Cara Menyembunyikan Poni Oppo Dengan Mudah

  • Droidinside
  • Jul 21, 2022

Cara menyembunyikan poni Oppo merupakan sebuah langkah yang bisa membuat ponsel kamu jadi lebih lebar layarnya. Soalnya, kalo ada poni yang cukup lebar dibagian atas layar membuat tampilan jadi kayak kepotong. Kondisi notifikasi pada layar yang punya poni lebar jadi sempit. Meskipun poni kini sudah beralih ke Water Drop atau tetesan air. Yaitu notch atau poni hanya melingkari kamera saja. Hal ini juga tetap tidak memberikan keleluasaan ketika menggunakan ponsel.

Teruntuk mereka yang suka bermain game, kondisi layar yang terganggu sama notch itu gak enak. Jari kita bagian kiri atau kanan bisa menyentuh poni, dimana area ini biasanya ada kamera. Kamera akan kotor karena jari dan juga area poni ini juga bukan area sentuh membuat kendali pada game bisa lepas. Untuk itu, dengan cara menyembunyikan poni Oppo tersebut bisa membuat pengalaman menggunakan ponsel jadi lebih baik.

Termasuk ketika menonton video secara penuh, notch atau poni tidak akan menutupi bagian samping. Layar tidak terganggu dengan kamera yang menonjol seperti halnya menggunakan ponsel dalam mode layar penuh. Bagaimana cara melakukannya di ponsel Oppo? Droidinside kasih tipsnya.

Cara Menyembunyikan Poni Oppo Tanpa Aplikasi

Dengan kita menyembunyikan notch hp Oppo, berarti layar akan menjadi terpotong menyesuaikan kondisi tanpa poni. Sepanjang bagian notch dari kanan ke kiri akan menjadi berwarna hitam dan tidak bisa disentuh. Mode ini membuat ponsel Oppo mengubah ikon notifikasi yang awalnya kepotong bisa jadi lebih full dari sebelah kanan ke kiri. Berikut ini beberapa cara sesuai dengan berbagai tipe ponsel Oppo:

Melalui Pengaturan Layar Dan Kecerahan

Untuk ponsel Oppo A3s, A5s, A7, F7, F9, A71, Oppo F1s Selfie Expert dan sejenisnya menggunakan tutorial ini. Tepatnya untuk sistem operasi Android Lollipop – Oreo dimana biasanya ponsel ini lahir di tahun 2018-2019. Kamu bisa tetapkan cara menyembunyikan poni Oppo ini dengan:

  • Buka menu Pengaturan (atau klik tombol Gear, saat akses cepat dibuka dengan usap layar dari atas ke tengah)
  • Pilih menu Layar Dan Kecerahan
  • Klik Tampilan Apli Dalam Layar Penuh
  • Klik Kontrol Tampilan Area Takik
  • Klik tombol pada sebuah aplikasi yang diinginkan menjadi aktif
  • Aplikasi tersebut akan dibuka dalam kondisi notch disembunyikan
cara menyembunyikan notch hp oppo

Jadi kalau untuk ponsel Oppo kategori jadul. Untuk menyembunyikan notch atau poni itu per aplikasi ya. Bisa kamu buka melalui pengaturan di atas. Jika kamu bermain game, aktifkan untuk game tersebut sehingga ketika dibuka tampilannya akan menyembunyikan poni.

Melalui Pengaturan Aplikasi Langsung

Untuk ponsel Oppo yang lebih baru, setidaknya memiliki sistem operasi Android 10 atau keluaran tahun 2020 dan lebih muda. Kamu bisa setting atau cara menghilangkan notch tanpa aplikasi hanya dengan melalui pengaturan per aplikasi. Langkah untuk melakukannya yaitu:

  • Di layar beranda
  • Tekan dan tahan aplikasi yang diinginkan
  • Pilih Info Aplik (Info Aplikasi)
  • Klik Penampilan Kamera Depan
  • Pilih Sembunyikan Kamera Depan (Tampilkan Aplikasi Di Layar Penuh)
cara menghilangkan poni oppo

Kamu juga bisa membuka Pengaturan lalu memilih menu untuk menampilkan semua aplikasi yang telah terpasang/ terinstal. Selanjutnya, pilih aplikasi yang akan diaktifkan dalam mode notch tersembunyi saat dibuka. Pengaturan aplikasi pada gambar tersebut akan muncul. Kamu bisa langsung memilih untuk menyembunyikan kamera depan saat aplikasi aktif.

Kelemahan di hp Oppo ini adalah tidak penuh dalam memotong layar poni pada model kamera Punch Hole. Cara menyembunyikan poni Oppo ini kayaknya gak terlalu didukung deh sama developer, makanya untuk jenis ponsel dengan kamera Punch Hole itu cuma separuh yang terpotong,

Penutup

Itulah 2 cara menyembunyikan poni Oppo dari pengaturan langsung tanpa aplikasi tambahan. Secara umum baru 2 cara itu aja sih yang bisa dipake untuk sembunyikan notch. Namun si hp Oppo ini kayak kurang baik dalam menyembunyikan notch yang model kamera Punch Hole (tanpa poni dengan lubang kamera). Tidak seperti Xiaomi yang benar-benar menutup kamera saat notch disembunyikan.

Kamu mungkin menemukan berbagai cara menyembunyikan poni Oppo dengan aplikasi. Cara ini bukanlah untuk menyembunyikan poni. Akan tetapi hanya menghitamkan layar bagian atas yang ada bar sinyal dan baterainya. Pake cara tersebut sudah pasti memunculkan iklan di aplikasi dan lebih ribet karena harus aktifkan perizinan aplikasi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.