Cara Menonaktifkan Talkback Oppo yang Terkunci

  • Android
  • Jun 06, 2023

Apakah Anda memiliki perangkat Oppo yang terkunci dan sulit untuk menonaktifkan fitur Talkback? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menonaktifkan Talkback Oppo yang terkunci. Fitur Talkback dirancang untuk membantu pengguna dengan gangguan penglihatan atau membutuhkan bantuan audio dalam berinteraksi dengan perangkat mereka. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami kesulitan ketika Talkback terkunci dan sulit untuk dimatikan. Berikut adalah langkah-langkah yang akan membantu Anda menonaktifkan Talkback Oppo dengan mudah dan cepat.

Apa itu Talkback Oppo?

Mode Buta / Talkback adalah fitur aksesibilitas yang disediakan oleh Oppo pada perangkat Android mereka. Ini adalah fitur yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dengan gangguan penglihatan atau pengguna yang memerlukan bantuan audio dalam berinteraksi dengan perangkat mereka. Talkback menyediakan umpan balik suara untuk tindakan yang dilakukan pengguna di layar, seperti membaca teks, menavigasi antarmuka, dan memilih elemen.

Menonaktifkan Talkback Oppo yang Terkunci

Untuk mematikan mode buta sangatlah berbeda ketika kamu menggunakan ponsel dengan penglihatan normal, kalian harus tahu cara penggunaan ketika talkback atau mode buta aktif.

Fitur / OpsiMode NormalMode Buta
Menjalankan / membuka Aplikasi1 ketuk2 ketuk
Membuka pola paternGeser cepatPelan-pelan dari titik ke titik lain
Swipe / Geser1 Jari2 Jari

Jika kalian sudah paham cara penggunaan ponsel kalian ketika mode buta atau talkback aktif. Sekarang tinggal eksekusi untuk menonaktifkannya.

Langkah Membuka kunci saat dalam mode talkback aktif:

Langkah Membuka kunci saat dalam mode talkback aktif
  1. Swipe dua jari dari bawah ke atas
  2. Sampai muncul pin patern ponsel
  3. Buka perlahan dari titik satu ke titik yang lain.

Cara Mematikan Mode Buta di OPPO Melalui Pengaturan

Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan dengan mudah untuk ponsel seri OPPO, hampir semua seri di oppo bisa menggunakan metode ini, ikuti langkah-langkah berikut ini. Tetapi sebelum langkah-langkah selanjutnya pastikan kalian paham cara operasional saat mode buta aktif. Kamu bisa membacanya diatas.

Cara Mematikan Mode Buta di OPPO Melalui Pengaturan
  1. Buka dahulu kunci ponsel dengan cara diatas
  2. Buka pengaturan dengan tap 2x, jangan lupa untuk swipe harus menggunakan 2 jari
  3. Pilih Pengaturan tambahan (tap 2x)
  4. Lalu pilih aksesibilitas
  5. Pilih Penglihatan
  6. Pilih Talkback
  7. Nonaktifkan dengan tap 2x
  8. Kemudian pilih berhenti

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Melalui pintasan

Ada satu lagi metode cepat yang bisa kalian lakukan untuk menonaktifkan talkback dengan sangat cepat, yaitu dengan cara panduan di bawah ini :

menonaktifkan talkback melalui pintasan
  • Tekan Tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan, kemudian tahan sampai tiga detik
  • Abaikan jika muncul Aktifkan pintasan Talkback (kotak hijau gambar samping kiri)
  • Tahan terus sampai muncul notifikasi seperti gambar di samping kanan yaitu notifikasi “Tombol volume ditahan. Talkback dinonaktifkan

FAQ

Apakah saya dapat mengaktifkan kembali Talkback jika saya ingin menggunakannya?

Ya, Anda dapat mengaktifkan kembali Talkback dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dalam pengaturan aksesibilitas. Cari opsi “Talkback” dan ketuk tombol ON/OFF untuk mengaktifkannya kembali.

Apakah Talkback hanya tersedia di perangkat Oppo?

Tidak, fitur Talkback tersedia di sebagian besar perangkat Android, termasuk Oppo. Namun, nama dan letak opsi pengaturan mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android dan antarmuka pengguna.

Apakah Talkback mempengaruhi kinerja perangkat?

Talkback berjalan di latar belakang dan menggunakan sedikit sumber daya perangkat. Namun, jika Anda tidak memerlukan fitur ini, menonaktifkannya dapat memperpanjang masa pakai baterai dan mencegah aktivasi Talkback secara tidak sengaja.

Apakah ada alternatif untuk Talkback?

Ya, ada beberapa alternatif lain yang dapat digunakan sebagai gantinya, seperti Voice Assistant Google atau aplikasi aksesibilitas pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Anda dapat mencoba beberapa aplikasi dan memilih yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Penutup

Dalam kesimpulan, menonaktifkan Talkback Oppo yang terkunci tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Meskipun fitur Talkback sangat membantu untuk pengguna dengan kebutuhan khusus, ada saat-saat di mana pengguna ingin menonaktifkannya. Dengan panduan lengkap yang telah kami berikan di artikel ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk melakukannya. Ingatlah untuk selalu mengikuti instruksi dengan hati-hati dan jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari sumber yang kompeten. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menavigasi dan mengoptimalkan penggunaan perangkat Oppo Anda tanpa hambatan Talkback yang terkunci.

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments