Cara Menjadi Blogger Sukses untuk Pemula

  • Mimin Droid
  • Mar 12, 2022

Droidinside di tahun 2016 adalah blog yang belum ada visitornya, ada yang komentar 1 atau ada pengunjung organiknya sehari 10 orang saja sudah senengnya minta ampun. Sekarang droidinside sudah berkembang lebih dari perkiraan admin sendiri. Nah daripada disimpan sendiri akhirnya mimin droidinside memberanikan diri untuk berbagi pengalaman bagaimana sih cara menjadi blogger yang tergolong sukses untuk tahap pemula.

Cara Menjadi Blogger Sukses untuk Pemula

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memulai menjadi blogger yang sukses, tapi mimin sedikit informasi rahasia “droidinside tidak pernah membeli atau membayar jasa optimasi website, semuanya murni ketikan admin droidinside” Lalu apa saja yang rahasianya, berikut mimin jelaskan.

Memilih Niche/Topik Tujuan

Memilih topik atau niche blog anda adalah langkah awal yang menjadi point penting untuk menuju kesuksesan blog anda. Keberhasilan blog kamu sangat tergantung pada point ini, jika kamu hanya menulis semua tentang apa yang berada di pikiran kamu atau pikiran mereka, itu bukanlah satu strategi yang bagus, sebagai blogger pemula anda harus fokus ke satu topik yang harus kamu bangun secara serius.

Memahami Topik

Topik atau niche yang kamu bangun bagusnya adalah topik yang benar-benar kamu pahami, sehingga jika paham apa yang sedang dibahas, apa yang sedang hits, jadi kamu tidak perlu mengada-ada tulisan yang sebenarnya kamu tidak pahami.

Sesuaikan Topik dengan Hobi

Topik yang sesuai dengan hobi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu memulai menjadi blogger yang baik, kamu juga tidak perlu memikirkan nanti ide apa yang bakal diusung, kamu tinggal menyesuaikan apa yang ada di kepalamu saja, terus mengalir, tanpa harus kamu mencari ide yang lain.

Jika kamu kehabisan ide, kamu bisa menulis kegiatan yang sedang kamu lakukan, tentunya masih ada benang merahnya dengan topik di website kamu, jadi website kamu bisa tergolong unik di mata google

Saran Topik Website

Namu Jika kamu memiliki wawasan yang luas dan memiliki banyak hobi, berikut adalah beberapa niche yang mungkin bisa kamu pilih atau bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu :

  • Makanan
  • Teknologi
  • Pemrograman
  • Crypto
  • Digital Marketing
  • Fashion
  • Wisata

Memilih Domain

Domain adalah nama dari website atau blog yang nantinya tampil di mesin pencarian termasuk google search, pemilihan domain juga menjadi hal yang penting untuk website kamu, contoh nama domain “sinergibisnis” kira-kira apa topik yang bakal di bawah jika nama domainmu seperti itu, pas pertama kali kamu bakal kepikiran nama yang pas untuk website dengan topik bisnis. Jadi memilih domain yang namanya sesuai dengan topik, itu membuat antara topik dan nama domain menjadi selaras.

Bayangkan dulu contoh nama domainnya droidinside tapi topik pembahasannya traveling, cocok tidak, ya nggak nyambung kan, yes harusnya kalian sudah paham di point ini.

Tips selanjutnya, jika kamu sudah memilih nama domain yang pas untuk website kamu, maka saran saya usahakan kamu memiliki cadangan nama domain lainnya, untuk jaga-jaga jika nama domain tersebut sudah digunakan.

cara cek domain

Cara mengeceknya domain digunakan atau belum kalian bisa menggunakan cara dibawah ini, saya menggunakan sampel dari website niagahoster :

  • Buka website niagahoster
  • Pilih Domain (ada di menu atas)
  • Masukkan nama domain yang ingin kamu gunakan
  • Contoh saya masukkan droidinside
  • Nanti akan muncul “Mohon maaf, domain tidak tersedia”
  • Nah di bawahnya akan muncul rekomendasi ekstensi lainnya
  • Kamu bisa memilih ekstensi lainnya seperti .id/.net
  • Kamu juga berganti domain lagi sesuai cadangan domain kamu

Menentukan Hosting

Setelah memilih domain, kalian tinggal memilih mau hosting dimana, bisa blogspot gratisan dengan custom domain, Shared Hosting, VPS Server, Cloud Hosting dsb.

Membuat Konten/Artikel yang Menarik

Terlepas dari SEO, mimin droidinside jarang sekali menerapkan apa itu yang namanya optimasi, hampir 90% artikel dari droidinside adalah curhatan dari admin, dan solusi kegundahan pengguna ponsel android lalu di curahkan lewat artikel, contoh saja di grup ada yang curhat tentang masalah volume naik turun xiaomi, maka admin mencari solusinya dan menulisnya di website.

Belajar SEO

Belajar SEO tidak kalah penting untuk memajukan website kamu, teknik onpage dan offpage. tapi perlu diingat juga, kamu harus mencari referensi dulu sebelum belajar SEO, kamu harus melihat background dari orang yang bakal kamu jadikan mentor, ini sangat penting, supaya kamu tidak terjerumus salah tempat.

Kesimpulan

Dengan memulai langkah-langkah dari atas hingga akhir, kalian sudah selangkah menuju kesuksesan menjadi blogger, oh iya salah ada yang kelupaan, jangan lupa selalu konsisten dalam membuat artikel, tidak harus satu hari 5 artikel, kalian mulai dari 1 artikel dalam satu hari, salam blogger dari droidinside.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.