6 Tips Dan Cara Ngecas HP Baru

  • 3 min read
  • Apr 09, 2021
cara ngecas hp baru

Habis beli Hp baru ? apakah ada ritual khusus cara ngecas Hp baru ? Droidinside bakalan ngasih beberapa informasinya.

Barang baru, sudah pasti banyak orang mencari berbagai informasi gimana cara biar itu barang awet. Termasuk juga Hp baru, berhubungan dengan penggunaannya, pastilah gimana caranya biar baterai dan komponenya awet.

Salah satu cara untuk menggapai keawetan sebuah Hp adalah dengan mengecasnya dengan benar pas lagi baru. Ini kalau di Motor ada masa inreyen, atau awal penggunaan pas masih baru. Agar awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Cara Ngecas Hp Baru

Ada banyak orang mungkin bingung, kapan harus dan cara ngecas hp baru atau sampai berapa persen dicasnya hingga pertanyaan-pertanyaan lain yang terlintas semata-mata untuk tujuan agar produk yang dibeli awet.

Kamu perlu ngerti ini sudah tahun 2021, nggak perlu bingung-bingung dengan mitos ngecas Hp jadul. Teknologi baterai dan pengecasannya sudah sampai Fast Charging. Bahkan sudah sampai 65 Watt, artinya saat Hp masih baru teknologi pengisian dayanya begitu cepat.

Cara ngecas Hp baru adalah ketika sudah ada di rumah atau tempat kerja, langsung cas aja Hp baru tersebut sampai penuh. Kalau bisa diisi sampai pas 100% indikator baterainya. Gak perlu 8-10 jam gak perlu dimatikan juga. Setelah penuh bisa langsung kamu pake seperti biasa.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah normal atau ada masalah pengecasan atau masalah baterai. Seperti contoh pada kasus Samsung yang dayanya putus sendiri saat dicas. Sehingga kalau Hp baru bisa di komplainkan ke service center karena masih garansi.

Tips Ngecas Hp Baru Dengan Benar

Setelah kamu mengetahui cara ngecas Hp baru, selanjutnya ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan supaya ponsel lebih awet.

Cas Lagi Saat 10%-15%

Setelah penuh lalu kamu gunakan, untuk pengecasan kedua dari Hp yang baru dibeli. Isi daya lagi ketika sampai daya menunjukkan 10%-15% biar gak terlalu sering ngecas. Teknologi baterai sudah sedemikian maju, gak perlu masih 30%-50% sudah bingung untuk dicas.

Ini bertujuan untuk mengurangi siklus pengecasan, karena semakin sering umur baterai semakin pendek. Mending dipakai sampai pada batas baterai tersebut agar bisa lebih lama penggunaannya. Charge Cycle baterai jaman now masih direntang 1000 kali.

Toh kalau kamu ngecas di berapa persen juga akan sama-sama awetnya sesuai dengan siklus pengecasannya. Karena teknologi ponsel sudah canggih, bisa kok ngecas kapan saja. Akan tetapi saran dari Droidinside ngecas saat di 10-15% persen aja. Hal ini sudah diperhitungkan oleh produsen ponsel.

Gunakan Kabel Dan Kepala Cas Original

Ya karena baru, sebisa mungkin kamu gunakan cas dan kabelnya yang asli dari dusbook. Jika masih baru, pastikan gunakan peralatan yang original untuk mengetahui performa atau apakah ada masalah dengan peralatan tersebut.

Jangan Gunakan Hp Saat Dicas

Salah satu tips penting ngecas Hp baru dengan benar adalah tidak mempergunakannya. Bahkan untuk menghidupkan layarnya aja mungkin dihindari. Karena sudah modern dan canggih, saat ponsel diisi dayanya dan layar dihidupkan, sistem akan mencoba menurunkan kecepatan pengecasan.

Saat ponsel di cas, apalagi teknologi pengecasan cepat sudah disematkan akan berdampak pada suhu ponsel yang meningkat. Saat sistem mendeteksi peningkatan suhu, kecepatan pengecasan akan diturunkan. Apalagi Hp digunakan, sudah pasti terjadi peningkatan suhu. Itulah mengapa pengecasan bisa jadi lama, dan malah gak produktif. Mending kamu setel ponsel ke jangan ganggu dulu, toh paling maksimal 2 jam baterai bisa penuh untuk bisa digunakan kembali.

Mematikan Ponsel Saat Dicas

Seperti penjelasan suhu meningkat saat ponsel diisi dayanya tersebut. Dengan mematikan Hp, berarti tidak ada aktivitas lain pada ponsel selain hanya pengisian daya. Ponsel akan lebih dingin dan ini sangat baik. Suhu tinggi pada baterai dan perangkat dapat menurunkan durabilitas atau keawetannya.

Cas Sampai Tepat Penuh 100%

Ini memang cukup sulit, tapi setidaknya gak harus tepat sih. Mendekati 100 persen juga sudah cukup sehingga bisa kamu cabut terus digunakan seperti biasa. Kamu bisa menggunakan alarm pengecasan untuk mencapai hal ini. Tidak perlu ngecas sampai berjam-jam yang dapat membuat pemborosan daya salah satu yang penting dalam cara ngecas Hp baru.

Ngecas Hp Baru Dengan Benar

Saat sudah penuh, sistem ponsel akan melakukan Trickle Charging. Dayanya akan turun sedikit, kemudian diisi lagi sedikit demi sedikit sampai penuh dan begitu seterusnya. Maka dari itu, ngecas hp semalaman gak baik karena memicu hal ini. Beberapa vendor seperti Samsung mengatakan, jangan mengecas ponsel untuk waktu yang lama atau semalaman.

Taruh Di Tempat Sejuk

Cara ngecas Hp baru atau tergolong masih belum lama adalah dengan menempatkannya di tempat yang sejuk. Jangan didekatkan dengan sumber-sumber panas atau ruangan yang sangat panas. Ini akan menyebabkan kerusakan komponen baterai dan perangkat.

Penutup Dan Kesimpulan

Sebenarnya untuk cara ngecas Hp baru gak ada ritual khusus seperti layaknya pada Hp jadul yang harus seperti itu atau seperti ini. Cukup memperhatikan beberapa poin agar baterai dan perangkat awet saja.

Ngecas Hp baru dengan benar juga tinggal isi daya aja. Produsen udah memikirkannya termasuk menyematkan teknologi supaya Hp bisa digunakan secara fleksibel. Bukan berarti perhatian ekstra harus kita berikan untuk pengecasan baterai hp ini. Tinggal kebiasan-kebiasan baik diatas aja yang harus kamu perhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *