2 Cara Pusat Kontrol Xiaomi Transparan Mudah

  • 3 min read
  • Agu 04, 2021
cara pusat kontrol xiaomi transparan

Droidinside berbagi beberapa cara Pusat Kontrol Xiaomi transparan kembali didapatkan pengguna. Soalnya beberapa kasus yang terjadi pada ponsel Xiaomi generasi ke 9. Sebut saja pas masih di MIUI 12 versi pertama, Control Center berwarna transparan dengan efek Gaussian Blur. Tapi setelah melakukan pembaruan, tampilan Pusat Kontrol menjadi jelek. Blur tidak lagi mengikuti warna latar belakang tapi malah berwarna abu-abu.

Sebenarnya efek Blur transparan yang keren tersebut dihilangkan karena masalah performa. Pihak Xiaomi sendiri yang bilang karena menurunkan performa ponsel. Sehingga, warna dijadikan abu-abu. Tapi kamu masih bisa kok membuatnya jadi transparan lagi dengan efek Gaussian Blur yang keren. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara Pusat Kontrol Xiaomi Transparan

Apakah kamu sudah update ponsel Xiaomi kamu ke versi MIUI 12 ekor cukup tinggi ? Misal di 12.0.4 atau 12.0.5 ? Merasa kangen dengan tampilan Pusat Kontrol versi MIUI 12.0.1 yang transparan? Berikut agar kamu bisa menikmati lagi Control Center tersebut.

Menggunakan SetEdit

Cara Pusat Kontrol Xiaomi transparan lagi yang pertama adalah menggunakan aplikasi SetEdit. Yang bisa kamu unduh dari Play Store, dan mengubah parameter ponsel Xiaomi. Pastikan kamu udah mengaktifkan Pusat Kontrol dari Setelan Xiaomi. Kemudian untuk membuatnya jadi transparan langkahnya:

  • Instal aplikasi SetEdit
  • Buka aplikasi tersebut
  • Cari deviceLevelList lalu klik
  • Pilih Edit Value
  • Jadikan v:1,c:3,g:3
  • Save Changes
  • Lalu Restart Ponsel
    pusat kontrol transparan setedit

Pastikan kamu menggunakan tema bawaan ponsel Xiaomi. Beberapa pengguna merasakan ada yang bisa langsung transparan tanpa melakukan Restart ponsel. Sebagian ada yang perlu menghidupkan ulang terlebih dahulu.

Cara ini bisa diterapkan di ponsel Xiaomi seri ke 9 milikmu yang memiliki RAM 4 GB. Karena Control Center yang tidak transparan sebagian besar tidak terjadi pada RAM 6 dan 8 GB.

Jangan pernah edit atau utak-atik parameter lain di SetEdit karena dapat berakibat fatal ke sistem ponsel. Selain nilai diatas yang ditentukan untuk deviceLevelList, kamu bisa ubah jadi v:1,c:2,g:2 juga merupakan cara Pusat Kontrol Xiaomi transparan kembali seperti versi MIUI 12.0.1.

Kelemahannya, beberapa waktu ketika ponsel dihidupkan kembali (setelah dimatikan) Pusat Kontrol kembali menjadi Blur dan tidak transparan. Dan kamu perlu ubah lagi nilai pada SetEdit tersebut. Jadi cara ini bisa dibilang bukan cara permanen agar Control Center kembali transparan dengan efek Gaussian Blur.

Menggunakan Aplikasi Mi Control Center

Jika menurut kamu cara Pusat Kontrol Xiaomi transparan menggunakan SetEdit cenderung terlihat berbahaya dan ribet. Kamu bisa menggunakan aplikasi Mi Control Center yang penggunaannya lebih enak. Langkahnya:

  • Buka GetApps di ponsel Xiaomi
  • Cari dan instal Mi Control Center
  • Tunggu proses instalasi dan buka aplikasi tersebut
  • Berikan perizinan yang dibutuhkan
  • Aktifkan pada Running
  • Sekarang kamu bisa menikmati Control Center yang bisa dimodifikasi

Aplikasi tersebut memungkinkan kamu mengubah Pusat Kontrol sesuka hati. Mulai dari transparansi, tata letak, bahkan bisa memunculkan penggunaan data. Aplikasi ini juga bisa kamu pake di semua ponsel Xiaomi bahkan yang bukan MIUI 12 sekalipun. Kalau sudah instal aplikasi ini, pastikan Pusat Kontrol dimatikan dahulu dari Setelan ya.
pusat kontrol xiaomi transparan

Cara Pusat Kontrol Xiaomi transparan adalah mengubah Layoutnya dari aplikasi ini. Sesuaikan dengan keinginan kamu. Aplikasi ini lebih aman daripada cara sebelumnya. Mengantisipasi kalau ada bagian yang tidak sengaja tertekan, karena berhubungan dengan sistem pada ponsel.

Penutup

Beberapa cara Pusat Kontrol Xiaomi transparan bisa kamu pilih. Bergantung mana yang kamu butuhkan, lha sama-sama instal aplikasi juga. Intinya hati-hati pas kamu ubah parameter nilai di SetEdit ya.

Apakah kamu belum tahu cara mengaktifkan Pusat Kontrol? Langkahnya, buka Setelan – Pusat Kontrol & Navigasi – Ketuk Gunakan Pusat Kontrol Yang Baru. Control Center bakalan muncul kalau kamu usap layar dari atas ke bawah tepatnya layar sebelah kanan.

Cara lain agar Pusat Kontrol jadi transparan berwarna alias gak abu-abu adalah balik lagi ke versi MIUI 12.0.1 atau versi dimana tampilannya masih Gaussian Blur. Jika kamu posisi di MIUI 12.0.3 masih bisa balik lagi ke MIUI 12.0.1 dengan unduh firmware dari situs resmi Xiaomi. Pasang lewat Pembaruan OTA dengan memilih pembaruan paket.

Tapi kalau udah versi 12.0.4 keatas, gak bisa di Roll Back atau dikembalikan. Pake 2 cara diatas bisa menjadi solusi buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *