Fitur Download Later Google Chrome Akan Hadir | Droidinside

Fitur Download Later Google Chrome Akan Hadir

  • 2 min read
  • Jul 23, 2020
fitur download later chrome

Google sedang menjajal fitur Download Later pada salah satu produk browser mereka saat ini. Jika kamu adalah pengguna setia aplikasi penjelajah web bawaan android ini, kabar gembira akan segera kamu dapatkan karena fitur baru ini akan sangat membantu kamu.

Fitur Download Later Google Chrome

Tepat pada hari ini, dikutip dari AndroidAuthority bahwa Google Chrome akan memiliki fitur Download Later. Fitur ini memungkinkan kamu bisa mengatur kapan jadwal waktu yang diinginkan untuk mengunduh sebuah file. Layaknya seperti Download Manager biasanya yang merupakan aplikasi pihak ketiga. Dengan adanya pembaruan ini maka kamu bisa lebih nyaman dan mencintai produk besutan Google ini.

Fitur download later ini juga akan mendukung pada pengguna yang terkoneksi dengan Wifi ponsel mereka. Meskipun begitu, fitur ini juga belum tersedia pada Chrome versi PC. Diharapkan, fitur download nanti juga dikembangkan sehingga ada keselarasan fitur antara PC dan Smartphone. Tentunya bagi pengguna yang sering melakukan sinkronisasi data penjelajahan web pada Hp dan PC pastilah fitur ini harus di sama ratakan antar kedua user tersebut.

Hal baru yang akan kamu dapatkan adalah bahwa setelah kamu menentukkan file download dengan menetapkan kapan tanggal/waktunya download akan dijalankan dengan Scheduled for later, fitur download later tidak akan menghapus pengelolaan download seperti biasa pada Chrome. Sehingga untuk menghentikan, melanjutkan, dan menjeda unduhan akan tetap ada.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Download Nanti

Kamu pasti tidak asing dan mungkin pernah menginstal aplikasi Downloader pada PC atau ponsel Android. Fitur download nanti merupakan sebuah kewajiban yang dimiliki oleh sebuah aplikasi tersebut. Karena hal ini, kamu bisa leluasa untuk melakukan unduhan sebuah file dari internet kapanpun kamu mau.

Namun kelebihan yang ditawarkan ini mustahil bahkan tanpa kekurangan. Karena ada banyak hal yang bisa kamu ketahui tentang server tempat dimana file ini berada pada jaringan internet misalnya. Meskipun kamu punya aplikasi Downloader dengan fitur download later, sebuah server tidak semudah itu mau menuruti perintah aplikasi ini. Ada banyak server unduhan yang tidak bisa mendukung penjadwalan unduhan atau fitur download nanti.

Server yang kaku dan tidak mengijinkan penjadwalan unduhan biasanya hanya memberikan akses mendownload file pada saat itu juga kamu mengklik. Bahkan 1 kali download pada waktu itu juga dengan batasan untuk mendownload lagi pada IP address yang sama. IP Address ini adalah identitas perangkat yang kamu gunakan untuk mengunduh.

Fitur Download Later Akan Segera Hadir

Menurut 9to5Google, fitur ini belum sepenuhnya dapat digunakan oleh pengguna karena sedang proses pengembangan. Fitur ini akan sangat berguna untuk pengguna yang sedang tidak ingin mengunduh sebuah file dengan segera atau saat itu juga. Hal ini juga akan memudahkan bagi pengguna yang memiliki keterbatasan kuota data, sehingga file akan didownload jika kuota kamu sedang banyak.

Dikutip dari AndroidAuthority, untuk saat ini, fitur download nanti baru tersedia pada Google Chrome build Canary versi 86. Bersamaan juga untuk versi ini, Chrome akan menjadi aplikasi dengan arsitektur 64 bit yang beberapa hari lalu telah muncul dan akan menjadi standar sebuah aplikasi untuk masa kini dan yang akan datang.

fitur unduh nanti Chrome

Dilansir dari TechDows

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa belum bisa dipastikan fitur download later ini akan tersedia secara luas dan resmi. Tentunya akan sangat membatu pengguna tanpa harus melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga dengan fitur yang sama. Beberapa kelemahan dalam mengunduh file pada Google Chrome akan diatasi dengan pemutakhiran fitur ini.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!