Mengatasi Fingerprint Samsung A12 Tidak Bisa

  • Droidinside
  • Mar 31, 2022

Droidinside berbagi beberapa cara mengatasi fingerprint Samsung A12 tidak bisa digunakan. Sudah sekitar lebih dari 1 tahun ponsel ini rilis, ada masalah pada sidik jari yang letaknya ada di samping ini (side mounted). Karena posisinya ada di samping dan berbeda dengan generasi ponsel sebelumnya, ada yang mengira ponsel ini tidak bersensor sidik jari. Beberapa pengguna mengalami masalah saat menempelkan jari ke tombol power sebagai tempat sensor.

Kejadian tersebut mungkin baru menimpa beberapa pengguna dan menurut admin tidak banyak. Tapi bisa saja hal tersebut merembet ke banyak pengguna yang kurang beruntung. Beberapa penyebab yang menjadikan masalah ini muncul yaitu: melakukan update perangkat lunak, ponsel pernah terbentur, hingga memang downgrade material yang membuat part tersebut tidak awet.

Kalau udah lewat garansi 12 bulan karena rilis akhir Desember 2020 lalu, gak ada lagi harapan untuk bisa mendapatkan pelayanan gratis dari Service Center Samsung. Namun adakah hal yang bisa kita lakukan saat fingerprint ponsel kategori Low End ini tidak berfungsi? Simak beberapa langkah dan penanganannya.

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung A12 Tidak Bisa Digunakan

Biasanya ketika kita ingin membuat ponsel terkunci bisa dibuka dengan sidik jari, maka harus mengatur jari mana yang akan digunakan. Proses ini bernama mendaftarkan sidik jari dan ketika error menjadi tidak terdeteksi. Beberapa kasus sidik jari sudah terdaftar tapi tidak bisa digunakan membuka sama sekali. Bahkan getar atau merespon saja tidak bisa.

Permasalahan perangkat keras pembaca sidik jari sebenarnya susah-susah gampang. Kalau memang ada kerusakan pada socket, sensor maupun satu paket fleksibelnya sudah pasti harus menggantinya. Namun itu pilihan terakhir saja. Berikut ini beberapa cara mengatasi fingerprint Samsung A12 tidak bisa berfungsi:

Menghidupkan Ulang Ponsel

Tekan dan tahan tombol Power, kemudian pilih Daya Mati (nanti harus ditekan tombol Power untuk menghidupkan lagi secara manual). Tombol power lalu pilih menu menghidupkan ulang (Mulai Lagi) akan secara otomatis hp mati lalu hidup lagi. Jika setelah dihidupkan, fingerprint telah kembali bisa digunakan bisa dipastikan ada error pada softwarenya. Berhati-hatilah, karena kalau sudah kejadian seperti ini ada user yang menjual hp nya karena sudah mendeteksi ada yang tidak beres atau fingerprint Samsung A12 tidak bisa lagi berfungsi dengan baik.

Hapus Pengaturan Sistem

Solusi mengatasi fingerprint Samsung A12 tidak bisa berfungsi dengan normal atau tidak terdeteksi selanjutnya. Yaitu sama seperti mengatasi ponsel Samsung yang berdengung (beep), dengan menghapus pengaturan pada sistem tersimpan. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan (ini juga bisa dibuka dengan usap layar dari atas ke tengah, lalu klik tombol Gear)
  • Pilih menu Manajemen Umum
  • Reset
  • Reset Semua Pengaturan
  • Klik Reset
  • Tunggu beberapa saat maka ponsel akan menghapus beberapa pengaturan yang ada pada ponsel

Jika kamu melakukan ini, penguncian dan sidik jari kemungkinan akan dihapus. Nada dering kembali ke awal, setelan hotspot dan parameter pengaturan yang bisa diubah oleh user akan kembali ke default.

Reset Atau Downgrade Sistem

Jika reset ke pengaturan pabrik sendiri tidak berhasil. Downgrade ini mungkin tidak direkomendasikan dilakukan sendiri, jadi kamu harus melakukannya ke tukang servis terpercaya. Beberapa pengguna yang mengalami fingerprint tidak bisa terdeteksi lagi dikarenakan setelah update. Bikin kecewa banget ya kalau hal ini bisa terjadi. Dipastikan biaya untuk downgrade ke tukang servis 100-150 ribu mentok kalau tidak ada kesalahan perangkat lunak.

Mengganti Perangkat Keras Fleksibel Fingerprint

Kamu bisa dengan mudah mencari fleksibel tombol power sekaligus fingerprint di toko online dengan harga tidak lebih dari 50 ribuan. Namun bukan berarti kamu kalau ke konter atau tukang servis hp harganya segitu. Setidaknya siapkan 200-250 ribu untuk mengembalikan fungsi sidik jari yang rusak. Direkomendasikan untuk mengganti perangkat keras ini jika fingerprint Samsung A12 tidak bisa digunakan sama sekali alias udah benar-benar gak kedetek. Soalnya masih ada beberapa yang kadang bisa, kadang gak bisa.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu tempuh dalam mengatasi fingerprint Samsung A12 tidak bisa digunakan atau tidak terdeteksi. Jika memang kamu dapet pembaruan software, ada kalanya mungkin kurang direkomendasikan dilakukan. Tapi kalau kamu nanti update terus ada masalah, ya mungkin kamu kurang beruntung aja. Semoga bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.