Fingerprint Hilang MI 11 Lite

  • 3 min read
  • Okt 20, 2021
Fingerprint Hilang MI 11 Lite

Kamu perlu tahu bahwa ada bug Fingerprint hilang MI 11 Lite yang dirasakan mungkin cukup banyak usernya. Setidaknya ada beberapa penanganan yang diperlukan agar sidik jari bisa kembali lagi.

Masalah yang terjadi pada Xiaomi MI 11 Lite ini adalah setelan Fingerprint tiba-tiba tidak muncul atau hilang begitu saja. Kejadian ini gak cuma ada di MI 11 Lite, sebagian di Redmi K20 juga demikian. Kira-kira apa saja yang menandakan hilangnya sidik jari pada setelan ponsel tersebut dan apa saja cara penanganannya?

Masalah Fingerprint Hilang MI 11 Lite

Sidik jari bisa disetel untuk dijadikan pengamanan ponsel. Hanya dengan menempelkan ujung jari, maka kunci ponsel bisa dibuka. Posisi sensor sidik jari memiliki variasi seperti dibagian belakang, disamping bersama tombol daya, dan dibawah layar. Xiaomi MI 11 Lite posisinya ada di samping, dimana terdapat beberapa teori mengapa hal ini terjadi.

fingerprint di mi 11 lite tidak terdeteksi

Penyebab Menu Sidik Jari Menghilang MI 11 Lite

Pertama, pengguna yang melakukan pembaruan perangkat lunak ke versi yang terbaru. Sistem operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12 disematkan pada ponsel MI 11 Lite. Sebagian masih berada pada sistem operasi tersebut dan mendapatkan pembaruan. Sebagian pengguna, mengalami Fingerprint menghilang sendiri dan tidak bisa ditambahkan setelah update.

Kedua, memang karena kesalahan perakitan dari pabriknya. Jangan bilang QC Xiaomi bisa lolos untuk hal ini. Tapi bisa terjadi juga Bro. Ingat, saat artikel ini dirilis Xiaomi menduduki peringkat pertama jumlah penjualan pada Q2 tahun 2021. Bisa jadi karena terlalu banyak genjot produksi, sidik jari menghilang MI 11 Lite terjadi akibat keteledoran pekerjanya.

Kesalahan ada pada perangkat keras antara modul Fingerprint dan kabel Fleksibel yang menghubungkan sidik jari ke papan mesin. Keduanya membuat sistem bingung karena terhubung dan tidak terhubung secara bersamaan. Saat awal ponsel masih baru, sidik jari berfungsi. Namun penggunaan beberapa minggu membuatnya jadi tidak terdeteksi. Fleksibel dan modul Fingerprint tidak terpasang sempurna jadi goyang. Ada kemungkinan juga bahwa material bahan keduanya kurang bagus sehingga mudah rusak.

Solusi Mengatasi Fingerprint Hilang MI 11 Lite

Seharusnya kamu peka untuk masalah ini setelah dijelaskan oleh admin diatas. Beberapa solusi dalam mengatasi Fingerprint hilang mi 11 Lite mungkin bisa dilakukan, namun kayaknya solusi terakhir dibawah menjadi yang pamungkas. Berikut dari Droidinside:

Hapus Cache/Data Aplikasi

Ada beberapa item yang perlu dihapus baik data maupun cache nya. Cara menghapusnya, buka Setelan – Apl – Kelola Aplikasi – 3 Titik Pojok Atas – Tampilkan Semua Apl – Pilih aplikasi – Bersihkan Cache (atau hapus semua data).

Beberapa aplikasi sistem tersebut diantaranya:

  • Settings/Setelan
  • System Launcher/Peluncur Sistem
  • UI System/UI Sistem

Hidupkan Ulang Atau Reset Ke Pengaturan Pabrik

Beberapa user yang mematikan lalu menghidupkan ponsel MI 11 Lite mereka beberapa kali. Dapat memunculkan kembali setelan Fingerprint yang tidak ada. Fingerprint hilang MI 11 Lite bisa terjadi secara acak, kadang setelan Fingerprint ada kadang juga hilang.

Sampai kemudian beberapa pengguna mencoba melakukan reset ke pengaturan pabrik. Malah sebagian kecil saja yang mendapati masalah bisa teratasi. Admin mungkin tidak merekomendasikan cara Reset, tapi gak ada masalah kalau mau dicoba. Jika sudah melakukan pembersihan sistem kembali seperti semula problem tidak teratasi, mau tidak mau harus datang ke Service Center MI terdekat di kota kamu.

Klaim Garansi Ke Gerai Service Xiaomi

Murni karena kesalahan dari perakitan (menurut beberapa sumber), sehingga harus benar-benar diperbaiki oleh ahlinya atau gerai perbaikan Xiaomi. Ponsel MI 11 Lite termasuk masih baru sehingga belum lepas garansinya (setidaknya 15 bulan).

Membawa hp nya, kwitansi pembelian, dan box wadahnya sekalian ke MI Authorized Service Center. Atau MI Service Center yang ada di kota kamu. Pastikan kondisi ponsel masih bagus ya, alias tidak ada lecet berarti pada bagian Fingerprint. Kalaupun ponsel pernah jatuh tapi tidak terlihat goresan masih aman.

Sampaikan keluhan Fingerprint hilang MI 11 Lite tersebut, mbak-mbak atau mas-mas yang jadi Teller disana pasti udah tahu. Perbaikan yang akan dilakukan adalah penggantian modul sidik jari dan fleksibel ke kualitas yang lebih bagus. Sampai saat ini admin belum menemui kasus penggantian unit baru. Eh, jangan ngarep banget hp MI kalian bakal diganti seperti kasus Redmi Note 9 Pro atau Poco M3. Intinya kalau masalahnya Fix, kalian harusnya seneng gak perlu berharap banyak.

Masalah Fingerprint hilang MI 11 Lite yang udah gak ada obatnya ya mau gak mau harus dibawa ke servisan. Jangan ke servis pinggir jalan kalau masih garansi. Karena riskan mengingat ini masih ponsel model baru.

Penutup

Sebagai tambahan terakhir dalam pembahasan Fingerprint hilang MI 11 Lite, nggak ada lagi Batch-Batch an hehehe. Semua user bisa terkena masalah tersebut. Mungkin Batch tahun depan, perangkat keras yang menyebabkan sidik jari tidak terdeteksi bakal diganti. Tapi kita lihat saja nanti dari user yang menikmatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *