Cara menghemat baterai hp xiaomi

  • Mimin Droid
  • Mar 14, 2022

Cara menghemat baterai hp xiaomi – Baterai pada ponsel android merupakan salah satu point inti dalam ponsel android itu sendiri, kalau laptop tanpa baterai, masih bisa berjalan normal walau baterainya dilepas, berbeda dengan android, jika baterai sudah drop, maka dari segi performa dan fiturnya mungkin sebagian tidak bisa digunakan

Ponsel android Xiaomi menurut mimin adalah salah satu pelopor baterai badak, dari pesaing-pesain di Indonesia, brand Xiaomi selalu memberikan kapasitas baterai yang diatas rata-rata, selain itu fitur fast charging di beberapa tipe Xiaomi merupakan nilai tambah juga untuk penggemar setia Xiaomi / Mi Fans

Mempunyai baterai besar juga menjadi nilai plus bagi ponsel kamu, tapi merawatnya juga sangatlah penting supaya baterai kamu bisa bertahan lama, dan tidak harus replace baterai baru. Berikut droidinside bakal share cara agar baterai tahan lama tanpa aplikasi.

Cara menghemat baterai hp xiaomi

Berikut adalah beberapa cara menghemat baterai hp xiaomi tanpa aplikasi yang bisa kalian terapkan di ponsel android kamu, khususnya untuk ponsel android merk Xiaomi ya :

setting kecerahan otomatis

Setting Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai hp xiaomi pertama adalah setting kecerahan layar pada ponsel android kamu, di point ini adalah semakin cerah tampilan layar kamu, maka semakin besar pula daya yang harus dikeluarkan oleh baterai ponsel kamu, begitu pula sebaliknya, jika kamu meminimalkan kecerahan layar, maka semakin rendah pula daya konsumsi baterai android kamu, mimin terbiasa setting secara manual untuk kecerahan ponsel android mimin yang redmi 5a, jika pas gelap ya tinggal gedein kecerahaannya, tapi jika kamu nggak mau ribet kamu bisa mengaktifkan fitur kecerahan otomatis, jadi kecerahannya akan otomatis menyesuaikan dengan sinar yang diterima ponsel android kamu.

Mematikan Screen Saver

Screen saver yang gerak-gerak seperti bubble gelembung-gelembung mantul-mantul memang bikin ponsel kamu terlihat lebih menarik, tapi! Semakin banyak fitur proses yang berjalan di belakang layar, maka itu juga bakal menguras daya baterai kamu, untuk point ini kamu harus mematikannya jika ingin menghemat baterai xiaomi kamu. nah itu Cara menghemat baterai hp xiaomi point kedua

Mengaktifkan Fitur Sleep Display

Fitur Sleep display ini mungkin belum kamu kenali, tapi sebenarnya fitur ini sudah ada di ponsel xiaomi kamu, jadi fungsi dari fitur ini adalah fitur sleep mirip seperti sleep laptop kamu, tapi kamu harus mengatur kapan ponsel xiaomi kamu berada dalam mode sleep.

Mengaktifkan Power ON/OFF

Cara menghemat baterai hp xiaomi keempat – Fitur ini adalah salah satu fitur yang sangat mimin sukai, dengan fitur ini mimin selalu gunakan, fungsinya adalah menghidupkan dan mematikan ponsel secara otomatis jika kamu setting secara benar. Contoh mimin biasa setting off ponsel di jam 11 malam, dan auto nyala lagi jam 7 pagi. Fitur ini juga bisa istirahatkan ponsel kamu.

Mematikan Suara

Silent juga merupakan salah satu cara untuk menghemat baterai kamu, tapi dengan fitur ini kamu bakal jarang mendengar nada dering, jika kamu mematikan semua dering dan getar, maka kamu benar-benar tidak tahu notifikasi yang ada di ponsel kamu, kecuali pas kamu membuka ponsel android kamu. Tapi mode getar saja menjadi salah satu alternatif selain mode suara bukan :v

Matikan notifikasi yang tidak penting :

Jika ponsel kamu banyak aplikasi toko online atau digital money, maka kamu akan sering mendapatkan notifikasi yang mengganggu halaman depan kamu, maka mimin sarankan matikan notifikasi yang tidak penting di ponsel kamu, karena ini juga bakal menguras daya baterai ponsel kamu.

Matikan GPS, Bluetooth dan Wifi

Jika kamu hanya menggunakan paket data saja, maka mimin sarankan juga untuk mematikan fitur GPS, Wifi dan Bluetooth, gunakan 3 fitur tersebut jika ingin digunakan saja, jika tidak digunakan sebaiknya tidak usah dihidupkan, karena salah satu penguras baterai juga.

Tetapi beda lagi jika kamu adalah seorang gojek, atau numpang wifi orang, atau mendengarkan musik dengan musik bluetooth.

