5 Cara Merawat Layar Super Amoled Agar Awet

  • 3 min read
  • Apr 08, 2021
cara merawat layar super amoled

Layaknya seperti pacar sendiri, cara merawat layar Super Amoled mungkin susah-susah gampang. Soalnya, beberapa poin di bawah yang Droidinside jelaskan perlu kamu perhatikan. Karena menurut web Profolus, dibalik kelebihan layar Amoled ketimbang IPS ada kekurangan pada durabilitas/keawetannya.

Penurunan kualitas warna layar dan masalah Burn In menjadi salah satu momok di layar Amoled ini. Warna biru dan putih pada layar lebih cepat pudar daripada warna merah dan hijau. Penurunan kecerahan dan perubahan warna setidaknya akan terjadi 2 tahun setelah penggunaan. Ya meskipun layar IPS juga gak kalah banyak masalah juga sih.

Untuk mencapai penggunaan layar Amoled yang lebih lama, kamu perlu tahu cara merawat layar yang biasanya disematkan di ponsel Samsung atau pada ponsel mid-high end ini.

Cara Merawat Layar Super Amoled Agar Awet

Tips ini berhubungan dengan penggunaan dan beberapa setelan yang perlu kamu lakukan untuk smartphone dengan layar Amoled atau Super Amoled.

1. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Kecerahan Layar Tinggi

Biar aman, kamu cukup gunakan kecerahan layar dibawah 50%. Setel kecerahan layar secara manual. Bukan berarti kamu nggak boleh pakai Brightness maksimal, tapi gunakan seperlunya saja ketika di luar ruangan misalnya. Saat siang menggunakan kecerahan layar tinggi, di malam hari bisa dengan kecerahan yang minimal. Ini merupakan yang paling utama untuk cara merawat layar Super Amoled sehingga dapat mencegah layar lebih cepat Burn In.

2. Mengganti Wallpaper, Tema dan AOD Setiap Periode Waktu Tertentu

Seringkali layar Amoled mengalami Shadow atau ada bayangan muncul dari Quick Access Bar dan Keyboard. Karena keduanya tidak berubah-ubah atau statis.

Kamu bisa mengakalinya dengan mengganti Wallpaper setiap beberapa minggu sekali lebih bagus dengan Wallpaper bergerak atau animasi seperti Super Wallpapernya Xiaomi.

Ditambah lagi dengan mengganti tema ponsel kamu tiap waktu tertentu. Tujuannya untuk menghindari komposisi Visual yang terlalu lama statis sehingga dapat menyebabkan layar berbayang. Toh, ganti wallpaper dan tema bisa bikin tampilan nggak ngebosenin kan.

Satu lagi Always On Display atau AOD memang keren digunakan saat layar mati. Kamu juga perlu ubah posisi AOD ini berpindah-pindah dan berubah warnanya juga untuk menghindari masalah di layar Amoled. Bila perlu jangan mengaktifkan AOD saja, selain tambah menghemat baterai dapat mengantisipasi tampilan AOD yang terlalu statis.

3. Menggunakan Ikon Dan Tema Yang Bersahabat Untuk Jenis Layar Amoled

Istilahnya adalah Icon Pack dan tema yang Amoled Friendly. Bisa dengan mudah kamu dapatkan di Playstore dan penyedia tema dari merek ponsel sendiri.

Tampilan yang digunakan Amoled Friendly tidak akan membuat layar Amoled bekerja keras memproduksi warna. Sehingga performa layar tidak terlalu terforsir dan lebih awet.

4. Aktifkan Dark Mode

Mode gelap akan merubah tampilan keseluruhan mayoritas berwarna hitam. Selain cukup nyaman dimata, dominasi warna hitam pada layar Amoled dapat mengurangi penggunaan warna serta menghemat baterai sebagai salah satu cara merawat layar Super Amoled.

Ponsel dengan Android 9 sudah memiliki fitur Dark Mode. Untuk mendukung layar gelap ini, gunakan wallpaper yang dominan berwarna hitam. Warna hitam di layar Amoled adalah murni hitam. Karena pixel berwarna hitam oleh layar ini tidak dihidupkan oleh Backlight.

Berbeda dengan layar IPS yang memiliki Backlight atau sorot cahaya dari belakang. Layar Amoled yang menggunakan warna hitam lebih menghemat daya dan mengurangi penggunaan warna sehingga lebih awet.

5. Hindari Penggunaan Dibawah Sinar Matahari Langsung

Ini nggak hanya berlaku untuk cara merawat layar Super Amoled. Semua layar yang IPS sekalipun juga tidak direkomendasikan untuk selalu digunakan di terik sinar matahari.

Kalaupun kamu harus bekerja dibawah terik matahari, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Berteduh
  • Gunakan pelindung layar Anti Glare
  • Memaksimalkan aksesibilitas ponsel seperti Google Text To Speech

Penutup

Cara merawat layar Super Amoled bisa juga melalui beberapa poin dari Droidinside ini:

  • Mengatur Screen Time Out atau kunci layar kurang dari 1 menit
  • Menyembunyikan Navigation Bar dan Quick Access Bar
  • Rajin membersihkan layar dengan tisu
  • Tidak menggunakan kuku untuk navigasi layar
  • Menggunakan pelindung layar seperti Hidrogel untuk ponsel dengan fingerprint di dalam layar

Salah satu tanda yang perlu kamu perhatikan pada layar Super Amoled adalah seperti gambar ini, ada jejak pelangi :

penyakit super amoled

Beberapa pengguna mengatakan bahwa hal ini normal. Hal ini perlu kamu waspadai, cara merawat layar Super Amoled diatas diperlukan untuk mencegah layar menjadi pelangi juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *