Cara Downgrade Realme 5 Ke Android 9 Mudah

  • Droidinside
  • Des 10, 2021

Banyak user menginginkan downgrade Realme 5 ke Android 9 dimana sistem operasi paling baru yaitu Android 10 pada ponsel mereka membawa masalah. Bug dan berbagai kekurangan banyak dibahas pada forum pengguna di Facebook maupun di forum official Realme sendiri. Sepertinya pembaruan tidak hanya membawa fitur baru yang ciamik, namun bisa jadi masalah untuk ponsel sendiri.

Banyak pengguna Realme 5 Series yang mungkin kecewa setelah mereka melakukan update. Seperti aplikasi force close, lemot, suara jadi cempreng, baterai boros, panas, kamera jadi burik, mic kurang bagus hasilnya dan lain sebagainnya. Lalu bagi kamu berminat downgrade Realme 5 series ke Android 9 atau sistem yang lebih lama?

Cara Downgrade Realme 5 Ke Android 9

Kabar baiknya Realme mengizinkan penggunanya untuk melakukan Rollback atau downgrade ponsel Realme 5 series dari Android 10 ke Android 9 (Pie). Seri ponsel Realme ini ada yang memakai Realme UI 1.0 yang sebelumnya ColorOS 6 (Android 9) dan ada yang setelah update jadi ColorOS 7 (Android 10). Semua seri baik Realme 5, Pro, 5i, dan 5s bisa di downgrade ke versi Android sebelumnya. Berikut alat, bahan, dan tutorial downgrade Realme 5 ke Android 9 dengan cukup mudah.

Alat Dan Bahan

Yaitu mengunduh firmware yang sesuai dengan ponsel Realme 5 kamu. Berikut url unduhannya:

Realme 5 Pro: https://download.c.realme.com/flash/Rollbackpack/realme_5Pro/RMX1971EX_11_OTA_2010_all_8gP9lLejwvDm.ozip

Realme 5:
https://download.c.realme.com/flash/Rollbackpack/realme_5/RMX1911EX_11_OTA_0310_all_V0QuqzUpetfU.ozip

Realme 5i:
https://download.c.realme.com/flash/Rollbackpack/realme_5i/RMX2030EX_11_OTA_0210_all_1hZhuZlgVC1t.ozip

Realme 5s:
https://download.c.realme.com/flash/Rollbackpack/realme_5s/RMX1911EX_11_OTA_0310_all_V0QuqzUpetfU.ozip

Jangan sampai salah download, sesuaikan versi RMX yang menunjukkan tipe Realme kamu. File bisa didownload melalui komputer atau langsung dari ponsel Realme kamu. Pastikan mengunduh dengan koneksi yang tidak terputus-putus. Disarankan menggunakan Wifi dengan koneksi yang bagus. Setelah selesai diunduh, tempatkan file firmware Rollback tersebut pada penyimpanan internal diluar folder (Phone Storage).

Persyaratan Dan Persiapan

Berikut yang perlu kamu perhatikan dalam downgrade Realme 5 ke Android 9:

  • Versi software Realme sekarang ekor C.53;C.55;C.57;59;63;67;69;71;73;75 dan seterusnya mendukung untuk Downgrade (bisa dicek di Setelan – Pembaruan Perangkat Lunak)
  • Pastikan baterai ponsel 70% (lebih baik full) sebelum melakukan Rollback
  • Pindahkan semua data (back up) diluar penyimpanan internal, karena proses downgrade akan menghapus semua data (kecuali Eksternal). Termasuk aplikasi dan kontak. Hp pun akan seperti baru lagi
  • Setelah membackup data, matikan dan hidupkan ponsel Realme kamu setidaknya 3 kali. Untuk mengecek apakah Emmc sudah lemah atau belum. Jika lancar, lanjutkan ke tutorial.

Langkah Downgrade Realme 5 Ke Android 9

Tutorialnya cukup mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi Penyimpanan
  • Klik pada File Firmware yang telah diunduh diatas, akan muncul Pop Up pesan
  • Pilih Upgrade Now (Upgrade Sekarang)
  • Tunggu proses Wipe Data dan downgrade. Jangan pencet atau menggunakan ponsel. Sebelum proses ini, ponsel bisa sambil dicas
  • Setelah selesai, ponsel akan seperti awal
  • Atur bahasa, dan pengaturan lainnya layaknya ponsel baru dengan sistem operasi Android 9 (Pie) kembali ke ColorOS 6
    tutorial rollback realme 5 ke android 9

Pastikan lakukan dengan resiko sendiri tutorial tersebut. Ponsel bisa mengalami Bootloop jika gagal melakukan Downgrade. Penyebabnya bisa karena firmware unduhan korup atau versi sekarang (diluar versi C yang disebutkan diatas) tidak cocok untuk melakukan downgrade.

Penutup Dan Tambahan Informasi

Restart ponsel 3 kali sebelum melakukan downgrade Realme 5 ke Android 9 bertujuan untuk mengetahui apakah Emmc lemah atau tidak. Jika lemah, maka proses restart akan memakan waktu cukup lama. Ciri-ciri tersebut paut untuk kamu waspadai. Karena kalau Emmc menunjukkan tanda lemah, proses Downgrade bisa gagal dan ponsel sudah pasti akan Bootloop. Karena proses ini akan menghapus sistem di penyimpanan Emmc. Jika kondisinya tidak prima, bisa gagal.

Adapun kalau sudah Bootloop, kamu bisa bawa Realme 5 series kamu ke tempat servis hp terpercaya terdekat. Mereka akan melakukan flashing menggunakan komputer yang sudah pasti berhasil jika tidak ada kerusakan Hardware.

Jika kamu ragu, downgrade Realme 5 ke Android 9 bisa dilakukan di service center Realme. Bisa juga ke service center Oppo dengan catatan coba hubungi terlebih dahulu apakah bisa mengerjakan ponsel kamu. Pelayanan untuk downgrade gratis seumur hidup, dengan membawa dusbook ponsel pembelian (nota pembelian opsional).

Setelah downgrade, jika ada fitur yang menghilang seperti Game Space jangan khawatir. Biarin aja hehe. Setelah Rollback, untuk melakukan update kembali juga harus manual dengan cara yang sama. Artinya tidak mendapatkan pemberitahuan update via OTA lagi. Unduh file pembaruan manual, kemudian dipasang lagi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.