tombol Silent (Hening) dan DND (Do Not Disturb) alias jangan ganggu. Kamu dapat mengaktifkan 2 fitur tersebut dengan mudah tanpa harus membuka panel akses cepat.

panel volume miui 12.5

Pada tombol Power, untuk mematikan maupun menghidupkan ulang ponsel Xiaomi kamu akan dapatkan animasi baru. Berubah warna slide nya, menjadi warna hijau untuk Reboot dan warna merah untuk Power Off. Cukup keren bukan? Lalu bagaimana cara menggunakan fitur volume MIUI 12.5 di semua ponsel Xiaomi ?

Cara Menggunakan Fitur Volume MIUI 12.5

Tidak semua dapat menerapkan fitur volume dan tombol power MIUI yang baru ini. Syaratnya:

  • Ponsel Xiaomi/Poco dengan basis android 10
  • Telah menggunakan MIUI 12
  • Bisa digunakan pada ponsel Xiaomi generasi Redmi Note 7 sampai paling baru saat ini (Generasi ke 9) yang telah update atau posisi MIUI 12

Jika syarat sudah dipenuhi, barulah kamu bisa memasang sebuah aplikasi yang merupakan bagian dari MIUI 12.5 agar dapat mengubah tampilan kontrol volume dan power. Langkahnya:

  • Unduh aplikasi Systemui-controls 1.0.0.99 (bisa dicari di Apkmirror.com atau melalui link bit.ly/volctrlmiui12)
  • Lakukan instalasi seperti biasa (apabila ada notifikasi untuk memperbarui tekan Oke atau lanjutkan)
  • Tunggu sampai proses selesai
  • Restart ponsel Xiaomi kamu, tombol volume dan power akan berubah
    merubah ikon volume xiaomi

Jika ponsel yang kamu miliki masih belum MIUI 12 atau dibawahnya tidak akan ada perubahan. Karena System Control yang baru ini hanya ada pada MIUI 12 keatas. Sehingga persyaratan diatas mutlak harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum dapat menerapkannya.

Penutup

Aplikasi SystemUI Control 1.0 merupakan kunci untuk bisa menggunakan fitur volume MIUI 12.5 pada ponsel Xiaomi maupun Poco. Aplikasi tersebut resmi berasal dari Xiaomi dengan antarmuka MIUI nya. Adapun untuk ponsel Xiaomi yang tidak cocok, instalasi bakalan tidak dapat dilakukan. Meskipun ponsel kamu sudah Android 10 tetapi masih MIUI 11 aplikasi tersebut memang bisa diinstal, tetapi sama sekali tidak berpengaruh apa-apa.

Beberapa pengguna yang telah menginstal fitur volume MIUI 12.5 merasakan tidak ada kendala yang berarti. Saat digunakan, kontrol volume maupun power cenderung cukup smooth, bahkan dibandingkan dengan yang lawas. Tidak ada Shuttering atau Frame ngelag yang dirasakan. Kamu juga tidak perlu ragu karena aplikasi terverifikasi dan otomatis akan terbaca aman oleh Google Play Protect.

Apabila pengguna mengalami masalah yang berhubungan dengan kontrol volume baru yang terinstal. Bisa dengan mudah menghapusnya dari sistem. Untuk melakukan penghapusan, langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Temukan dan pilih Apl
  • Kelola Aplikasi
  • Pada kotak pencarian, ketikkan Systemui-controls
  • Klik pada aplikasi tersebut
  • Tekan Uninstal Pembaruan dibagian bawah
  • Tunggu beberapa saat, fitur volume MIUI 12.5 akan dihapus dan terganti pada aplikasi bawaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *