Cek Masa Aktif Kartu 3 | Droidinside

Cek Masa Aktif Kartu 3

  • 3 min read
  • Jul 29, 2020
cek masa aktif kartu 3

Kalian perlu mengetahui cara cek masa aktif kartu 3 sehingga kamu tidak akan kecewa jika suatu saat nomor hangus atau terblokir. Droidinside punya beberapa tips untuk mengeceknya.

Perbedaan Masa Aktif dan Masa Tenggang

Pengguna kartu SIM sebagai piranti untuk komunikasi akan sangat sering dengan kedua istilah ini. Saat membeli kartu baik digunakan untuk SMS, internet, atau menelfon pasti akan sangat memperhatikan masa aktif dan masa tenggang. Ini juga berhubungan dengan penggunaan dan pengisian pulsa.

Masa Aktif Kartu adalah waktu dimana pulsa yang terisi dalam sebuah nomor dapat digunakan. Jangka waktu untuk penggunaan pulsa kamu yang telah terisi. Masa aktif akan terus diperpanjang jika kamu terus mengisi pulsa ke nomor. Saat masa aktif sudah habis, maka pulsa kamu tidak akan bisa digunakan.

Meskipun pulsa sudah habis namun masa aktif masih, kamu tetap bisa mengirim SMS dan menelepon. Fitur yang dimiliki oleh Telkomsel membolehkan pengguna untuk berkirim SMS dengan dibayari oleh penerima dan saat menelfon hanya berbunyi sebentar pada ponsel penerima panggilan.

Lain halnya dengan masa tenggang kartu, hal ini merupakan jangka waktu 30 hari yang diberikan setelah masa aktif kartu habis. Ini adalah masa dimana kamu hanya bisa menerima telefon dan SMS. Jika sudah telat masa ini, maka nomor kamu akan hangus. Meskipun sepele, kamu perlu tahu cara cek masa aktif kartu 3 agar kamu tetap aman untuk kapan waktu mengisi pulsa sebelum nomor hangus.

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

Ada 3 cara yang akan droidinside berikan untuk mengetahui masa aktif kartu 3 kamu, dari yang paling mudah tanpa aplikasi sampai menggunakan aplikasi.

1. Panggilan SSID

Cara ini merupakan cara yang paling mudah, tanpa koneksi internet kamu bisa cek masa aktif kartu 3. Pastikan nomor kamu sudah terdaftar/teregisterasi sehingga bisa melakukan panggilan:

  • Buka papan telefon
  • Ketik *111#
  • Panggil menggunakan sim yang terpasang kartu 3
  • Ketik 1 (Info Pulsa/Internet Hemat) kirimcara cek masa aktif 3

Disana akan muncul tanggal bulan dan tahun dibagian atas yang menunjukkan masa aktif kartu 3 kamu. Kartu 3 admin memiliki masa aktif sampai 22 Mei 2038.

2. Aplikasi Bima+

Pengguna setia kartu 3 pasti akan selalu memiliki aplikasi ini di ponsel mereka. Aplikasi Bima+ bisa kamu cari dan download dari Playstore. Dibawah ini cara cek masa aktif kartu 3 online

  • Buka aplikasi Bima+
  • Login dengan memasukkan nomor 3
  • Jika sudah login, klik 3 garis pojok atas kiri
    cek masa aktif kartu 3 online
  • Klik Akun Saya

Disana akan kelihatan dengan jelas masa berlaku, sebagai masa aktif kartu kamu. Aplikasi bima+ juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan konten yang membuat pulsa kartu 3 kamu tersedot sendiri. Untuk cek masa aktif kartu 3 online juga bisa dilakukan melalui cara selanjutnya.

3. Situs Web

Jika malas menggunakan aplikasi karena harus menginstal dan melalui banyak proses, kamu juga bisa melakukan cek masa aktif kartu 3 pada situs resmi 3.

  • Buka https://my.tri.co.id/
  • Login dengan nomor 3 kamu
  • Masukkan kode dari sms
    web 3 cek masa aktif
  • Klik Login

Disana juga tertulis dengan jelas seperti pada aplikasi Bima+ untuk masa aktif dan segala yang berhubungan dengan nomor 3 kamu. Seperti milik admin sampai pada 21 Juni 2038.

Mengapa Ada Perbedaan?

Jika dilihat pada pengecekan dengan SSID, terdapat perbedaan dengan Bima+ maupun pada situs. Keduanya menunjukkan masa aktif ditambah dengan masa tenggang. Berbeda dengan pada SSID hanya menunjukkan sampai masa aktif saja. Jadi untuk keterangan keduanya adalah sampai kartu benar-benar tidak berlaku atau tidak bisa digunakan lagi.

Tambahan informasi, untuk cara cek yang membutuhkan login, pastikan kartu 3 kamu stanby untuk dikirim kode verifikasi/OTP. Jika kartu 3 kamu tidak ada, maka untuk login tidak akan berhasil.

Cara Menambah Masa Aktif Kartu 3

Jika sudah mengetahui cara ceknya, sekarang ada beberapa cara untuk menambah masa aktif kartu 3. Supaya kartu 3 kesayangan kamu tidak hangus, harus ada kegiatan yang melibatkan penggunaan kartu seperti kirim sms, telefon, atau menghidupkan data seluler. Untuk terus membuat kartu 3 kamu aktif, kamu bisa mengisi pulsa kartu 3 kamu. Dengan mengisi pulsa pada kartu 3 kamu, biasanya pada sms notifikasi pengisian telah berhasil akan ada informasi tanggal batas masa aktif dan masa tenggang pada sms tersebut.

Pada kartu admin yang sudah cukup lama digunakan, sekitar 3 tahun yang lalu sejak beli, jika mengisi pulsa 10 ribu akan bertambah masa aktif 1 bulan. Berlaku kelipatannya, dengan mengisi 20 ribu menambah 2 bulan dan seterusnya.

Tinggalkan Komentar!