Baru ! Fitur Pesan Sementara Whatsapp | Droidinside

Baru ! Fitur Pesan Sementara Whatsapp

  • 3 min read
  • Nov 16, 2020
pesan sementara whatsapp

Pesan sementara Whatsapp merupakan sebuah fitur baru dari aplikasi sosial media untuk berkirim pesan ini. Bagaimana cara kerja dan mengaktifkan fitur ini?

Pesan Sementara Whatsapp

Seperti namanya, pesan ini adalah sementara dan tidak abadi seperti layaknya dunia fana. Kamu bisa mengirim pesan untuk dikemudian hari dihapus oleh sistem. Tentunya akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari fitur ini.

Pesan yang dikirim secara otomatis akan dihapus/hilang setelah 7 hari apabila diaktifkan. Pengaturan ini akan langsung berefek apabila diaktifkan, dan jika nonaktif tidak akan berpengaruh pada pesan lain.

Pesan yang 7 hari kemudian terhapus itu hanya berlaku di HP kamu sendiri. Pesan dari teman kamu juga akan ikut menghilang, saat fitur ini mulai diaktifkan. Bagi penerima pesan/teman kamu, tetap akan bisa melihat pesan tersebut kapan saja. Yang terhapus hanya pada Whatsapp kamu sendiri.

Ini akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dibanding sebelum ada fitur ini.

Kelebihan Pesan Sementara Whatsapp

Manfaat yang bisa kamu ambil adalah kamu tidak akan lagi menemukan rangkaian pesan berderet yang nangkring di kolom Chat. Istilahnya penghematan atau meringkas. Karena pesan yang sudah terkirim akan otomatis terhapus, alias tidak ada lagi dan akan membuat kolom Chat lebih bersih.

Bagi kamu yang lebih suka menyelesaikan sebuah topik pembicaraan dalam satu waktu, fitur ini akan membantu kamu. Kamu tidak perlu menghapus satu persatu pesan yang telah dikirim dalam jangka waktu seminggu yang lalu.

Fitur ini bisa lebih menghemat penyimpanan database Whatsapp. Soalnya segala jenis pesan seperti Gambar, Chat biasa, Dokumen, Stiker dan lainnya akan hilang. Sehingga pesan tidak lagi disimpan dalam file “sent” pada folder penyimpanan Whatsapp.

Kekurangan Pesan Sementara Whatsapp

Pengguna yang selalu menjaga pesan yang dikirim atau tetap ada pada kolom Chat sepertinya tidak membutuhkan fitur ini. Apalagi kamu yang pelupa, bisa fatal apabila isi Chat penting bisa hilang otomatis. Bagi yang selalu menyimpan file yang dikirim dalam Chat mungkin akan kehilangan jika mengaktifkan fitur ini.

Kekurangan pesan sementara ini, apabila terdapat 2 pengguna yang memiliki janji di kemudian hari. Appointment ini bisa terlupa dan tidak dapat dibaca lagi. Untuk membaca pesan yang sudah lama tidak akan bisa, karena sudah dihapus otomatis oleh sistem

Jika digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, fitur ini mungkin bisa dijadikan alat penghilang bukti. Meskipun bisa menghapus/membersihkan keseluruhan pesan secara manual.

Fitur ini bisa diterapkan pada Chat grup, mungkin ada anggota yang tidak selalu membaca isi grup. Sehingga setelah 7 hari, pesan sementara Whatsapp tidak dapat dibaca dan mungkin dapat merugikan anggota grup Chat.

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara Whatsapp

Fitur ini bisa digunakan pada obrolan/Chat pribadi dan grup. Hanya saja untuk grup, hanya admin yang dapat mengaktifkan maupun menonaktifkannya. Anggota biasa pada grub akan terdampak apabila admin mengaktifkan fitur ini.

Mengaktifkan Pesan Sementara Chat Pribadi Dan Grup

  • Pilihlah kontak yang ingin dikenai fitur sementara ini. Bisa langsung pada kontak yang muncul di layar kamu, atau pada kontak yang belum ada Chat/pesannya melalui tombol hijau di pojok bawah.
  • Jika kolom Chat sudah dibuka, ketuk nama kontak di bagian atas
  • Ketuk Pesan Sementara
  • Pilih Lanjut
  • Ketuk Nyala

Untuk mengaktifkan pesan sementara di Chat grup, pastikan dahulu kamu adalah admin.

  • Buka Grup
  • Ketuk nama Grup diatas
  • Ketuk Pesan Sementara
  • Pilih lanjut, kemudian Nyala kan

Jika fitur ini diaktifkan pada grub, maka akan terdapat notifikasi di grup . Bahwa admin telah mengaktifkan fitur pesan sementara. Ini akan menghapus seluruh pesan pada semua anggota grup sejak fitur ini diaktifkan.

Penutup

Fitur pesan sementara Whatsapp ini tersedia pada versi Whatsapp 2.20.205.16 yang update pada 16 November lalu. Kamu bisa membuka Play Store kemudian melakukan pembaruan aplikasi Whatsapp. Ukuran updatenya sekitar 25 Mb tergantung jenis perangkat android kamu.

Apabila kamu belum menyimpan sebuah kontak Whatsapp pun, fitur ini sudah dapat kamu gunakan. Meskipun diaktifkan sejak pertama kali mengirim pesan pada sebuah kontak, kontak akan menjadi kosong kolom Chat nya. Dan tidak menghilang, sebagai bukti atau histori bahwa kamu telah mengirim pesan pada sebuah nomor.

Tinggalkan Komentar!