Aktifkan Power Saving

Di ponsel mimin pribadi sudah di setting auto power saving jika baterai 30%, fitur ini adalah mematikan beberapa fitur yang berjalan di ponsel yang berguna untuk memangkas kinerja dari ponsel tersebut, saran mimin gunakan pas darurat atau pas baterai kamu sudah diambang batas, jangan gunakan fitur ini pas kamu menggunakan aplikasi berat atau sedang bermain game dengan grafis tinggi.

Hapus aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi atau APK pada android yang tidak diperlukan sebaiknya dihapus saja, karena sebagian besar aplikasi yang kamu install, itu juga berjalan di belakang layar, jadi hapus atau uninstall jika tidak diperlukan.

Bersihkan file

Membersihkan file sampah menjadi salah satu cara menghemat baterai hp xiaomi, dengan cara ini kamu juga membuat kinerja dari ponsel itu sendiri menjadi ringan, dan menyebabkan daya yang dikuras tidak terlalu banyak.

Matikan atau auto close aplikasi

Jika kamu suka multitasking atau sering menghidupkan 2/3 aplikasi secara bersamaan, maka terkadang kamu lupa menutup aplikasi tersebut, padahal aplikasi tersebut masih berjalan di belakang layar, maka mimin ingatkan selalu tekan tombol recent untuk mengecek aplikasi apa saja yang masih berjalan di ponsel kamu.

Gunakan perangkat original

Cara menghemat baterai hp xiaomi terakhir – Ini juga menjadi faktor berpengaruh besar di ponsel kamu, makanya mimin jarang sekali numpang nge charge ke teman, saat baterai ponsel habis, mimin selalu membawa charger kemana-mana. Karena beda device beda juga besar daya dari charger itu sendiri, jadi jika terpaksa menggunakan charger orang lain, perhatikan daya yang di charger tersebut. usahakan dayanya sama dengan charger kamu, jika tidak mending tidak usah charger. karena beda daya akan berpengaruh di usia baterai kamu.

Tips Charging Ponsel Xiaomi

Berikut beberapa tips ngecharge/ngecas yang bisa kalian terapkan ala pengalaman mimin droidinside :

  • Gunakan Kabel dan charger original
  • Jangan terbiasa charge saat baterai 0%, selalu charge baterai pas masih 10% atau keatas.
  • Pas Charging jangan sambil dipakai apa2, kalau bisa dimatikan pas charging, atau di mode pesawat, jika ingin menggunakan, lepas saja charger dulu, jika sudah selesai menggunakan lalu charge lagi.
  • Jika tidak ada fitur auto cut saat baterai penuh, maka selalu cabut baterai jika sudah terisi 100%
  • Gunakan tema atau wallpaper gelap.

Aplikasi penghemat baterai xiaomi

Dari beberapa aplikasi yang mimin coba sebenarnya tidak ada yang terlalu bermanfaat, lebih baik mimin menggunakan fitur dari aplikasi lain, karena aplikasi penghemat baterai xiaomi itu isinya hampir sama dengan aplikasi pembersih sampah aplikasi yang menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Mimin sarankan sih hanya dengan menggunakan pembersih sampah dari bawaan xiaomi dan aplikasi Greenify, sudah bisa bekerja dengan baik, ketimbang menambah aplikasi lagi.Tapi ada beberapa aplikasi yang pernah mimin coba :

  • Power Baterry
  • Go Battery Saver
  • Battery Saver – Power Saver
  • Avast Battery Saver

Kode hemat baterai xiaomi

Sebenarnya bukan kode hemat baterai xiaomi, tapi mimin luruskan yaitu kode untuk mengetahui kesehatan dari ponsel xiaomi, kode dialnya silahkan ikuti panduan dibawah ini :

Kode hemat baterai
  • Masukkan kode dial *#*#64663*#*#
  • Lalu kamu akan masuk ke mode hardware test
  • Lalu Pilih Battery Indicator
  • Jika persentase sama dengan persentasi asli di atas, maka betarai tergolong normal
  • Kode dial kedua adalah *#*#4636#*#*
  • Pilih Battery info
  • Silahkan lihat informasi baterai yang ada.
kode untuk mengetahui kesehatan dari ponsel

Cara menghemat baterai hp xiaomi redmi 5a, redmi 6a, note 2, redmi 4x diterapkan di ponsel yang mimin sebutkan itu, karena mimin mantan dari beberapa ponsel tersebut, dan pernah menggunakannya, dalam sepanjang sejarah mimin, mimin juga belum pernah replace baterai di ponsel xiaomi.

Nah itu beberapa cara menghemat baterai hp xiaomi yang wajib Mi fans ketahui, jika ingin menghemat baterai dan menjaganya agar bisa bertahan lebih lama. Mimin tambahkan cara menghemat baterai hp xiaomi ini juga bisa diterapkan di layar IPS ataupun Amoled dan super amoled ya!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.