Cara Menghilangkan Shadow Di HP Samsung Mudah

  • Droidinside
  • Apr 25, 2022

Salah satu cara menghilangkan Shadow di hp Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Tapi mungkin Droidinside punya cara lain pake pengaturan di ponsel Samsung sendiri untuk mengembalikan layar yang berbayang atau ada Shadow-nya tersebut.

Ponsel Samsung merupakan merek yang terkenal menggunakan layar tipe Amoled. Beneran bikin mata ngelihatnya seger pake jenis layar yang tergolong mahal. Tapi kelemahannya yaitu merawatnya gak bisa se bar-bar layar biasa (IPS). Makanya layar jenis ini bisa mudah terkena penyakit Shadow atau istilahnya burn in.

Jadi layarnya itu kayak ada bagian yang ketinggalan (berbekas). Contohnya gambar baterai, tulisan aplikasi, tombol dan ikon aplikasi yang tetap muncul tapi abu-abu. Kondisi ini semakin lama jika dibiarkan akan semakin parah. Bayangan akan semakin jelas disertai dengan garis-garis guratan. Maka dari itu, kamu perlu cari tahu cara menghilangkan Shadow di hp Samsung ini termasuk pencegahannya. Bagaimanakah tips dari admin?

Cara Menghilangkan Shadow Di HP Samsung

Untuk dapat mengembalikan tampilan layar yang mengalami Shadow itu gak gampang. Semakin parah bayangan yang dihasilkan, berarti semakin lama ponsel tersebut menampilkan gambar yang sama pula. Penggunaan aplikasi yang sama dan ikon di layar yang tidak pernah divariasikan secara terus menerus merupakan penyebab terjadinya masalah ini. Hal tersebut juga membuat hp Samsung bisa berubah warna (seperti hitam tapi malah abu-abu) semakin parah. Maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengatasinya.

memperbaiki layar shadow samsung

Sebagian tutorialnya adalah memposisikan gambar di layar namun terus bergerak atau berubah warna. Sehingga bagian layar Amoled atau LCD yang berbayang menampilkan gambar yang tertinggal. Menjadi pudar atau kembali ke posisi awal normal. Berikut ini beberapa cara menghilangkan Shadow di hp Samsung:

Mainkan Video Frozen Pixel Fix Di Youtube

Tanpa instal aplikasi tambahan, menggunakan aplikasi pada sistem yang sudah ada. Kamu bisa mengembalikan tampilan layar yang berbayang. Kamu hanya perlu kuota dan waktu senggang saja untuk melakukan hal ini. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Youtube
  • Klik pencarian
  • Masukkan kata kunci: Frozen Pixel Fix
  • Pilih salah satu video yang warna-warni
  • Ubah kualitas ke paling tinggi dengan layar penuh
  • Mainkan video setidaknya 30 menit hingga 1 jam
  • Lakukan 2x sehari dengan kondisi suhu ponsel yang terjaga (tidak panas)

Meskipun cara ini memang tidak 100% berhasil, namun banyak juga yang merasakan manfaat dari video yang memunculkan tampilan layar berwarna warni tersebut. Layar akan terus dibiasakan untuk menampilkan warna yang beragam. Sehingga kalau ada bayangan/warna tertentu yang tertinggal, lama-lama akan pudar lalu normal kembali.

Menggunakan Aplikasi OLED Tools

Aplikasi ini bisa jadi rekomendasi dipake untuk cara menghilangkan Shadow di hp Samsung. Karena gak cuma berfungsi kayak tutorial diatas (fix warna) tapi juga bisa mengecek adanya Screen Burn In atau berbayang (Shadow). Cara menggunakan aplikasi ini yaitu:

  • Buka Play Store, klik pencarian OLED Tools
  • Instal OLED Tools
  • Setelah selesai, buka aplikasi
  • Pilih menu BURN-IN TEST (untuk mengetahui apakah benar berbayang pada warna tertentu)
  • Jika sudah, pilih menu BURN-IN REDUCE
  • Lakukan perbaikan layar ini setidaknya 2x sehari dengan durasi 30 – 60 menit untuk hasil maksimal

Selain untuk mengatasi atau memperbaiki layar shadow Samsung, aplikasi ini juga menyediakan Motion Blur Test. Untuk mengecek kedipan warna yang masih tertinggal pada layar. Disertakan juga untuk Fixnya pada aplikasi tersebut.

Menggunakan Aplikasi sFilter

Aplikasi ini juga bisa kamu instal dari Play Store untuk cara menghilangkan Shadow di hp Samsung. Layar burn-in Samsung yang terjadi dapat diatasi dengan mekanisme aplikasi. Yaitu dengan mengubah layar menjadi kuning (seperti mode baca), namun dengan pilihan warna tertentu. Setelah kamu instal, ubah Filter Opacity diantara 20% – 40%. Klik pada Color dan berganti-ganti warna filter tersebut secara bergantian setidaknya 2x sehari.

Aplikasi ini akan memfilter warna tertentu layaknya mode baca yang kekuningan. Dengan berganti-ganti filter, maka bisa dipastikan ponsel Samsung yang mengalami burn in bisa pulih kembali kalau belum parah.

Penutup

Jika kerusakan atau error pada tampilan layar ponsel tersebut, maka cara-cara diatas tidak bisa lagi berefek apapun. Kalau umur hp nya udah tua maka sekalian aja, cara menghilangkan Shadow di hp Samsung yaitu mengganti layarnya. Siapkan kocek agak dalam untuk layar jenis Amolednya ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.