2 Cara Merubah Tanggal Foto Di Android

  • 3 min read
  • Feb 09, 2021
cara merubah tanggal foto di android

Biasanya kamu bisa mengubah waktu jepretan foto di komputer. Namun cara merubah tanggal foto di Android dapat juga dilakukan dengan mudah. Melakukan pengubahan tanggal pada kapan sebuah gambar diambil dapat dilakukan. Dengan tujuan pengelompokkan gambar yang lebih baik atau memberi tanggal pada gambar yang belum ada waktunya dari hasil download. Karena beberapa manajerial gambar dapat dikelompokkan berdasarkan waktu pembuatan.

[lwptoc]

Secara umum cara merubah tanggal foto di android hampir mustahil dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Karena aplikasi galeri berbagai merek ponsel tidak dapat melakukan pengeditan Data Exif sebuah foto. Exif merupakan informasi tambahan yang berisi detail foto. Seperti lokasi, tanggal, bukaan kamera, perangkat pengambil foto, besarnya ISO dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang menggunakan ponsel dengan antarmuka Android One dapat menggunakan aplikasi Google Photos (Google Foto). Pengguna antarmuka bawaan ponsel memiliki aplikasi galeri tersendiri yang tidak dapat melakukan pengubahan Exif foto.

Namun dalam pengubahan tanggal foto pada android menggunakan Google Foto terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Apa saja dan bagaimana cara merubah tanggal foto di android tanpa aplikasi Google Foto?

Cara Merubah Tanggal Foto Di Android

1. Ganti Tanggal Foto Dengan Google Foto

Aplikasi foto milik Google ini berjalan secara offline dan online. Offline adalah membaca keseluruhan foto dalam perangkat. Online dengan menghubungkan akun Google dan mengupload foto yang ada pada perangkat akun tersebut.

Syarat utama untuk mengubah tanggal foto adalah akun Gmail kamu tersinkronisasi. Sehingga foto dalam perangkat ada secara online pada akun kamu. Sehingga kamu bisa ubah tanggal sebuah foto melalui:

  • Instal aplikasi Google Foto di Play Store (bagi yang ponselnya belum ada)
  • Pastikan akun Gmail masuk dalam sistem ponsel
  • Foto tersinkronkan dengan aplikasi Google Foto (gunakan aplikasi untuk mengaktifkan sinkronisasi atau pencadangan)
  • Buka https://photos.google.com dari aplikasi Chrome kamu
  • Pilih dengan klik foto yang akan diubah tanggalnya
  • Tekan ikon (i)
  • Klik pada ikon kalender (atau tanggal, akan kosong jika foto belum ada tanggalnya)
  • Klik Save
    ubah tanggal foto dengan google foto
  • Setelah itu, unduh foto tersebut dengan klik tombol 3 titik di pojok kanan
  • Download

Metode ini memiliki kelemahan, kamu harus sinkronkan dulu foto yang ada di perangkat ponsel kamu. Ini akan bersifat online dan memakan data internet. Belum lagi harus melakukan pengunduhan ulang foto tersebut. Namun cara ini lumayan mudah juga bagi kamu yang suka menyimpan foto secara online.

Entah mengapa, aplikasi Google Foto hanya dapat melakukan sinkronisasi gambar dan melihat atau menghapusnya saja. Aplikasi tidak dapat digunakan dalam cara merubah tanggal foto di android. Mungkin disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

2. Ganti Tanggal Foto Dengan Aplikasi

Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah rincian waktu dalam foto. Kamu bisa mencari di Play Store dengan kata kunci “Exif”. Sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan review oleh pengguna yang memberikan bintang. Pilih aplikasi yang ukurannya kecil, jumlah download banyak, dan sedikitnya memiliki bintang 4 keatas.

Admin menggunakan Photo Exif Editor dalam cara merubah tanggal foto di android. Karena cukup ringan dengan penilaian yang lumayan. Berikut tutorial mudahnya:

  • Buka aplikasi Exif editor pilihan kamu dari Play Store
  • Browse atau jelajahi foto yang akan diedit tanggalnya
  • Ubah tanggal/date/captured time melalui aplikasi editor Exif (jangan lupa centang rename, untuk ubah nama file juga)
  • Klik simpan/ok

Foto atau gambar pada penyimpanan ponsel kamu akan berubah tanggalnya. Kelemahan menggunakan metode ini adalah hal biasa, yaitu iklan. Aplikasi editor Exif ini kebanyakan gratis sehingga ada Ads nya. Tidak perlu khawatir karena bisa dijalankan secara Offline, setidaknya menghambat iklan yang masuk.

Penutup

Pada tutorial cara merubah tanggal foto di android diatas istilahnya memiliki dua metode. Online dengan aplikasi Google Foto (yang sebagian sudah ada pada ponsel android) dan offline melalui aplikasi editor Exif.

Kamu perlu berhati-hati dalam penggunaan aplikasi Google Foto, aplikasi ini sering menjadi besar ukurannya. Sejalan dengan jumlah foto yang ada pada ponsel kamu. Untuk itu, perlu dicek juga untuk menghapus foto offline yang sudah tersinkron dengan server Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *