Cara Merawat Power Bank Yang Baru Beli Supaya Awet

Cara Merawat Power Bank Yang Baru Beli Supaya Awet

  • 2 min read
  • Jul 05, 2020
Cara Merawat Power Bank Dengan Baik

Cara Merawat Power Bank – Melihat pentingnya sebuah baterai bagi perangkat smartphone banyak pengembang yang membuat smartphone dengan kapasitas besar. Meski begitu tetap saja baterai smartphoen cepat habis karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis.

Untuk mengatasi hal tersebut di buatlah teknologi bernama Power Bank atau penyimpanan daya. Jadi fungsi alat ini adalah sebagai alat isi ulang portable untuk berbagai gadget. Sudah banyak power bank yang baru dengan berbagai merek dan harga yang bervariasi serta memiliki bentuk yang keren. Namun percuma saja jika kamu membeli power bank mahal-mahal tapi dalam jangka waktu sebentar power bank tersebut rusak sehingga tidak bisa di gunakan lagi. Maka dari itu kamu perlu belajar bagaimana Cara Merawat Power Bank Supaya Awet.

Cara Merawat Power Bank

 

Cara Merawat Power Bank

1.Jangan Terlalu Sering Isi Ulang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan terlalu sering isi ulang, kenapa? Karena baterai pada power bank memiliki siklus hidup yang berbeda-beda. Jika sudah melewati siklus hidupnya maka performa power bank akan menurun. Baterai jenis Li-Ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang sedangkan baterai jenis Li-Po memiliki siklus hidup 1000 kali isi ulang.

2.Isi Ulang Saat Sudah Low

Senada dengan poin pertama mengisi ulang saat sudah low akan membuat kamu tidak terlalu sering untuk mengisi ulang daya. Cara merawat power bank berikutnya adalah Usahakan isi ulang saat daya sudah low atau saat lampu LED tersisa satu saja. Jangan isi ulang saat lampu LED masih tersisa dua.

3.Jangan Biarkan Power Bank Over Charging

Hal yang sering di lakukan orang adalah membiarkan power bank di isi ulag semalaman. Padahal ini sangat tidak baik untuk kesehatan baterai. Over Charging akan mengakibatkan performa baterai menurun bahkan hingga terjadi kerusakan.

4.Hindari Menggunakan Smartphone Saat di Isi Ulang

Menggunakan smartphone saat sedang di isi ulang menggunakan power bank sangat tidak di anjurkan. Karena aeus listrik yang di hasilkan menjadi tidak stabil. Selain berbahaya bagi smartphone, hal ini juga berdampak pada baterai power bank yang cepat rusak.

5.Hindari Tempat Panas

Saat sedang memakai atau tidak memakai power bank hindari tempat yang panas. Saat kamu sedang mengisi ulang daya power bank maka akan ada panas yang keluar, jika kamu meletakannya di tempat yang panas juga maka power bank akan menyimpan panas yang berlebih. Dampaknya baterai akan cepat rusak dan permukaan pada power bank akan terlihat kusam.

Nah, itu tadi beberapa Cara Merawat Power Bank Yang Baru Beli Supaya Awet, sangat mudah untuk di lakukan namun masih saja banyak orang yang mengabaikan hal tersebut. Jadi mulai sekarang rawat power bank dengan baik bisa di gunakan dalam jangka waktu lama.

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!