4 Cara Screenshot Hp Xiaomi Untuk Semua Tipe Mudah | Droidinside

4 Cara Screenshot Hp Xiaomi Untuk Semua Tipe Mudah

  • 3 min read
  • Sep 28, 2020
cara screenshot hp xiaomi

Cara screenshot Hp Xiaomi cukup beragam. Kamu bisa memilih cara untuk menangkap layar yang disediakan oleh brand ini.

Pada setiap hp, cara untuk melakukan screenshoot atau screencapture umumnya berbeda-beda, sehingga tentunya penting untuk mengetahui cara screenshoot yang tepat pada setiap brand hp.

Bagi kamu pengguna hp Xiaomi cara untuk menangkap layar atau screenshoot bisa kamu aplikasikan pada semua produk hp Xiaomi, karena mereka memberikan pengaturan default yang sama untuk melakukan proses screenshot.

Bagi kamu yang masih belum tau bagaimana cara screenshot hp Xiaomi, berikut penjelasan lengkapnya

Cara Screenshot Hp Xiaomi

Untuk melakukan screenshoot di hp Xiaomi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, tinggal kamu pilih saja cara yang mana yang paling cocok dan mudah bagi kamu untuk menangkap layar pada hp xiaomi.

1. Menggunakan Opsi Pada Bagian Notifikasi Bar

Pada menu notifikasi kamu bisa menemukan pilihan untuk melakukan screenshoot, dengan mengklik pilihan tersebut maka layar notifikasi akan otomatis terangkat dan proses screenshoot akan otomatis berjalan. Opsi ini bisa kamu gunakan apabila kamu tidak ingin menggunakan tombol apapun untuk mengambil tangkapan layar.

2. Menggunakan 3 Jari

Cara screenshot Hp Xiaomi kedua yakni dengan menggunakan tiga jari dan mengusapkannya secara bersamaan kearah bawah pada layar. Dengan cara tersebut layar otomatis akan tercapture karena mendapatkan perintah yang dari 3 jari yang kamu usapkan tersebut. Cara ini cocok untuk kamu yang masih tidak ingin menggunakan tombol apapun, atau memanfaatkan gesture dari layar Xiaomi.

3. Dengan Menggunakan Tombol Beranda, Kembali, Atau Menu

Dengan menekan dan menahan tombol beranda atau home yang ada ditengah, kamu juga bisa melakukan screenshoot seperti cara-cara diatas sebelumnya. Cara berikutnya juga sama yakni dengan menekan dan menahan tombol kembali hingga proses screenshoot selesai. Tombol satunya juga bisa kamu gunakan sebagai tombol untuk melakukan proses screenshoot dengan cara yang sama seperti kedua tombol sebelumnya yakni dengan menekan lama pada tombol menu.

Cara ambil tangkapan layar hp Xiaomi ini cocok bagi kamu yang menggunakan 1 tangan dan tidak ribet dalam pengoperasian ponsel. Hanya menekan salah satu dari tombol navigasi kamu bisa mengambil gambar layar.

4. Dengan Tombol Kombinasi Power

Screenshot dengan tombol kombinasi daya + Volume Bawah adalah sebuah cara paling umum digunakan pada sebagian besar ponsel Android seperti pada Asus Zenfone Max Pro M1. Kamu bisa menggunakan cara ini apabila tidak mengetahui cara menangkap layar, soalnya default atau setelan umum untuk ambil tangkapan layar adalah dengan tombol power.

Namun, cara screenshot Hp Xiaomi dengan kombinasi tombol daya lebih bervariasi lagi. Selain cara umum diatas, ada 3 kombinasi dengan tombol daya:

1. Dengan Menekan Kombinasi Tombol Daya + Beranda

Cara berikutnya yakni dengan menggunakan kombinasi dari dua tombol yakni tombol daya yang ada disamping hp dan juga tombol home atau beranda pada layar hp. Dengan menekan tombol tersebut secara bersamaan maka proses screenshoot akan berjalan.

2. Dengan Menekan Kombinasi Tombol Daya + Kembali

Kombinasi berikutnya juga bisa kamu lakukan untuk melakukan screenshoot yakni tombol daya + kembali ditekan secara bersamaan.

3. Dengan Menekan Kombinasi Tombol Daya + Menu

Dan kombinasi terakhir yakni dengan menggunakan tombol daya + menu hingga proses screenshoot selesai.

Cara Mengatur Tombol Screenshot

Beberapa pilihan screenshot diatas perlu kamu atur terlebih dahulu agar bisa kamu gunakan, dengan begitu kamu bisa memilih bagaimana cara screenshoot yang kamu suka.

  • Buka menu Pengaturan atau Setting atau Setelan
  • Kemudian pilih Setelan Tambahan
  • Lalu pilih menu “Pintasan Tombol dan Gerakan”
  • Kemudian pilih menu Ambil Screenshoot
  • Atur opsi atau pilihan screenshoot yang kamu inginkan

Untuk cara simpelnya, kamu bisa buka Setelan dan Cari (klik gambar lup) kata kunci “Screenshoot” maka akan tersedia untuk pilihan Ambil Screenshot.

tangkapan layar xiaomi

Cara pengambilan gambar tangkapan layar yang cukup banyak pada Xiaomi memungkinkan kita dapat menyelesaikan beberapa masalah. Seperti layaknya adanya Ghost Touch (meskipun pada produk Xiaomi sangat jarang terjadi) yaitu layar tiba-tiba terpencet sendiri pada bagian layar diluar sentuhan jari. Kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan mengubah metode cara Screenshot Hp Xiaomi yang tidak menggunakan 3 jari.

Tinggalkan Komentar!