Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Android

  • Mimin Droid
  • Mei 27, 2022

Di koneksi internet yang kurang stabil dari beberapa hari lalu, apalagi kalau pengguna si merah, harus memutar otak bagaimana cara menyimpan halaman web menjadi pdf di android untuk bahan menulis droidinside

Bukan karena jarang memegang browser di android sih, mimin droid sebenarnya tidak bisa move on dari asus browser, browser ini sangat cocok untuk mimin, salah satu fiturnya adalah save halaman browser, berbeda dengan chrome di android, asus browser saat di save menjadi offline sudah di convert layaknya pdf atau buku, jadi kita hanya tinggal baca teksnya saja, tanpa embel-embel yang lain.

Nah, karena asus browser sudah tidak bisa saya jumpai lagi, maka mimin droidinside harus memutar otak, bagaimana mencari referensi yang bagus, menggabungkan artikel, riset dan lain-lain secara offline.

Salah satu trik terbaik sementara ini adalah, menyimpan beberapa halaman website ke dalam pdf, alasannya adalah metode ini bisa mimin terapkan di ponsel android dan PC sekaligus laptop mimin droid.

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Android

Caranya sebenarnya tergolong mudah, jika kalian mengikuti langkah-langkah di bawah ini kalian pasti bisa menemukan cara menyimpan halaman web menjadi pdf di android dengan benar, kali ini sample halaman menggunakan dari website droidinside sendiri dengan artikel Hasil download film di telegram tersimpan dimana.

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Android
  1. Buka Halaman yang ingin kalian simpan ke PDF dengan Chrome, lalu Menu/Pengaturan di pojok kanan atas
  2. Pilih Share
  3. Tekan More…
  4. Geser atau cari menu Print
  5. Ubah dari Print ke “Save as PDF”
  6. Tekan icon kecil (no.6) untuk download
  7. Maka halaman akan otomatis berubah menjadi PDF dan terdownload di folder Download
  8. Kalian Bisa membuka file Pdf dengan aplikasi Pdf viewer, WPS Office atau semacamnya.
Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Android

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Komputer & Laptop

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Komputer & Laptop

Untuk kalian yang ingin Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi Pdf di Komputer maupun laptop, mimin droid kasih tips cara cepatnya saja ya! BTW mimin menggunakan Komputer dengan Windows 10, Google Chrome koneksi thetering HP Redmi 5A :v, Langsung buka Google Chrome di Komputer atau Laptop.

  • Buka halaman yang ingin kalian save ke Pdf, lalu tekan CTRL+P – Jika benar maka kalian akan melihat tampilan seperti gambar di atas.
  • Rubah Tujuan Menjadi “Simpan sebagai PDF” (no.1)
  • Lalu Klik Simpan
  • Maka otomatis akan terdownload ke folder Download kamu, dan sudah menjadi file PDF

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.