Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Playstore

  • 3 min read
  • Jun 18, 2021
download aplikasi tertunda di playstore

Masalah Download aplikasi tertunda di Playstore sering terjadi pada Hp kentang atau yang udah jadul. Sebut saja di tahun 2021 ini, masih ada pengguna yang menggunakan ponsel dengan RAM 1 dan internal 8 Gb. Penyimpanan ini merupakan salah satu kambing hitam yang menyebabkan unduhan di Playstore menjadi tertunda. Namun ada juga hal lain yang menyebabkan ini terjadi, Droidinside bakalan bahas sekaligus cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda

Langkah-langkah dibawah ini bisa kamu terapkan satu persatu. Baik itu berurutan atau tidak pokoknya dicoba aja. Sesuai pengalaman admin ketika mengatasi Hp Samsung Galaxy J2 maupun yang versi Prime sedikit lemot dan tidak bisa memperbarui satu aplikasi, Whatsapp saja bahkan.

Juga bisa diterapkan pada semua ponsel android yang baru juga. Beberapa langkah dibawah ini juga bisa diterapkan pada ponsel yang penyimpananya masih

1. Memastikan Penyimpanan Internal Lega

Jika ingin fokus pada satu aplikasi, uninstal/hapus pemasangan aplikasi lain di ponsel. Karena meskipun aplikasi ukurannya kecil, tetap akan membutuhkan ruang 2 kali lipat dari ukuran aplikasi sendiri (anggap saja begitu). Belum lagi data di latar belakang yang ikut diunduh bersamaan dengan aplikasi yang akan diinstal.

Melegakan penyimpanan bisa dengan menghapus/memindah semua file foto video ke kartu memori eksternal. Menghapus data aplikasi terinstal, menghapus database Whatsapp sampai pada file sampah yang ada di ponsel. Seringkali kita harus melakukannya secara manual, dengan membuka Pengaturan – Aplikasi yang terinstal – Hapus Data Aplikasi. Karena pembersih otomatis pada ponsel tidak berfungsi dengan baik.

Hati-hati menghapus data aplikasi yang penting. Karena bisa menghilangkan isi didalamnya. Seperti Whatsapp yang dihapus datanya bisa menghilangkan semua Chat didalamnya.

Terkait penyimpanan ponsel, untuk mengatasi download aplikasi tertunda di Playstore logislah dalam menggunakan ponsel. Misal saja RAM ponsel hanya 1 Gb, dan penyimpanan 8 Gb maka instalasi Whatsapp saja sudah cukup. Karena jika menginstal aplikasi lain, sudah pasti download aplikasi tertunda akan muncul di Playstore karena penyimpanan yang sempit.

2. Menggunakan Koneksi Cepat Disarankan Wifi

Langkah kedua untuk mengatasi download aplikasi tertunda di Playstore adalah perlu mengganti ke koneksi internet yang lebih cepat. Misalnya dikasih Tethering dari hp lain yang sinyalnya bagus dan keceng buat download. Mengantisipasi data seluler yang dipakai oleh ponsel sendiri yang cukup lemot.

Menggunakan wifi yang kencang juga akan memperlancar proses data di latar belakang yang digunakan aplikasi lain. Playstore juga biasanya mengunduh data latar belakang yang dibutuhkan oleh aplikasi yang ingin diinstal. Termasuk juga komponen update keamanan pada Playstore sendiri.

3. Mematikan Otomatis Update

Sebelum terkoneksi atau saat terkoneksi pada wifi yang kencang, aturlah aplikasi Playstore kamu untuk tidak update secara otomatis.

  • Buka aplikasi Playstore
  • Klik pada Gambar Akun pojok kanan atas atau pada 3 garis pojok kiri atas
  • Setelan/Settings
  • Preferensi Jaringan (sebagian ponsel ada di Umum/General)
  • Klik pada Update Otomatis Aplikasi/Auto-update Apps
  • Pilih Jangan Update Otomatis Aplikasi/Dont Auto Update
    mematikan update otomatis aplikasi playstore

Setelan ini akan membuat aplikasi lain yang update otomatis tidak akan bekerja dilatar belakang. Jika terkoneksi dengan wifi, dan fokus utama akan dialihkan pada instalasi/update aplikasi yang kamu pilih.

4. Hidupkan Ulang/Restart Ponsel

Ketika 3 tutorial diatas sudah kamu lakukan namun masih saja notifikasi download aplikasi tertunda di Playstore terjadi. Langkah selanjutnya adalah menghidupkan ulang ponsel kamu.

Tentunya dengan posisi masih terhubung dengan wifi. Dan masih pada kondisi download tertunda di aplikasi Playstore. Langsung saja tekan dan tombol Power, lalu pilih Hidupkan Ulang/Restart ponsel. Tunggu proses sampai ponsel hidup kembali.

Saat ponsel kembali ke layar utama, biasanya akan muncul notifikasi aplikasi sedang diunduh. Menandakan download tertunda telah berjalan seperti semula.

5. Log Out Akun Google

Yang paling utama adalah keluar akun Google yang sama-sama masuk pada ponsel yang berbeda. Akun akan memverifikasi aplikasi terinstal di salah satu ponsel, dan update informasi tersebut di ponsel lain dengna akun yang sama. Jadi sebisa mungkin ketika ingin instal aplikasi, tidak login akun Google yang sama di ponsel lain.

Log Out akun Google juga bisa kamu lakukan di ponsel sendiri. Kemudian coba masuk akun kembali dan cobalah unduh aplikasi lagi. Jika download aplikasi tertunda di Playstore masih terjadi artinya pakai cara yang paling bawah.

6. Hapus Cache, Data Aplikasi Playstore Dan Reset Ponsel Ke Pabrik

Lakukan dulu hapus Chace aplikasi Playstore dengan menutupnya terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan lagi mengunduh aplikasi yang kamu inginkan. Jika masih tidak bisa, maka perlu hapus data aplikasi.

Hapus data aplikasi Playstore sama halnya melakukan Log Out dan secara otomatis login lagi. Ini bisa dilakukan dengan koneksi internet/wifi yang kencang. Karena aplikasi Playstore yang dihapus datanya berpotensi perlu update dirinya sendiri dahulu agar dapat digunakan kembali. Langkahnya:

  • Buka setelan/pengaturan ponsel kamu
  • Pilih pada pengaturan/manajemen aplikasi
  • Pilih Playstore
  • Hapus cahce
  • Hapus data/hapus semua data

Selain itu, jika memang sistem sudah cukup bingung dengan penyimpanan ponsel yang menyebabkan proses intalasi aplikasi macet ditandai download aplikasi tertunda. Cobalah reset hp ke pengaturan pabrik, lalu masuk lagi ke akun Google kamu. Pastikan pola/pin sudah dimatikan, nomor telefon sudah disimpan dan juga foto, video serta file penting.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi download aplikasi tertunda di Playstore. Jangan lupa untuk tidak instal aplikasi terlalu banyak pada ponsel yang spesifikasinya kecil. Karena semakin kesini, penyimpanan menjadi hal yang krusial untuk keberlangsungan penggunaan ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *