Apa Itu File MIUI Blockota Di Xiaomi Dan Tips Menghapusnya

  • 2 min read
  • Apr 11, 2021
file miui blockota

Apakah kamu pernah menemui, tiba-tiba file MIUI Blockota muncul di penyimpanan internal ponsel Xiaomi kamu? Droidinside bakalan ngasih infonya dan beberapa tips agar file tersebut nggak muncul lagi.

File MIUI Blockota Di Ponsel Xiaomi

Biasanya file ini memiliki nama MIUI Blockota diikuti dengan kode ponsel Xiaomi lalu Global kemudian versi lawas firmware – versi firmware lebih baru. File ini adalah sebuah file Zip atau terkompresi yang didapat dari unduhan On The Air (OTA) pembaruan sistem.

File ini otomatis terunduh dari server Xiaomi ketika ponsel kamu tersebut sudah ada versi terbaru dari firmware yang dimiliki. Jika pembaruan belum dilakukan, file ini akan tersimpan pada penyimpanan internal. Sehingga pas diperbarui secara manual maupun otomatis, sistem tidak perlu menunggu untuk mengunduh file sistem ini.

Sebenarnya gak masalah buat mereka yang menyukai update dan berjalan otomatis di latar belakang saat mengunduh. Masalahnya adalah file update sistem ini secara otomatis terunduh melalui Wifi. Dan biasanya ukurannya tidak kecil, bisa sampai 500 mb keatas apalagi update besar seperti pembaruan versi MIUI yang lebih baru file akan semakin besar/

Mereka yang memiliki sedikit kuota pada wifi dan terbatas penyimpanannya akan dapat mengalami masalah. Ada beberapa kasus juga, update sistem telah dilakukan namun file MIUI Blockota ini masih muncul saja dan harus dihapus secara manual. Beberapa masalah lagi, apabila pengguna belum mau update file bisa dihapus. Akan tetapi sistem mengunduhnya lagi secara otomatis di latar belakang.

file yang boleh dihapus di xiaomi

Lalu bagaimana cara mengatasi file update sistem ini agar tidak kembali lagi. Dan bagaimana agar tidak mengunduh secara otomatis lagi file ini ?

Cara Mengatasi File MIUI Blockota Terus Muncul

1. Mematikan Update Otomatis

Cara ini adalah dengan membuka Setelan – Tentang Ponsel – Pembaruan Sistem. Ketuk 3 titik di pojok kanan atas dan setel pembaruan untuk mematikan unduh secara otomatis.

Matikan otomatis unduh ketika terunduh ketika terhubung ke wifi. Mematikan setelan ini tidak serta merta dapat mencegahnya. Ada hal lain yang cukup penting kamu perhatikan seperti dibawah ini.

2. Menghidupkan Kembali Optimasi MIUI

Tahukah kamu, bahwa mengembalikan optimisasi MIUI ke setelan awal dapat mengubah pengaturan update Xiaomi juga. Sebelumnya sudah dimatikan otomatis updatenya, lalu kamu mematikan fungsi optimasi MIUI untuk tujuan instalasi Youtube Vanced misalnya. Dan kamu mengembalikan opsi optimasi ini ke pengaturan semula akan diikuti update otomatis menjadi aktif juga. Ini terjadi pada ponsel Redmi 4X admin pada posisi MIUI 9.

Jadi jangan menghidupkan kembali optimasi MIUI ini akan berdampak terunduhnya lagi file MIUI Blockota.

3. Jangan Koneksikan Wifi Saat Mulai Ulang Hp

Mengkoneksikan wifi di saat apa saja sebenarnya tidak masalah. Namun berbeda pada kasus ponsel Xiaomi admin tersebut. File MIUI Blockota terunduh secara otomatis saat ponsel dimatikan dan dihidupkan lagi saat terkoneksi hotspot wifi yang cukup cepat. Unduhannya berjalan di latar belakang dan tidak menunjukkan adanya sebuah download yang muncul.

Alhasil kuota habis dan hanya ditunjukkan ikon wifi yang melakukan unduhan data. Tiba-tiba muncul file OTA MIUI ini saat analisis file dilakukan untuk menghapus file lainnya karena penyimpanan internal penuh.

Penutup

Saat file ini sudah ada, kamu bisa menghapusnya pada folder:

  • Penyimpanan Internal
  • Downloaded_rom

Hanya saja beberapa syarat diatas yang admin tuturkan diatas perlu dilakukan agar gak kembali lagi. Beberapa cara diatas mungkin juga belum mampu mengatasi file OTA ini terunduh secara otomatis lagi. Lebih bagus kalau kamu aware dengan adanya file pada folder Downloaded_rom ini. Untuk berjaga-jaga apabila proses unduhan sedang berlangsung bisa dihapus terlebih dahulu.

Waktu yang tidak diperbolehkan untuk menghapus file ini adalah ketika sedang berlangsung proses pembaruan sistem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *