Cara Menggunakan Power Bank Pertama Kali

  • Mimin Droid
  • Jul 25, 2022

Ketika kamu baru membeli power bank yang baru, sepertinya kamu butuh cara menggunakan power bank pertama kali. Ya! Setidaknya kamu butuh pengetahuan saat menggunakan power bank tersebut dengan baik dan bijak.

Power bank dari namanya saja sudah bisa diartikan yaitu Power: Tenaga sedangkan Bank: bisa diartikan tempat, gudang penyimpanan. mimin simpulkan secara sederhana yaitu tempat penyimpanan tenaga atau daya.
Power Bank berfungsi sebagai penyimpan daya yang dapat digunakan untuk charging perangkat atau gadget kamu seperti ponsel, speaker, tablet dll.

Lalu! Apakah ada tips untuk cara menggunakan power bank pertama kali atau bagaimana cara menggunakan power bank untuk pertama kalinya! Simak di artikel berikut ini.

Cara Menggunakan PowerBank Pertama Kali

Cara Menggunakan Power Bank Pertama Kali

Tips cara menggunakan power bank pertama kali agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan dengan durasi yang lumayan lama ada triknya, simak ini!

Charger Hingga Penuh

Cara Menggunakan Power Bank Pertama Kali

Pertama kali yang harus kamu lakukan saat membeli baru Power Bank adalah melakukan charging POwer Bank tersebut sampai dalam level full, standar pengisian Power Bank Berbeda-beda karena kapasitasnya juga berbeda-beda. Jika kalian ragu sebaiknya baca buku panduan, atau tanya ke penjual. Jika dirasa sudah terlambat bertanya atau tidak ada buku panduan. Maka perhatikan saja indikator pada Power Bank tersebut, biasanya ada indikator yang menandakan Power Bank tersebut sudah full.

Power Bank juga ada yang memiliki fungsi jika sudah penuh akan memutus sumber daya sendiri dan ada juga yang tidak, jadi perhatikan baik-baik di buku manual.

Pahami Gunanya Power Bank

Sebenarnya Power Bank di tempat saya hanya digunakan untuk keadaan darurat saja, seperti tidak ada daya listrik, mati lampu, atau sedang bepergian dan tidak ada daya listrik. Jadi bisa disimpulkan jika kamu berada di rumah dan ada sumber listrik, utamakan melakukan charging menggunakan charger bawaan yang di colokkan ke daya listrik rumah.

Hindari Penggunaan Saat Melakukan Charging dengan Powerbank

Hindari Penggunaan Saat Melakukan Charging dengan Power bank

Untuk menjaga keawetan dari baterai ponsel dan baterai power bank itu sendiri, cobalah untuk menghindari penggunaan ponsel atau perangkat tersebut saat melakukan charging, kalau dirasa emergency, cobalah untuk mematikan ponsel atau hidupkan mode pesawat. Charger sebentar jika dirasa sudah bisa digunakan lepas charger lalu baru digunakan lagi.

Jauhkan dari Barang Elektronik dan Cuaca Ekstrem

Jauhkan dari Barang Elektronik dan Cuaca Ekstrem

Usahakan dalam melakukan charging selalu jauhkan dari barang yang membahayakan seperti daerah panas yang berlebih, barang elektronik, dan jauhkan dari air untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Hindari Charging Melalui Laptop & Komputer

Jika Power Bank kamu sudah habis, hindarilah melakukan charging melalui komputer ataupun laptop, karena daya yang dikeluarkan tidak stabil dan daya yang dikeluarkan mungkin berbeda dengan daya listrik arus listrik.

Jangan Nunggu Habis Baru di Charger

Hindari melakukan charging Power Bank jika sudah nol atau habis sama sekali, lakukan charging Power Bank saat power bank tersebut masih ada dayanya, seperti saat sudah 5-10% kamu sudah melakukan charging

Perhatikan Durability

Setiap Baterai pasti ada durability atau umur pemakaian, contoh saja baterai lithium Polymer bisa di charging sebanyak 1000 kali, sebenarnya jika Power Bank kamu sering di charge maka umur baterai tersebut otomatis akan berkurang

Itulah ulasan cara menggunakan power bank pertama kali, baca juga artikel cara merawat powerbank, semoga bermanfaat

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.