Cara Mudah Tambah Kontak Whatsapp Dengan Kode QR | Droidinside

Cara Mudah Tambah Kontak Whatsapp Dengan Kode QR

  • 2 min read
  • Nov 08, 2020
tambah kontak whatsapp dengan kode qr

Sekarang tambah kontak Whatsapp menjadi lebih mudah karena ada dukungan memindai kode QR pada aplikasi komunikasi tersebut.

Dukungan Tambah Kontak Whatsapp Dengan Kode QR

Menambahkan kontak untuk komunikasi via Whatsapp merupakan hal yang penting. Biasanya nomor ini adalah nomor yang ada pada kartu sim. Agar kontak bisa muncul di aplikasi, nomor harus disimpan dahulu.

Cara menyimpan model lama adalah menulis ulang nomor Whatsapp seseorang kemudian memberi nama lalu menyimpannya. Setidaknya kamu harus mencatat lebih dari 10 karakter nomor yang ingin disimpan. Cara ini mungkin bagi sebagian orang dapat bermasalah.

Salah menulis nomor 1 digit saja bisa berakibat fatal, nomor tidak muncul di aplikasi Whatsapp. Atau malah nomor orang lain yang kamu simpan. Selain itu, apabila ditulis melalui kertas ada sebagian orang yang tulisannya kurang bagus seperti tulisan dokter. Sehingga kesalahan dapat terjadi, namun hal ini mungkin sudah dapat diatasi.

Masalah dalam pencatatan nomor kontak Whatsapp ini mungkin tidak akan terjadi lagi. Karena aplikasi ini telah memberikan fitur tambah kontak Whatsapp dengan kode QR.

Sekitar bulan juli yang lalu, update aplikasi Whatsapp terbaru memiliki fitur tambah kontak menggunakan kode QR. Bersamaan dengan ditambahkan fitur mode gelap dan stiker baru. Sekarang kamu bisa menyimpan kontak teman/orang disekitar kamu dengan mudah dan tanpa ada kesalahan dalam penulisan nomor.

Karena telah ditambahkan fitur untuk melakukan pemindaian kode QR, hanya dengan mengaktifkannya lalu kontak bisa disimpan dengan mudah. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Cara Tambah Kontak Whatsapp Dengan Kode QR

Pastikan aplikasi Whatsapp kamu merupakan versi yang paling baru. Kamu bisa memperbaruinya melalui Play Store yang ada pada android. Setelah memastikan Whatsapp sudah update, kamu yang ingin berbagi nomor ke orang lain:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik tiga titik pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Klik Gambar Kode QR di sebelah nama kamu
  • Akan muncul Kode Saya berisi kode QR yang bisa dipindai oleh teman kamu
    membagikan nomor kode qr whatsapp

Bagi teman kamu yang ingin menambahkan nomor kamu:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik tiga titik pojok kanan atas
  • Klik Gambar Kode QR di sebelah nama
  • Pilih Tab Pindai Kode
  • Selanjutnya tempatkan kamera ke kode QR Whatsapp teman kamu
  • Klik Tambah Kontak

Pada saat memindai, aplikasi Whatsapp juga mendukung untuk memindai gambar atau foto yang tersimpan dalam penyimpanan/galeri. Klik ikon gambar di pojok kiri bawah pada Tab Pindai Kode (pada saat proses scan kode) lalu pilihlah gambar dengan kode QR yang merupakan kontak Whatsapp.

pindai kode qr whatsapp

Jika dibutuhkan, pemindaian ini juga memiliki fitur untuk mengaktifkan senter/flash. Untuk kondisi yang cukup gelap.

Penutup

Kode QR ini juga bisa kamu Screenshot melalui android kamu. Kemudian bisa kamu kirim ke orang yang membutuhkan. Karena bisa dipindai dengan mudah melalui aplikasi Whatsapp.

Kode QR milik kamu yang tersedia ini tidak akan berubah. Secara otomatis aplikasi Whatsapp membuat kode setiap pengguna. Kode tidak akan berubah sampai kamu menghapus data/reset aplikasi Whatsapp atau menghapus akun yang tertaut pada nomor Hp. Jika kamu melakukannya, kode QR akan otomatis dirubah oleh aplikasi Whatsapp. Sehingga kode yang lawas sudah tidak dapat digunakan lagi jika memang kamu berganti nomor.

Keamanan kode QR pada aplikasi Whatsapp sepertinya cukup bagus. Ketika admin mencoba melakukan scanning menggunakan aplikasi biasa, akan muncul sebuah Link yang ditujukan pada Web pada Whatsapp. Setelah dikunjungi menggunakan aplikasi browser misalnya, nomor tidak akan muncul.

Disana terdapat pemberitahuan bahwa hanya dengan aplikasi Whatsapp saja, nomor dapat dipindai. Ini akan memberikan keamanan, karena pada Kode QR tidak terdapat nomor yang muncul secara langsung. Bisa dimungkinkan, tujuan tambah kontak Whatsapp dengan kode QR dilakukan secara langsung saat itu juga pada saat dua ponsel/orang bertemu.

Bagaimana? apakah informasinya bagus? dan mudah bukan untuk tambah kontak Whatsapp dengan kode QR?

Tinggalkan Komentar!