Mudah 6 Cara Ngecas HP Android Agar Baterai Tahan Lama | Droidinside

Mudah 6 Cara Ngecas HP Android agar Baterai Tahan Lama

  • 2 min read
  • Sep 09, 2020
cara ngecas HP Android agar awet

Agar baterai HP tahan lama, ketahuilah cara ngecas Hp Android yang benar. Karena kebiasaan dalam mengisi daya atau ngecas HP Android dimasyarakat masih banyak yang kurang tepat, yang bahkan memberikan dampak yang buruk pada baterai maupun smartphone android kamu.

Oleh karena itu penting adanya untuk mengetahu cara ngecas HP Android yang benar agar membuat daya tahan baterai menjadi lebih awet dan tentunya juga membuat umur android kamu lebih lama.

Cara Ngecas HP Android Agar Baterai Awet

Beberapa tips dibawah ini sebenarnya direkomendasikan oleh brand atau pabrik. Hampir keseluruhan brand memberikan aturan terkait cara mengisi daya android maupun hp biasa. Agar awet, kamu tidak boleh sembarangan menggunakan peralatan dan kegiatan yang berhubungan dengan pengisian daya diluar ketentuan dan standar yang telah diberikan.

Menggunakan Charger Asli

Poin satu ini merupakan poin penting yang perlu kamu lakukan. Melakukan charging android dengan menggunakan charger asli atau bawaan android akan membuat baterai menjadi lebih tahan lama. Hal tersebut karena charger bawaan dari android sudah disesuaikan dengan keperluan dari android itu sendiri, sedangkan ada banyak diluaran charger dengan spesifikasi yang tidak jelas atau bahkan tidak cocok dengan smartphone android kamu. Akibatnya baterai bisa menjadi lebih mudah rusak atau bocor karena menggunakan charger yang bukan bawaaan terlebih lagi abal-abal.

Rahasia Mengisi Baterai Ponsel dengan cepat

Jangan Ces HP Ketika Daya Sudah Hampir Habis

Kebiasaan ngeces hp ketika daya sudah mau habis bahkan habis juga merupaka kebiasaan yang kurang tepat. Kebiasaan tersebut juga menjadi pemicu daya tahan baterai cepat menurun, oleh karena itu biasakan untuk ngeces android kamu pada saat baterai masih menunjukan anka 30-40%.

Mematikan HP Android

Cara ngecas HP Android yang satu ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan. Terlepas dari kehidupan yang selalu terpaku pada gadget akan sangat tidak menyenangkan menunggu android dimatikan untuk diisi dayanya.  Hal ini mungkin juga bisa kamu lakukan terlebih bagi kamu yang tidak memiliki hal darurat, karena ngeces android dengan mematikannya dapat membuat proses charging lebih cepat dan membuat baterai menjadi lebih awet.

Jangan Terlalu Sering Ngecas Menggunakan Power Bank

Dalam keadaan tertentu, power bank merupakan sesuatu yang berguna bagi smartphone android kamu karena bisa menjaga hp tetap bisa digunakan apabila baterai hp sudah mau habis. Namun apabila tidak dalam keadaan darurat sebaiknya tidak perlu terlalu sering menggunakan power bank untuk mengisi daya android kamu, karena hal tersebut juga menjadi pemicu menurunnya daya tahan baterai.

Hindari Ngecas dengan Laptop

Kebiasaan ngecas hp menggunakan laptop juga sering dilakukan terutama oleh anak muda. Faktor utama yang mungkin menjadi penyebabnya yakni karena rasa mager yang menimpa mereka ketika sedang menggunakan laptop. Alhasil mereka lebih memilih untuk ngecas hp nya dengan laptop dibandingan harus bergerak sedikit untuk menuju stop kontak.

Lepas Casing HP

Melepas casing hp juga bisa menjadi jalan untuk cara ngecas HP Android yang membuat daya tahan baterai menjadi lebih awet. Ketika proses charging dilakukan umumnya suhu baterai akan lebih meningkat, dan suhu akan lebih meningkat lagi apabila android kamu menggunakan casing karena udara panas terperangkap. Oleh karena itu solusinya kamu bisa melepas casing terlebih dahulu sebelum ngecas hp.

Itulah beberapa tips cara ngecas hp android yang bisa kamu lakukan untuk membuat daya tahan baterai android kamu menjadi lebih awet dan tentunya memberikan dampak pada smartphone memiliki umur yang lebih panjang.

Tinggalkan Komentar!