Cara Mudah Merubah Suara Asisten Google

  • 2 min read
  • Des 24, 2020
cara merubah suara asisten google

Ok Google, 2 buah kata yang sering diucapkan untuk membuka fitur asisten. Biasanya sih suaranya aksen cewek kan. Kamu bisa lho merubah suara Asisten Google ini dengan mudah. Sebagai bentuk variasi suara aja. Biar gak bosan dengan suara Google yang itu-itu aja.

Mungkin dari kalian ada yang jarang atau bahkan sering menggunakan fitur Google Assistant. Fitur ini biasanya bisa diakses dengan menekan dan tahan tombol Home. Kemudian melalui tampilan yang muncul kamu bisa mengatakan sesuatu, yaitu apa yang kamu butuhkan.

Asisten Google dapat mengenali suara kamu. Dengan menggunakan kecanggihannya, menggunakan koneksi internet. Jawaban dari asisten akan muncul dengan menyertakan hasil dari hal yang ingin kamu cari. Biasanya akan diiringi suara dari asisten Google. Biasanya pada ponsel kita dengan wilayah Indonesia, menggunakan suara wanita. Suara ini umumnya default menyesuaikan region yang disetel pada ponsel.

Dengan sedikit mengotak atik pada pengaturan, kamu bisa merubah suara Asisten Google sesuai yang kamu inginkan. Berikut langkahnya:

Cara Merubah Suara Asisten Google

Pastikan kamu punya akun Google yang Login pada ponsel android. Tanpa akun ini mungkin akan banyak hal tidak dapat kamu lakukan. Akun ini sebagai dasar untuk mempersonalisasikan penggunaan termasuk didalamnya jenis suara Asisten Google yang digunakan. Selanjutnya:

  • Buka akses ke Asisten Google. Bisa dengan membuka aplikasi Google (aplikasi dengan gambar Google). Akses cepat pencarian Google yang biasanya ada pada layar utama kemudian klik gambar G.
  • Pilih Lainnya
  • Pilih Setelan
    mengubah suara Google Assistant
  • Pilih Asisten Google
  • Pilih tab Asisten
  • Klik Suara Asisten
    mengubah suara asisten google

Pilihlah lingkaran untuk merubah suara Asisten Google yang ditunjukkan dengan warna. Biasanya untuk regional Indonesia hanya terdapat 2 suara. Merah untuk suara Wanita dan warna jingga untuk suara pria.

Penutup

Proses diatas cukup mudah bukan. Hal ini membutuhkan koneksi internet. Karena dengan mengubah jenis suara, sinkronisasi pada akun akan terjadi,

Jika pada ponsel terdapat beberapa akun Google. Kamu dapat mengubah model suara untuk setiap akun. Karena dukungan suara yang sedikit, hanya 2 itu. Tidak ada pilihan lain untuk merubah suara Asisten Google.

Jika kamu menginginkan lebih banyak jenis suara. Ubahlah wilayah dan bahasa ponsel kamu menjadi Amerika (US) atau Inggris (UK). Karena pada wilayah tersebut terdapat banyak lingkaran warna suara yang bisa kamu coba. Sudah pasti bahasa yang digunakan akan menjadi bahasa Inggris. Ini berdampak pada Asisten Google yang juga hanya menerima input suara bahasa Inggris.

Canggihnya lagi, jika pada Lokasi luar negeri dengan basis bahasa Inggris. Kamu bahkan bisa memilih jenis suara penyanyi John Legend atau Issa Rae. Meskipun suara ini hanya tersedia sampai Maret tahun 2020 kemarin. Sekarang untuk merubah suara Asisten Google menjadi suara penyanyi sudah diberhentikan Google.

Meskipun mudah hanya mengubah kawasan dan bahasa, namun hal tersebut akan mengubah menu yang ada di ponsel kamu. Bahasa akan menjadi sesuai yang diinginkan. Tetapi pada beberapa ponsel, mengubah kawasan dapat membuat sistem otomatis melakukan instalasi aplikasi yang sesuai dengan kawasan yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *