Apa Itu File HEIF Di Android Dan Tips Menggunakan

  • 3 min read
  • Jun 19, 2021
file heif di android

Pernahkah kamu menemui file HEIF di Android? Sebelumnya file ini telah populer dipakai di ponsel Iphone. Kemudian ketika Android Pie (9) muncul, sistem ini disematkan beberapa ponsel Google resmi dapat menggunakan file ini. Hingga sekarang di Android 10 beberapa brand ponsel bisa menggunakannya. Apa pengertian dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan file ini? Droidinside berikan ulasannya.

Apa Itu File HEIF Di Android

Format file dengan ekstensi HEIF memiliki singkatan High Efficiency Image Format. Atau dari namanya kita bisa mengetahui bahwa file ini adalah format gambar dengan efisiensi tinggi. HEIF yang telah digunakan di Apple sebelumnya pada tahun 2017 di iOS 11. Ketika kamu menggunakan jenis ponsel ini, jepretan foto akan disimpan dalam bentuk .HEIF (dan sebagian HEIC – High Efficiency Image Container).

Format gambar HEIF ini adalah sebuah metode penyimpanan gambar yang efisien. Ukuran foto HEIF akan lebih kecil dengan kualitas yang sama jika dibandingkan dengan format lain seperti JPG. Dengan kualitas yang sama ukuran file HEIF akan separuh dari file JPG. Ini bisa sangat bermanfaat untuk menghemat penyimpanan dari foto yang diambil.

Kelebihan File HEIF Di Android

Karena sesuai dengan nama singkatannya, kita tahu file ini akan memiliki penyimpanan yang lebih kecil daripada menggunakan format lainnya seperti JPG. Nggak cuma lebih ramping aja sih, kualitasnya bahkan sama dan melebihi format JPG. Dengan besar penyimpanan yang sama, kita bisa mengumpulkan lebih banyak foto sampai 2x lipat.

Di ponsel Iphone sudah pasti ini sangat berguna karena akan menghemat penyimpanan internal. Berlaku juga di android jika menggunakan ekstensi format ini dan akan mempercepat pengiriman file karena ukurannya.

Kekurangan File HEIF Di Android

File ini cukup jarang dipakai di ponsel android sendiri. Meskipun sejak munculnya android Pie sudah mendukung, kita akan jarang menemukan hasil jepretan kamera di android dengan format HEIF. Hal ini berhubungan dengan kompabilitas file atau kecocokan dengan ponsel android dibawah Pie.

File HEIF memang sudah mendukung bahkan di Android 10. Akan tetapi jika file dikirim ke hp yang masih android 8 atau dibawahnya maka tidak bisa terbaca.

Cara Membuka File HEIF Di Android

Untuk ponsel kamu yang sudah memiliki sistem operasi diatas Android 9, biasanya ketika mendapatkan file dengan format HEIF langsung bisa dibuka melalui galeri bawaan. Jika menggunakan antarmuka Android Stock/Pure maka bisa dibuka lewat Google Photos maupun file manager bawaan di Pengaturan.

Begitupula ponsel dengan antarmuka milik brand sendiri-sendiri, bisa membuka file HEIF di android dengan mudah. Namun tidak semua aplikasi Galeri pada ponsel android bisa membaca file ini. Apabila kamu mendapatkan file ini dari dokumen Whatsapp atau Bluetooth dan ternyata tidak bisa terbaca oleh ponsel kamu, maka cara membuka file HEIF adalah dengan mengkonversinya dahulu ke JPG atau PNG:

  • Buka aplikasi Browser (bisa Chrome)
  • Ketikkan pada pencarian HEIF to JPG
  • Pilih salah satu situs (aconvert, anyconv dan sejenisnya)
  • Upload file HEIF yang ada di ponsel kamu
  • Unduh dari situs setelah proses Convert selesai
  • File gambar akan berada di folder Unduhan/Download dan akan terbaca

Biasanya saat HEIF dibuka sebelum dikonversi, sistem galeri akan menyatakan file gambar atau berkas rusak. Sehingga perlu untuk dikonversi terlebih dahulu. Jika ponsel kamu belum Android 9 keatas, menggunakan aplikasi converter di Playstore juga tidak akan bisa.

File HEIF Di Android Xiaomi

Ponsel Xiaomi dengan Android 9 keatas mendukung format HEIF dengan baik. Bahkan ada hal menarik pada ponsel ini karena dapat menjepret ponsel dengan format HEIF. Sebut saja Xiaomi MI 10 dan MI 11 terdapat pengaturan dimana hasil foto berformat HEIF. Fitur ini tidak tersedia di semua ponsel Xiaomi, hanya pada produk High End saja seperti kedua tipe tersebut.

file heif di hp xiaomi

Galeri di ponsel Xiaomi memiliki pengaturan untuk melakukan konversi otomatis file HEIF ke JPG sebelum dibagikan. Jadi ketika kamu punya file HEIF di Xiaomi, bisa dikirim lalu otomatis bisa terbaca di ponsel lain tanpa harus konversi secara online seperti cara diatas. Secara default aktif dan bisa dinonaktifkan melalui:

  • Buka aplikasi Galeri
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Setelan
  • Ketuk pada Konversikan HEIF Ke JPEG Sebelum Dikirim
  • Jika aktif maka file akan dikonversi dahulu ke format JPEG (di galeri)

Penutup

Menggunakan file HEIF di android memang hal yang sangat bagus karena dapat menghemat penyimpanan. Namun sisi negatifnya, tidak semua ponsel android mendukung tipe file ini. Belum lagi aplikasi sosial media juga kurang mendukung format file HEIF. Meskipun begitu Whatsapp bisa membaca file ini di android 9 ke atas juga.

Lebih baik, file HEIF digunakan untuk diupload ke penyimpanan awan. Karena besarnya separuh dari JPG, bisa kamu manfaatkan untuk menghemat penyimpanan dan kuota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *