Tips Download Aplikasi Huawei Tanpa Play Store

  • 3 min read
  • Des 28, 2020
download aplikasi huawei tanpa play store

Produk Huawei yang dirilis setelah 15 mei 2019 tidak dapat menggunakan Play Store. Lalu bagaimanakah cara download aplikasi Huawei tanpa Play Store ?

Ponsel yang terkenal memiliki hasil jepretan kamera yang sangat bagus ini sebelum tanggal yang disebutkan diatas memiliki akses ke aplikasi Google. Sampai akhirnya Huawei seri Mate 30 Pro sampai yang terbaru sampai post ini rilis tidak dapat menggunakan aplikasi Google. Aplikasi bawaan yang biasanya ada pada smartphone kita layaknya Play Store, Maps, Drive, Google Chrome dan lain sebagainnya ini tidak ada pada ponsel baru Huawei.

Meskipun banyak hal yang melatarbelakangi adanya hal ini. Bisa dibilang saat membeli ponsel Huawei dapat diibaratkan sedang menggunakan Custom Rom yang tidak ada GAppsnya alias Google Apps. Suka tidak suka pengguna ponsel ini harus mengunduh aplikasi dari platform selain Google Play Store. Padahal kita hampir selalu mencari aplikasi terpercaya melalui Play Store untuk diinstal. Lalu bagaimana dengan download aplikasi Huawei tanpa Play Store ?

Download Aplikasi Huawei Tanpa Play Store

Sebelum mendownload aplikasi Huawei tanpa Play Store, ada hal yang perlu dipersiapkan oleh kamu. Agar proses pencarian aplikasi yang kamu inginkan dapat berjalan lancar. Yaitu melakukan pembaruan perangkat lunak ponsel Huawei kamu, langkahnya:

  • Buka menu seluruh aplikasi (geser layar dari bawah ke atas)
  • Pilih Pengaturan
  • Sistem
  • Pembaruan Sistem
  • Periksa Pembaruan

Lakukan pembaruan perangkat lunak yang paling baru. Jika sudah paling update, kamu bisa lanjutkan langkah selanjutnya. Langkah ini bertujuan memastikan ponsel memiliki sistem terbaru agar dapat menyesuaikan aplikasi yang diunduh.

1. Menggunakan AppGallery

Secara default, aplikasi ini sudah tersedia pada ponsel Huawei. Cara ini merupakan cara utama untuk menambah aplikasi dengan download aplikasi Huawei tanpa Play Store. Aplikasi ini terpercaya karena dikembangkan sendiri oleh Huawei.

Buka aplikasi berwarna merah bertuliskan Huawei dengan nama App Gallery. Pada bagian halaman Featured, klik tombol pencarian pada bagian atas. Masukkan kata kunci lalu klik daftar di bawahnya yang sesuai. Bacalah informasi aplikasi tersebut yang akan dipasang. Klik Install, proses pemasangan aplikasi akan berjalan dan jika sudah selesai aplikasi akan ada pada menu di layar ponsel Huawei kamu.

Kelemahan yang terdapat pada aplikasi AppGallery adalah tidak selengkap toko aplikasi Play Store. Aplikasi yang tersedia akan bergantung pada wilayah. Dapat dimungkinkan di Indonesia tidak sebanyak di Amerika. Meskipun sudah lebih dari 161 aplikasi tersedia untuk wilayah Indonesia sampai saat ini.

Petal search memungkinkan kamu dapat melakukan pencarian biasa layaknya berita, gambar, dan video mirip Google Search bahkan bisa digunakan untuk berbelanja. Langkahnya:

  • Pastikan kamu menginstal Petal Search terlebih dahulu dari AppGallery milik Huawei.
  • Klik pada Bar pencarian dan ketikkan aplikasi yang kamu inginkan
  • Selanjutnya pilih tab Apps
  • Kamu akan dialihkan ke aplikasi pihak ketiga maupun ke AppGallery sendiri
  • Temukan tombol untuk Install (melakukan unduhan terlebih dahulu)

Jika dialihkan ke penyedia aplikasi pihak ketiga seperti QooApp seperti untuk menginstal Genshin Impact pada Zenfone Max Pro M1. Pastikan penyedia tersebut kamu percaya. Karena mungkin aplikasi disisipi tambahan pencuri data dan lain sebagainya. Ini merupakan kelemahan dari penggunaan Petal Search untuk download aplikasi Huawei tanpa Play Store karena tidak resmi dari Google.

3. Menggunakan Phone Clone

Untuk menggunakan fitur ini, gunakan 2 ponsel. Ponsel selain Huawei bisa menggunakan jenis Android apa saja minimal OS Kitkat (4.4). Secara singkat, ponsel yang mendukung Play Store instal aplikasi yang dibutuhkan. Lalu dikirim ke ponsel Huawei yang tidak ada Play Store nya. Langkahnya:

  • Instal aplikasi Phone Clone baik ponsel Huawei maupun ponsel lain yang ingin mengirim aplikasi
  • Instal aplikasi yang diinginkan pada android (ponsel lain) yang mendukung Play Store
  • Buka aplikasi Phone Clone pada Huawei dan ponsel lain
  • Koneksikan kedua ponsel menggunakan Kode QR
  • Kirimkan aplikasi yang diinginkan dari ponsel lain ke Huawei
  • Pada Huawei, instal aplikasi seperti biasa setelah aplikasi selesai terkirim

Kelemahan menggunakan metode cara download aplikasi Huawei tanpa Play Store ini mungkin dapat mengalami masalah pada game. Aplikasi/Game yang dikirim mungkin berbeda untuk tiap ponsel. Karena ponsel lain yang mengirim memiliki spesifikasi prosesor maupun GPU yang berbeda dengan Huawei tersebut.

huawei tidak ada play store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *