Cara Menghemat Baterai iPhone Mudah

  • Droidinside
  • Des 22, 2021

Meskipun kapasitas makin tinggi, cara menghemat baterai iPhone masih tetap dibutuhkan. Meskipun generasi iPhone semakin baru menunjukkan kapasitas yang meningkat. Menghemat daya bertujuan untuk mengurangi jumlah pengisian, karena ini berhubungan dengan Life Cycle baterai. Semakin banyak/sering baterai dicas maka akan menurun kemampuan menyimpan daya.

Jadi dengan kamu menghemat penggunaan baterai ponsel iPhone. Berarti sama saja menjaga keawetan baterai ponsel. Droidinside memberikan tips untuk kamu dalam memperpanjang penggunaan baterai ponsel dengan logo apel tergigit ini.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Sering dijuluki dengan sahabat PLN, sebenarnya nggak fair juga sih si iPhone ini. Karena mereka gak menggunakan cara-cara penghematan baterai dibawah ini supaya tidak boros. Dibawah ini admin berikan cara dalam menghemat baterai untuk iPhone 7, 8, 9 hingga yang paling baru menggunakan iOS 14 dan juga untuk iPad.

Selalu Up To Date

Jika ada pembaruan iOS, sebaiknya kamu segera menyediakan waktu untuk menginstalnya. Salah satu penyebab mengapa baterai menjadi boros adalah bug pada firmware dan juga pada aplikasi bawaan. Memperbarui versi iOS berarti menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penggunaan baterai oleh sistem. Karena pembaruan membawa fix terhadap bug yang ada. Buka menu General – Software Update untuk mendapatkannya.

Hidupkan Mode Hemat Daya

Aktifkan melalui Settings – Battery – Low Power Mode. Ketika diaktifkan, sistem akan memilih menghemat baterai daripada menggunakan performa. Sehingga menekan jumlah konsumsi daya. Saat mode ini aktif; aplikasi berjalan di latar belakang dimatikan, efek layar dikurangi, dan kecerahan layar diubah jadi lebih hemat baterai.

Sebisa Mungkin Menggunakan Wifi

Cara menghemat baterai iPhone adalah dengan menggunakan koneksi Wifi. Cara ini juga gak beda jauh buat ponsel Android biasa. Koneksi data internet dari kartu SIM menggunakan daya yang lebih tinggi daripada Wifi. Jadi dengan menggunakan koneksi ini, data seluler dan baterai dapat dihemat.

Hidupkan Dark Mode

Mode gelap mungkin dikira hanya mitos dapat menghemat baterai. Tapi faktanya mode ini sangat worth it untuk layar ponsel bertipe Oled atau Amoled yang dipakai iPhone. Karena warna hitam/gelap pada layar tidak membutuhkan daya baterai. Sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

Menjaga Suhu iPhone Tidak Terlalu Panas

Suhu panas merupakan musuh dari baterai karena sel-selnya bisa rusak akibat suhu berlebih. Suhu tinggi bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Sehingga untuk cara menghemat baterai iPhone lewat menjaganya tetap dingin diantaranya:

  • Tidak bermain game/aplikasi berat berlebihan dan menonton video kualitas tinggi untuk waktu yang lama
  • Melepas Case saat diisi daya
  • Memperhatikan suhu ruangan saat Wireless Charging
  • Tidak menggunakan dibawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lama

Secara umum sistem akan menunjukkan pesan “Temperature” iPhone needs to cool down before you can use it. Menandakan kamu harus mendinginkan ponsel ini dengan berbagai langkah logis. Baterai yang sering kepanasan pasti cepet habis karena kerusakan sel. Untuk itu hindarilah panas.

Mematikan Aplikasi Latar Belakang

Background Apps merupakan aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan pemilik ponsel. Aplikasi ini seringkali memakan baterai. Sehingga cara menghemat baterai iPhone adalah membuka Settings – General – Background App Refresh – Klik pada aplikasi yang tidak diizinkan berjalan dilatar belakang. Tapi untuk aplikasi sosial media seperti Whatsapp dan Telegram jangan, karena dapat mengurangi notifikasi pesan yang muncul.

Menonaktifkan Lokasi

Di iPhone kamu bisa menentukan batas penggunaan lokasi pada aplikasi tertentu di iOS 13 atau lebih baru. Yaitu dengan membuka Settings – Privacy – Location Services lalu ubah pengaturan ke tidak pernah atau hanya saat aplikasi menggunakan lokasi. Kalau versi iOS yang lebih lawas, matikan aja layanan lokasi jika tidak digunakan. Lokasi menguras baterai karena harus mengambil sinyal GPS dipadu dengan koneksi internet.

Gunakan Mode Pesawat Saat Sinyal Sulit Dan Kondisi Tertentu

Jika kamu full kegiatan menggunakan koneksi internet melalui Wifi. Bisa kok sambil mematikan fungsi kartu SIM dengan mode pesawat. Akan menambah masa pakai baterai sebelum diisi lagi, karena data seluler dan sinyal kartu dimatikan. Begitu pula saat sinyal sulit, cara menghemat baterai iPhone dan iPad adalah Airplane mode. Agar ponsel tidak bekerja ekstra menangkap sinyal dengan mengorbankan baterai.

Maksimalkan Fitur Baterai Pada Pengaturan

Bukalah Settings – Battery, kamu akan menemukan berbagai informasi tentang penggunaan baterai. Cek pada Battery Health untuk mengetahui kesehatan atau kapasitas maksimal baterai. Di menu yang sama, aktifkan Optimized Battery Charging. Fitur ini akan mempelajari pola pengecasan yang kamu lakukan sehingga menyehatkan baterai dengan tidak mengurangi umur baterai. Kamu bisa menunggu hingga pengisian daya lebih dari 80% untuk bisa digunakan kembali.

Pada menu baterai tersebut, kamu juga bisa melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan daya. Aplikasi yang memakan daya banyak tapi tidak pernah digunakan bisa dihapus. Untuk aplikasi penting, kurangi frekuensi penggunaannya sebagai cara menghemat baterai iPhone yang cukup mudah.

Menentukan Setelan Surel

Kamu juga perlu memperhatikan Fetch Data pada aplikasi Email (surat elektronik). Karena disetel untuk memperbarui dalam beberapa waktu sekali. Buka Settings – Mail – Account – Fetch New Data untuk cara menghemat baterai iPhone. Ubah jadi manual semua, sehingga hanya ketika kamu membuka Mail, pesan surel baru akan masuk.

Tambahan Cara Menghemat Baterai iPhone Dan iPad

Berikut ini admin kasih poin-poinnya aja. Biar bisa langsung dieksekusi sama kamu yang udah ngerti:

  • Mengurangi/mematikan notifikasi aplikasi baik di layar kunci juga
  • Tidak menutup aplikasi
  • Menghapus aplikasi tidak berguna
  • Mematikan AirDrop
  • Mematikan Raise to Wake
  • Ubah Autolock menjadi lebih singkat
  • Menggunakan kecerahan dibawah 50%
  • Gunakan Safari (karena Chrome makan banyak baterai)
  • Mereset Apple Watch
  • Meletakkan iPhone terbalik, agar tidak memunculkan notifikasi
  • Mematikan getar dan System Haptics
  • Matikan Fitness Tracking
  • Matikan Analytics (Settings – Privacy – Analytics & Improvements)
  • Matikan Hey Siri
  • Tidak menggunakan flash yang sangat terang

Post Terkait :

2 thoughts on “Cara Menghemat Baterai iPhone Mudah

  1. Ubah Autolock menjadi lebih singkat

    ini efektif banget
    istriku pernah setting ga autolock
    malem masih 90%, pagi udah 1% baterainya
    gila banget borosnya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.