Dual Messenger Samsung Untuk Gandakan Whatsapp Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Jun 17, 2021
dual messenger samsung

Pernahkah kamu menggunakan fitur Dual Messenger Samsung? Salah satu kelebihan yang dimiliki fitur ini adalah bisa menggandakan aplikasi salah satunya adalah Whatsapp. Sehingga bisa kamu memanfaatkannya dengan menggunakan 1 aplikasi yang sama untuk akun yang berbeda. Droidinside bakalan ngasih penjelasan dulu apa maksud Dual Messenger pada Hp Samsung dan tutorial cara menggunakannya.

Fungsi Dual Messenger Samsung

Dual Messenger adalah sebuah fitur yang terdapat di ponsel Samsung Galaxy dengan antarmuka One UI. Tepatnya sejak Android 9 (Pie), fitur ini telah hadir dan bisa digunakan. Kerja utama dari fitur ini adalah menggandakan aplikasi Messenger (Perpesanan) sehingga bisa menjalankan dua aplikasi yang sama dalam satu ponsel Samsung.

Hanya aplikasi sejenis Messenger yang bisa digandakan lewat fitur ini. Seperti Facebook, Whatsapp, Telegram dan Snapchat bisa dijadikan dalam satu ponsel. Tentunya aplikasi tersebut telah terinstal di ponsel Samsung kamu. Tidak semua aplikasi mendukung fitur Dual Messenger. Kamu juga tidak bisa secara manual menambahkan aplikasi yang mendukung fitur ini. Hanya aplikasi tertentu yang bisa menggunakannya.

Saat aplikasi telah digandakan, seharusnya aplikasi asli dibiarkan tetap ada. Karena jika diuninstal atau dihapus, maka Clone atau duplikatnya akan ikut menghilang.

Cara Menggunakan Dual Messenger Samsung

Menariknya untuk mengaktifkan pengkloning aplikasi ini, langkahnya hampir sama di seluruh ponsel Samsung yang menggunakan antarmuka One UI. Bisa diterapkan di Galaxy A series, M series hingga High End produk dari Korea ini. Cara mengaktifkan Dual Messenger Samsung yaitu:

  • Buka Pengaturan (Lewat pintasan aplikasi di layar utama. Atau membuka akses cepat dengan swipe layar dari atas ke bawah dan temukan tombol Gear. Bisa juga dengan membuka App Drawer, swipe layar dari bawah ke atas)
  • Pilih Fitur Lanjutan
  • Ketuk Dual Messenger
  • Klik pada aplikasi yang ingin digandakan dengan menekan Toggle untuk mengaktifkan
  • Pilih Instal dan tunggu sistem menggandakan aplikasi

Pada ponsel Samsung dengan Android 9, akan ada pesan Konfirmasi yang diklik saja pada saat proses kloning aplikasi. Selanjutnya ada pilihan untuk Gunakan Daftar Kontak Terpisah yang bisa disesuaikan.

cara mengaktifkan dual messenger samsung

Jika Daftar Kontak Terpisah diaktifkan maka kontak yang tersimpan pada telepon maupun email tidak akan dicampur dan dimasukkan ke aplikasi. Saat menggandakan aplikasi Whatsapp misalnya, maka kontak akan kosong (tidak mengambil yang ada di telepon). Ini mungkin bisa digunakan untuk mereka yang ingin memisahkan berbagai kegiatan/pekerjaan dengan kontak yang sesuai.

Ketika tidak diaktifkan, 2 aplikasi Whatsapp di ponsel akan menggunakan daftar kontak yang sama. Lebih memudahkan karena nomor-nomor yang sama akan bisa dihubungi dengan kontak yang berbeda.

Pilihan Daftar Kontak Terpisah pada menu Dual Messenger Samsung dengan Android 10 dan 11 ada di bawah pilihan aplikasi. Berbeda dengan Android 9 yang harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

cara dual app samsung

Untuk mematikan Dual Messenger atau aplikasi ganda, pada menu yang sama seperti tutorial diatas tinggal klik pada aplikasi yang telah digandakan. Lalu klik Oke jika dibutuhkan konfirmasi. Ini akan menghapus aplikasi dan informasi yang tersimpan pada aplikasi tersebut.

Penutup

Kelebihan yang dimiliki fitur ini pasti kamu sudah tahu lah. Gak perlu repot instal aplikasi pihak ketiga bisa membuat dua aplikasi yang sama untuk digunakan dalam satu Hp. Sebut saja kalo kamu punya 2 Telegram dalam satu ponsel, pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Apalagi mereka yang kerja multitasking dan memisahkan urusan keluarga dengan pekerjaan sehari-hari.

Kekurangan fitur Dual Messenger Samsung ini adalah tidak bisa melakukan penggandaan aplikasi selain sejenis Messenger. Jadi hanya aplikasi tertentu saja yang berbau Chat bisa diklon tidak termasuk game. Jika ponsel Samsung kamu penyimpanannya tidak besar, menggandakan aplikasi bisa jadi masalah. Apalagi jika kedua aplikasi sama-sama memiliki penyimpanan yang cukup besar. Fitur menggandakan aplikasi ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan ruang kedua Xiaomi dan Multi Pengguna pada Realme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *