Cara Simpan Peta Google Maps | Droidinside

Cara Simpan Peta Google Maps

  • 2 min read
  • Apr 11, 2020
cara simpan peta google maps

Cara simpan peta google maps penting untuk kamu kalau lagi berpergian kesuatu tempat yang gak ada sinyalnya. Khawatir mau navigasi ke tempat yang nggak ada sinyalnya? Simpan Peta Google Maps solusinya.

Peta Google Maps

Google Maps merupakan peta yang pasti selalu tersedia buat kita semua. Pada pengguna platform android tidak asing lagi pada aplikasi ini. Hadir bersama dengan kelengkapan Google, aplikasi Maps sangat berguna bagi kehidupan kita semua. Semua tempat bahkan ada di Google Maps. Basis data yang terdiri dari kenampakan muka bumi dan jalan-jalan yang tercetak disana pasti sangat besar.

Seringkali kita mau kesebuah tempat, kita pasti akan menggunakan Maps untuk menunjukkan jalan kesana. Jalan-jalan kepantai, atau ketempat favorit kalian bisa dilakukan. Selain tempat wisata, maps juga bisa memberikan rincian informasi tentang sebuah tempat. Tempat yang dibuat baru, maupun sudah ada bisa kamu nilai juga atau kasih review pada tempat tersebut.

Tempat wisata yang jauh dipelosok seringkali menjadi tujuan wisata orang-orang kota. Disana menjadi daya tarik tersendiri karena alam nya maupun karakteristiknya sendiri.

Untuk dapat menggunakan layanan peta google dan navigasi nya, kalian sangat perlu koneksi internet. Hal ini untuk menunjukan rute terbaik dan memunculkan suara penunjuk jalan. Secara online peta google akan mendownload realtime peta yang dibutuhkan pada saat rute atau wilayah akan dilewati.

Namun bagaimana untuk menjangkau wilayah yang tidak memiliki sinyal internet yang bagus? Meskipun maps bekerja secara online, aplikasi peta google maps bisa digunakkan offline dengan simpan peta google maps.

Cara Simpan Peta Google Maps

Sebelum mengetahui cara simpan peta google maps, pastikan aplikasi Google Maps di android kamu sudah update. Ya meskipun tidak terlalu update banget, kamu masih bisa memakai aplikasi ini. Kamu juga harus sudah log in email dalam sistem, agar peta dipersonalisasikan. Informasi yang berhubungan dengan Maps akan disimpan dalam email kamu.

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Tekan menu di pojok kiri atas (3 garis)
  3. Pilih Peta Offline
  4. Ketuk Pilih Peta Anda Sendiri
  5. Pilih area yang ingin kamu simpan
  6. Klik Download

cara save google maps
Pada saat memilih area, disana akan tertulis “Download akan menggunakan ruang perangkat hingga … MB.” yang akan semakin besar ukurannya kalo kamu pilih area yang semakin luas juga. Jika sudah selesai mendownload peta, maka akan muncul peta yang didownload dalam daftar Peta Offline.

cara menggunakan google maps offline

Peta offline yang kamu dowload memiliki kekurangan yaitu hanya akan bertahan selama 1 bulan saja sejak kamu download. Peta offline perlu kamu perbarui lagi jika memang kamu membutuhkannya untuk jangka waktu yang lebih lama lagi. Peta offline akan tersimpan dalam penyimpanan internal secara default. Kamu juga bisa simpan peta offline di kartu memory dan perlu diupdate juga kalo sudah lebih dari satu bulan.

google map offline android

 

cara simpan peta google maps

Navigasi suara google maps pada kondisi internet yang lancar akan menunjukkan suara yang normal. Semisal pengaturan bahasa kamu yaitu Indonesia, maka suara maps akan beraksen Indonesia. Jika pada kondisi sudah offline dan tidak ada koneksi internet, navigasi suara google akan berubah-ubah menjadi campuran. Eror nya seperti ” Dalam 20 meter, turn left” , sehingga cukup aneh kalau didengarkan.

Tips dari admin buat kalian yaitu gunakan peta offline pada daerah dimana sinyal kamu sulit dijangkau saja. Ini akan menghemat penyimpanan dan tidak perlu update dengan ukuran besar. Namun bagi kamu seorang surveyor yang menghitung jalan atau ojol misalnya, kamu perlu update terus peta yang kamu butuhkan. Data aplikasi peta google juga dapat dihapus untuk melegakan penyimpanan ponsel kamu.

cara simpan peta google maps

Artikel cara simpan peta Google Maps cukup mudah dilakukan kan?

Tinggalkan Komentar!