Fitur Undo Redo Teks Samsung Tips Menggunakannya

  • 2 min read
  • Jan 10, 2021
undo redo teks samsung

Tidak hanya CTRL+Z pada perintah keyboard komputer. Fitur Undo Redo teks Samsung juga ada dengan fungsi yang sama. Melakukan koreksi teks sebelum maupun sesudah pengetikan teks.

Fitur Undo Redo teks Samsung hadir sejak adanya pembaruan One UI 2.0. Berbarengan dengan update Android 10 (pada beberapa ponsel samsung) fitur ini tersedia untuk model Flagship atau versi High-End.

Melihat kehidupan sehari-hari, fitur komputer dengan sistem Windows memberikan tombol pintas CTRL+Z. Tombol ini berfungsi untuk mengembalikan posisi sebelum melakukan eksekusi sebuah kegiatan. Terutama saat salah mengetik, tombol ini digunakan untuk mengembalikan tulisan seperti semula sebelumnya. Inilah fungsi Undo. Ada juga fitur Redo, yang bisa mengembalikan lagi tulisan yang telah dihapus/diganti.

Namun fitur ini mungkin tidak kita temukan di android. Pada keyboard di android sebelumnya tidak menggunakan hal ini. Adapun kalau terjadi kesalahan dalam penulisan, tinggal hapus saja. Tentunya dengan adanya Undo maupun Redo dalam keyboard kita akan lebih memudahkan dalam melakukan pengetikan. Fitur Undo Redo teks Samsung sampai post ini rilis tidak tersedia pada bahkan pada keyboard Google. Sehingga ada beberapa hal yang harus diketahui untuk menggunakannya.

Cara Menggunakan Fitur Undo Redo Teks Samsung

Syarat untuk bisa menikmati fitur ini adalah ponsel Samsung High-End (Galaxy S20, S10 dan lainnya) dengan antarmuka One UI 2.1 atau ponsel Samsung yang menggunakan One UI versi 2.1 keatas. Seperti pada One UI 2.5 Samsung Galaxy A51 dan A71 kedua ponsel ini sudah mendukung fitur mengembalikan teks terhapus ini. Selanjutnya adalah dengan menggunakan Keyboard Samsung sebagai papan ketik default/bawaan pada ponsel kamu.

Pastikan pengaturan keyboard kamu diubah menjadi Kontrol Kursor dengan:

  • Buka Pengaturan
  • Pengaturan Lanjut
  • Bahasa Dan Input
  • Pilih Samsung Keyboard
  • Klik pada Geser, Sentuh, dan Masukan
  • Pilih kontrol geser keyboard menjadi Kontrol Kursor

Pengaturan keyboard ini akan mengubah pengetikan menggunakan gestur. Artinya kamu tidak bisa lagi mengetik dengan menekan sebuah karakter teks lalu menahan dan menggeser ke karakter lain untuk membentuk sebuah kata. Memang fitur Undo Redo teks Samsung ini akan mengubah gerakan gesture untuk kemudian dapat mengembalikan teks yang dihapus.

Untuk cara Undo Redo teks setelah pengaturan diaktifkan:

  • Buka aplikasi manapun yang membutuhkan papan ketik
  • Ketikan kata yang kamu inginkan (kata salah)
  • Geser dengan menggunakan 2 jari keyboard ke arah kiri. Ini akan meng-Undo teks yang kamu ketik menjadi terhapus
  • Untuk melakukan Redo, lakukan gerakan 2 jari tersebut lagi sehingga teks yang terhapus secara manual atau karena Undo dapat kembali
    cara undo redo ketik samsung keyboard

Penutup

Fitur Undo Redo teks Samsung tidak hanya berlaku untuk sebuah kata saja. Kamu dapat memanfaatkannya pada sebuah kalimat yang secara tidak sengaja terhapus semuanya. Fitur ini akan mengembalikan kalimat yang terhapus secara cepat olehmu.

Sayangnya, mengetik dengan gesture tidak dapat digunakan saat fitur Undo Redo teks ini diaktifkan. Kebalikannya, kamu bisa menggunakan papan ketik secara gesture jika diaktifkan dan fitur ini tidak dapat digunakan.

Kamu juga bisa mengakses menu Kontrol Kursor lebih mudah saat keyboard Samsung kamu dibuka. Klik pada ikon Gear, kemudian pada Geser, Sentuh, dan Masukan untuk mengubahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *