Cara Cek Vulkan Hp Android Mudah

  • Droidinside
  • Mei 07, 2022

Apakah kamu tahu cara cek vulkan hp android? Maksudnya adalah melakukan pengecekan terhadap dukungan vulkan di ponsel android. Fungsi dukungan vulkan di ponsel android sangat bermanfaat dalam meningkatkan performa dan grafis. Jadi kalau hp android kamu mendukung vulkan, bisa menikmati grafis yang lebih baik sejalan dengan performanya ketika bermain game.

Dukungan Vulkan Di Hp Android

Sebelum kamu mengetahui cara cek vulkan hp android, ada beberapa informasi tentangnya. Dukungan vulkan hadir sejak android Nougat (7.0) yang umumnya merupakan ponsel keluaran tahun 2017. Jadi sebenarnya sebagian besar ponsel mendukung vulkan pada keluaran tahun 2018. Namun android masih menutupi penggunaan vulkan atau tidak memunculkannya pada ponsel android dengan sistem operasi Nougat hingga Pie (android 7 – 9).

Barulah pada tahun 2020 atau tahun dimana ponsel dengan sistem operasi android 10 dirilis. Dukungan vulkan di ponsel ini sudah tidak lagi ditutupi. Sebagian besar dan mungkin semua ponsel dengan sistem operasi android 10 sudah bisa menikmati fitur vulkan.

Vulkan pada ponsel android adalah sebuah Application Programming Interface yang mendukung multi-platform dengan Overhead rendah mampu menampilkan grafis 3 dimensi berperforma tinggi (Android Developers). Pada aplikasi-aplikasi yang menggunakan Real Time 3D seperti video game dan media interaktif lainnya.

Vulkan merupakan sebuah perangkat lunak yang tersedia juga pada platform Mac, Windows, Nintendo, PS4 dan cross-platform lainnya. Perusahaan Khronos Group yang didalamnya telah disebutkan pada platform tersebut terus melakukan inovasi terkait teknologi vulkan yang digunakan.

Sebagai generasi penerus dari Open GL dan Direct3D 11. Vulkan menawarkan efisiensi dan performa yang tinggi. Jadi bermain game atau menggunakan media interaktif akan lebih menghemat daya baterai namun menunjukkan kualitas gambar yang lebih baik.

Sangat penting untuk mengetahui atau cek vulkan hp android. Karena salah satunya dapat membantu kamu bermain game PS2 di android melalui aplikasi AetherSX 2 (misalnya). Dengan dukungan vulkan, bermain game tersebut akan lebih lancar dan menghindari patah-patah. Yaitu dengan menghidupkan dukungan vulkan pada aplikasi emulator tersebut. Lalu bagaimanakah tips cek vulkan hp android? Droidinside tunjukkan dibawah ini.

Cara Cek Vulkan Hp Android

Kalau kamu beli hp android dengan sistem operasi sudah android 10. Lalu hp tersebut masuk dalam kategori Mid-End dan memiliki prosesor Snapdragon. Sudah pasti hp kamu itu ada dukungan vulkan didalamnya. Namun tidak menutup kemungkinan kamu masih perlu melakukan pengecekan via aplikasi tambahan. Karena tidak bisa melihat secara langsung dukungan vulkan di ponsel android tanpa aplikasi pihak ketiga. Berikut ini cara untuk mengetahui apakah ponsel android mendukung vulkan:

Cara Cek Vulkan Support pada Android

Menggunakan Aplikasi DevCheck

Aplikasi android satu ini juga bisa melakukan pengecekan terhadap spesifikasi ponsel yang lebih lengkap. Namun berfokus pada pengecekan vulkan, berikut ini langkah untuk mengetahuinya:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik bagian atas lalu ketikkan Devcheck
  • Pilih aplikasi Devcheck
  • Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut
  • Klik Hardware di bagian atas
  • Lihat informasi dibawah GPU
  • Dukungan Vulkan: Ya
  • Berarti ponsel android kamu mendukung vulkan

Aplikasi tersebut cukup direkomendasikan untuk melakukan apakah ponsel mendukung teknologi vulkan. Biasanya sih kalo hp nya udah keluaran tahun 2020 keatas dengan kategori harga ponsel Mid-End atau lebih mahal lagi. Maka sudah otomatis mendukung vulkan. Hanya saja untuk ponsel dengan sistem operasi Android Pie (9) kebawah, bisa saja tulisan Vulkan = Ya. Tapi belum tentu mendukung atau bisa jadi tidak. Karena penyempurnaan dukungan vulkan baru ada di Android 10.

Menggunakan Aplikasi AIDA64

Aplikasi untuk cek vulkan hp android apakah mendukung atau tidak yang selanjutnya adalah aplikasi berwarna merah dengan angka 64 ini. Kamu bisa membuka aplikasi Play Store, kemudian melakukan pencarian untuk instalasi Aida64. Setelah diinstal, kemudian bukalah aplikasi tersebut.

Pilih menu Devices. Apabila dibagian atas terdapat tulisan “Vulkan Devices..” diikuti nama GPU di ponsel yang kamu miliki. Maka secara otomatis ponsel tersebut telah mendukung teknologi vulkan. Ada juga yang mengecek bagian System. Kemudian menemukan 3 tulisan: android.hardware.vulkan menandakan bahwa ponsel tersebut mendukung teknologi vulkan.

Penutup

Itulah beberapa cara cek vulkan hp android yang merupakan teknologi yang meningkatkan performa dan efisiensi grafis. Melihat generasi sebelumnya, teknologi OpenGL ES yang menggunakan model rendering Single-threaded terdapat batasan dalam menggunakan Core GPU. Sedangkan Vulkan, mampu Multi-threaded yang memaksimalkan penggunakan Core GPU ponsel. Ini meningkatkan grafis lebih baik dan efisiensi penggunaan daya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.