Cara Cek Chip Audio Android Mudah

  • Droidinside
  • Jul 22, 2022

Dengan mengetahui atau cek chip audio android, kamu bisa mengetahui kualitas audio yang dimilikinya. Pernah gak denger hp android yang suaranya cempreng padahal itu hp gak murah-murah banget? Atau pernah dengerin lagu di hp pake headset tapi bisa kedengeran lebih keras dari hp lainnya?

Salah satu komponen yang memengaruhi kualitas suara ketika kamu menyetel sebuah lagu baik melalui speaker atau di headset adalah chip audio yang dimiliki sebuah hp. Ya meskipun ada faktor lain seperti versi kernel atau versi software tertentu juga ngasih pengaruh. Tapi penting kok untuk cek chip audio android biar kamu bisa melihat mana yang berkualitas. Bagaimana cara cek nya ? Droidinside kasih tahu.

Cara Cek Chip Audio Android

Secara umum, spesifikasi audio pada ponsel android lebih banyak disembunyikan mungkin agar tidak terlalu mengejutkan pasar. Terutama untuk ponsel kategori Mid – High End. Mungkin saja juga masih abu-abu untuk jenis ponsel tersebut. Tapi kalau Flagship, jangan tanya udah otomatis muncul istilah audio yang keren di spesifikasi tertulisnya.

Dengan mengetahui spesifikasi atau jenis chip audio android, kualitas suara ponsel juga bakal ngikutin. Terlebih buat mereka yang audiophile, bakal mencari ponsel dengan chip atau DAC bawaan di dalam ponsel yang udah jos. Supaya bisa eargasm atau mendapatkan pengalaman mendengarkan audio yang baik. Berikut ini beberapa langkah untuk cek chip audio android:

Menggunakan Aplikasi Device Info HW

  • Instal aplikasi Device Info HW di Play Store
  • Pada bagian umum (General) akan muncul ketika aplikasi telah terbuka
  • Cek tulisan disebelah kanan Audio (misal cs35l41 milik Xiaomi Redmi Note 9)
  • Salin tulisan dan lakukan pencarian di Google dengan tambahan kata “audio”
  • Kamu akan menemukan website resmi dari pemilik chip audio

Baca berbagai informasi yang tersaji pada website tersebut. Biasanya sih chip atau DAC bawaan bisa langsung ketemu dengan cara tersebut. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitasnya adalah dengan mengecek harga dalam dollar. Jika harganya lebih mahal, bisa dipastikan output suaranya lebih bagus maupun lebih jernih.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.