Cara Meningkatkan Akurasi GPS Hp

  • Droidinside
  • Mar 04, 2022

Beberapa orang seperti ojek online membutuhkan cara meningkatkan akurasi GPS hp salah satunya pada ponsel android mereka. Ketika lokasi lebih akurat, maka kita tidak akan tersesat ketika menuju ke sebuah tempat di peta. Fitur lokasi atau GPS sebagai salah satu teknologi yang membantu kehidupan kita. Namun dibutuhkan tingkat keakuratannya yang tinggi untuk bisa mengetahui secara persis lokasi kita saat itu.

Manfaat lain apabila GPS kita akurat, akan memudahkan saat berbagi lokasi dengan orang lain. Berhubungan dengan survei dalam penelitian, keakuratan lokasi pada ponsel juga sangat berguna menentukan titik-titik lokasi untuk dianalisis. Bagaimana cara agar lokasi/GPS ponsel punya keakuratan yang lebih tinggi? Droidinside berikan tipsnya.

Cara Meningkatkan Akurasi GPS Hp Android

Aplikasi yang sering menggunakan lokasi yaitu Google Maps. Saat ponsel kita lokasinya sedang tidak akurat, kita perlu melakukan kalibrasi dengan mengayunkan hp membentuk angka 8. Ya ini adalah fitur yang mendeteksi bahwa kompas dan lokasi sedang tidak akurat. Notifikasi tersebut muncul sebagai cara meningkatkan akurasi GPS hp yang paling umum. Berikut ini ada tips lain yang bisa kamu lakukan:

1. Berada Diluar Ruangan

Seketika, sinyal satelit akan lebih mudah ditangkap oleh ponsel. Hp akan mengumpulkan informasi dari penerima sinyal GPS, kemudian menggabungkan dengan data seluler untuk menentukan lokasi yang lebih akurat. Karena di dalam ruangan, kedua sinyal bisa terhalang oleh bangunan. Kamu juga bisa mencoba ke sebuah tempat tanpa penghalang di langit-langitnya. Hal ini juga sama menguntungkan GPS bisa menjadi lebih akurat. Adapun kalau berada di tempat tertutup dan dikelilingi gedung tinggi, kita bisa mengandalkan koneksi internet yang bagus.

2. Kalibrasi Kompas

Jika kita menggunakan Google Maps, kita bisa memunculkan setelan kalibrasi kompas sebagai cara meningkatkan akurasi GPS hp dengan langkah:

  • Buka aplikasi Maps
  • Aktifkan Lokasi/GPS
  • Klik gambar GPS pada aplikasi Maps untuk menuju lokasi kamu saat ini
  • Klik lingkaran biru
  • Pilih menu Kalibrasikan Kompas
  • Putar dan ayunkan ponsel sesuai petunjuk gambar
  • Klik Selesai jika sudah tinggi
kalibrasi gps di maps

3. Setel Akurasi Tinggi Lokasi

Untuk ponsel lawas dengan versi dibawah Android 9, umumnya masih ada pengaturan keakuratan lokasi ponsel dengan pilihan: akurasi tinggi, hemat daya, dan hanya perangkat. Bukalah setelan GPS/Lokasi ponsel, ubah Mode pada ponsel menjadi Akurasi Tinggi. Ponsel akan menggunakan koneksi data dan GPS secara simultan namun konsumsi baterai lebih banyak untuk meningkatkan keakuratan lokasi.

Adapun untuk ponsel dengan sistem operasi Android 9 keatas, 3 setelan tersebut kini sudah tidak ada. Digantikan dengan hanya satu setelan saja. Jadi untuk cara meningkatkan akurasi GPS hp yang tergolong baru yaitu:

  • Buka Setelan/Pengaturan
  • Pilih menu Lokasi/GPS
  • Klik menu Akurasi Lokasi Google
  • Aktifkan Tingkatkan Keakuratan Lokasi
  • Secara otomatis, ketika Maps digunakan akan meningkatkan lokasi menjadi akurat

4. Matikan Mode Hemat Daya Untuk Aplikasi Dengan Akses Lokasi

Google Maps, Gojek, Grab dan aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan lokasi saat dioperasikan jangan sampai diatur untuk menghemat daya. Karena ketika diaktifkan, kemungkinan akses terhadap lokasi akan berkurang akurasinya. Jadi kamu bisa menonaktifkan mode hemat daya, mode hemat baterai, atau pembatasan penggunaan baterai, penghemat baterai pada pengaturan aplikasi yang membutuhkan GPS. Jangan lupa untuk mematikan mode hemat daya, hemat daya tinggi, mode daya rendah yang berfungsi untuk menghemat baterai. Agar kemampuan lokasi tidak diturunkan akibat baterai dihemat.

5. Aktifkan Paksa GNSS Penuh

Dalam setelan Opsi Pengembang atau Developer Options, ada setelan GNSS yang sangat berguna sebagai cara meningkatkan akurasi GPS hp android. Pastikan kamu sudah mengaktifkan Developer Options di ponsel. Kemudian pilih menu Force Full GNSS Measurements untuk diaktifkan. Maka penerimaan sinyal GPS akan ditingkatkan namun berdampak pada penggunaan baterai yang lebih boros.

Penutup

Itulah beberapa cara meningkatkan akurasi GPS hp android yang bisa kamu lakukan sendiri di ponsel. Konsekuensi dari setelan diatas mungkin akan memengaruhi penggunaan baterai menjadi lebih boros. Ya benar sekali, ponsel akan menggunakan lebih banyak daya agar bisa lebih baik dalam penentuan lokasi. Namun perlu kamu ingat, bahwa kemampuan GPS ponsel tidak sebaik peralatan GPS khusus seperti Garmin dan sejenisnya. Setidaknya batas tolerasi keakuratan lokasi pada ponsel sekitar 110 meter atau lebih tinggi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.