Cara Mematikan Data Latar Belakang Hp Samsung

  • 2 min read
  • Agu 07, 2021
data latar belakang hp samsung

Droidinside memberikan tutorial cara mematikan data latar belakang hp Samsung. Data latar belakang merupakan arus koneksi internet yang terus menggunakan kuota namun tidak terlihat atau tidak ketahuan secara jelas. Karena berjalan secara otomatis atau tidak dilakukan oleh pengguna.

Data yang berjalan dilatar belakang seringkali membuat kuota terkuras. Ya meskipun sedikit sih atau terkadang bisa banyak banget. Banyak aplikasi yang menjalankan data yang nggak kelihatan ini di semua ponsel pintar. Termasuk hp Samsung, bisa juga sebuah aplikasi yang memakan data latar belakang di ponsel ini dihentikan. Bagaimana cara mematikan data latar belakang hp Samsung ?

Cara Mematikan Data Latar Belakang Hp Samsung

Untuk mematikan koneksi internet yang berjalan tanpa sepengetahuan kamu. Di ponsel Samsung bisa sekalian melakukan pengecekan penggunaan data seluler juga. Jadi kamu bisa juga melihat aplikasi apa saja yang menambah penggunaan kuota tanpa sepengetahuan kamu.

Berikut ini untuk melakukannya cek data dan mematikan yang diperlukan:

  • Buka Pengaturan di ponsel Samsung kamu
  • Pilih Koneksi
  • Penggunaan Data Seluler (muncul grafik penggunaan data seluler)
    cara mematikan aplikasi latar belakang samsung
  • Ketuk salah satu aplikasi
  • Klik disebelah kanan Izinkan Penggunaan Data Latar Blkg untuk menonaktifkan
  • Aplikasi tersebut kini tidak bisa lagi menggunakan data latar belakang
    cara mematikan aplikasi latar belakang samsung

Sebelum cara mematikan data latar belakang hp Samsung, disana bakalan kelihatan grafik keseluruhan penggunaan data. Dibawahnya juga rinci ditampilkan aplikasi-aplikasi yang menggunakan data tersebut. Hampir seluruh ponsel Samsung dengan berbagai jenis antarmuka caranya seperti itu.

Salah satu aplikasi yang menggunakan data latar belakang adalah Facebook. Total data memberikan informasi keseluruhan kuota yang dipakai. Latar depan merupakan data yang dipakai sesuai dengan apa yang kamu buka di aplikasi tersebut. Latarbelakang ini adalah jenis data yang dibahas saat ini.

Data latar belakang hp Samsung atau di ponsel lainnya biasanya dipakai untuk update komponen aplikasi yang dibutuhkan. Beberapa berisi komponen keamanan yang diunduh di latar belakang. Ada juga yang merupakan informasi pribadi pemilik akun yang ditransfer dari server aplikasi tertentu ke ponsel kamu.

Apa Yang Terjadi Bila Data Latar Belakang Dimatikan?

Salah satunya di ponsel Samsung bisa melakukannya. Namun apakah kamu sudah tahu dampaknya jika data ini dimatikan? Aplikasi yang dimatikan Background Data-nya kemungkinan besar tidak akan bekerja tanpa dibuka. Misalnya kita mematikan Background Data aplikasi Facebook. Notifikasi berupa pesan, penyebutan, status teman, ultah teman dan sejenisnya tidak akan muncul. Seluruh aktifitas di Facebook akan muncul jika kamu membuka aplikasinya.

Beberapa aplikasi juga tidak dapat berjalan semestinya apabila data ini dimatikan. Kamu perlu berhati-hati, bisa saja sebuah aplikasi tidak lancar atau lemot proses loadingnya karena data latar belakang dimatikan.

Penutup

Seringkali kita tahu sebuah aplikasi tiba-tiba memiliki ukuran yang makin besar. Untuk mengatasinya biasanya perlu menghapus data aplikasi tertentu. Namun aplikasi yang memakan kuota di latar belakang dan juga penyimpanan internal ini sebagian karena memperbarui diri secara otomatis. Untuk tujuan keamanan agar ponsel digunakan semakin baik juga. Salah satunya yang sering menggunakan data latar belakang adalah Layanan Google Play. Secara diam-diam dia update sendiri, makanya ukurannya membengkak sendiri tanpa kita melakukan apa-apa.

Untuk itu, semoga tutorial menonaktifkan data latar belakang hp Samsung diatas bisa berguna untuk mengamankan penyimpanan dan kuota kamu. Tapi sebaiknya komponen Google jangan dimatikan penggunaan data latar belakangnya ya. Aplikasi sosmed seperti IG, Twitter, Facebook dan sejenisnya saja yang perlu dimatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *