CPU Throttling Android Dan Tips Mengatasinya

  • 2 min read
  • Des 06, 2020
cpu throttling android

Pernahkah kamu mendengar istilah CPU Throttling android ? Apa saja yang menyebabkan hal ini dan bagaimana cara mengetahuinya ?

Pengertian Dan Penyebab CPU Throttling Android

CPU Throttling merupakan sebuah istilah yang semakin sering digunakan para pecinta teknologi gadget. Jika boleh admin kasih tahu, inti dari istilah ini adalah adanya penurunan performa pada prosesor android. Ketika terjadi penurunan ini, maka sudah pasti penggunaan ponsel menjadi kurang cepat atau menjadi lemot.

Sebenarnya istilah kekinian ini mungkin kurang tepat bagi sebagian ahli. Throttling diartikan perlambatan memang benar secara bahasa. Namun cara kerja yang dimaksud adalah Dynamic Frequency Scaling atau penskalaan frekuensi dinamis. Artinya skala frekuensi/kecepatan prosesor bersifat dinamis atau berubah ubah. Kecepatan prosesor akan menyesuaikan dengan penggunaan. Terutama untuk penghematan daya dan menurunkan jumlah panas yang dihasilkan.

Ketika prosesor terlalu panas, performa akan diturunkan untuk mengurangi suhu yang dihasilkan. Hal ini berlaku juga untuk penghematan daya, apabila kinerja prosesor mengkonsumsi daya lebih banyak maka akan diturunkan agar lebih hemat daya.

Hal tersebut merupakan istilah yang ada pada komputer dengan CPU. Tapi istilah ini juga dapat digunakan pada android. Ponsel pintar/android juga akan melakukan hal yang sama menurunkan performa apabila suhu meninggi.

Itulah sebab mengapa pada saat kamu bermain game di android kadang-kadang semakin lama terjadi penurunan performa game. Saat ponsel masih dingin, game akan lancar. Namun lama kelamaan bermain game dapat menaikkan suhu ponsel, sehingga game jadi patah-patah lemot atau grafiknya jadi kurang bagus/smooth. Seperti pada kasus Redmi seri ke 9 yang mendapat notifikasi terlalu panas.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui bahwa CPU Throttling android terjadi ? dan apakah dapat diukur menggunakan aplikasi ?

Cara Mengetahui CPU Throttling Android

CPU Throttling seringkali terjadi pada ponsel yang sudah cukup lama digunakan. Atau mungkin kamu bisa mengetahui kejadian ini pada ponsel yang relatif baru.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi CPU Throttling android adalah CPU Throttling Test. Instal aplikasi tersebut dari Play Store, ukurannya tidak besar (sejauh ini tidak sampai 5 mb). Aplikasi ini akan selalu berhubungan dengan grafik. Gratis dan ada iklannya, jadi jangan kaget.

Pastikan ponsel lagi kondisi dingin dan tidak ada aplikasi berjalan di latar belakang. Ponsel akan digunakan performanya sampai mendekati 100 %.

Setelah instal dan membukanya, klik Start Test dibagian atas kiri. Tunggu aplikasi melakukan pengukuran setidaknya selama 5 menit atau semakin lama semakin baik. Biarkan ponsel ketika pengetesan berlangsung, saran gunakan setidaknya 20 menit.

penurunan performa android cpu throttle

Setelah grafis keluar kamu akan mengetahui apakah terjadi CPU Throttling di ponsel. Dengan membaca warna performa dapat diketahui.

  • Warna hijau menunjukkan performa maksimal tidak diturunkan
  • Warna kuning terdapat penurunan sedikit
  • Warna merah telah terjadi CPU Throttling yang cukup signifikan
  • Warna hitam, penurunan banyak performa prosesor lebih dari 60 persen

Jika saat dites ponsel kamu terdapat warna merah atau hitam, dipastikan penurunan performa ponsel kamu pasti menurun. Panas dan konsumsi daya tinggi menyebabkan hal ini. Selain itu, software atau sistem berpengaruh dengan hal ini. Ada beberapa ponsel yang setelah update malah lebih sering terjadi CPU Throttling. Lalu adakah cara untuk menghindari CPU Throttling ?

Atasi CPU Throttling Android

Berikut beberapa tips yang bisa admin berikan untuk mengurangi kejadian ini:

  • Bermain game di ruangan ber AC/gunakan pendingin ponsel
  • Tidak menggunakan ponsel saat di Charge
  • Letakkan ponsel di lantai (ubin keramik)agar lebih dingin
  • Memperhatikan bug update firmware/software berhubungan dengan performa ponsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *