Cara Menggunakan MAME4droid, Simple!

  • Android
  • May 05, 2023

MAME4droid adalah emulator arcade yang populer untuk Android yang memungkinkan Anda untuk memainkan game klasik dari mesin arcade di perangkat seluler Anda. Emulator ini memungkinkan pengguna untuk menikmati ribuan game klasik dari berbagai mesin arcade seperti Neo Geo, Capcom, Atari, dan banyak lagi. Namun, bagi sebagian orang, menggunakan emulator arcade seperti MAME4droid bisa menjadi hal yang cukup rumit dan membingungkan. Jika Anda sedang mencari cara yang mudah dan efektif untuk menggunakan MAME4droid, artikel ini akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mulai memainkan game klasik di emulator ini.

Apa itu MAME?

MAME (Multiple Arcade Machine Emulator) adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk memainkan game klasik dari mesin arcade pada perangkat komputer atau perangkat seluler. MAME dapat menjalankan berbagai game arcade dari berbagai produsen dan mesin, termasuk mesin arcade yang sudah tidak diproduksi lagi. Dengan demikian, MAME memberikan kesempatan bagi para penggemar game klasik untuk tetap dapat memainkan game-game favorit mereka di era modern. Selain itu, MAME juga membantu mempertahankan warisan budaya dan sejarah game arcade yang penting bagi industri game. MAME tersedia secara gratis dan open-source, sehingga dapat diunduh dan digunakan oleh siapa saja.

Game / ROM Mame Rekomendasi

Ada banyak rom mame yang bisa mimin rekomendasikan, tetapi untuk vote terbanyak ada di mame : Dragon Ball Z, Final Fight, Hook, Cadillacs And Dinosaurs, King Of Fighter (KOF), Metal Slug, Captain Commando, The Punisher, Asterix, Tekken, Mortal Combat, Virtua Striker, Street Fighter 2, Golden Axe dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan MAME4droid

Sebelum ke panduan Cara Menggunakan MAME4droid, mimin anggap kalian sudah install aplikasi emulatornya (bisa melalui google play store) dan kalian sudah memiliki satu roms mame (kalau bisa taruh di dalam satu folder).

Bahan:

  • Hp android Mi5s
  • Aplikasi emulator MAME4droid (0.139u1)
  • ROMs/Game Mame dalam satu folder

Cara Install MAME4droid

Cara Install MAME4droid
  1. Install dan jalankan MAME4droid
  2. Ijinkan/ALLOW untuk akses
  3. Pilih Yes / No dengan konsekwensi :
    • Yes : menyesuaikan folder yang di tentukan dari aplikasi itu biasanya di : Storage/MAME4droid/roms
    • No : menyesuaikan lokasi dari folder yang kamu buat

Cara Mengaktifkan Fitur Cheat

Cara Mengaktifkan Fitur Cheat
  1. Buka MAME4droid
  2. Pilih Option
  3. Pilih Setting
  4. Pilih Emulation
  5. Centang / Tandai Cheats

Cara Menggunakan Cheat MAME

Terkadang kamu memerlukan fitur cheat untuk mengaktifkan command simple untuk game versus. kamu pasti paham game Street Fighter untuk mengeluarkan jurus kamu harus menekan : mundur – bawah – maju. nah dengan cheat kamu hanya perlu menekan satu arah saja untuk mengeluarkan jurus. untuk cara mengaktifkannya mimin contohkan di game Street Fighter 2

Cara Menggunakan Cheat MAME
  1. Jalankan dulu game Street Fighter lalu tekan COIN + START bersamaan
  2. Pilih Cheat
  3. Lalu Pilih Cheat yang ingin di aktifkan. Karena mimin sukanya menggunakan karakter KEN. Maka yang diaktifkan adalah : Hadaoken, Syouryuuken dan Tatsumaki
  4. Lalu pilih EXIT

Opsi dan fitur cheat di setiap game berbeda, menggunakan cheat juga jangan terlalu masiv. contoh saja mimin mengaktifkan fitur cheat di sebagian hero di Street Fighter contoh hero : Guile dan Ken/Ryu saja. Maka game akan Freeze dan tidak bisa di jalankan

Untuk emulator “MAMEAll – MAME 0.159u2 Arcade” mimin pernah membuat artikelnya : Cara Mengaktifkan Cheat MAME Android

Cara Mengaktifkan Fitur AutoFire

Cara Mengaktifkan Fitur AutoFire
  1. Buka MAME4droid
  2. Pilih Option
  3. Pilih Setting
  4. Pilih Input
  5. Pilih Button A as autofire
  6. Pilih Speed (mimin biasa pake speed 3 dan 4)

Fitur Button A as autofire adalah ketika kamu bermain game pesawat atau semacamnya kamu tidak perlu menekan berkali-kali tombol A untuk menembak, jadi hanya sekali tekan tombol A. maka akan otomatis menekan secara terus menerus sesuai speed yang kamu pilih.

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui cara menggunakan MAME4droid dengan mudah dan efektif. Dengan melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, Anda dapat mulai memainkan game klasik dari mesin arcade di perangkat seluler Anda. Namun, perlu diingat bahwa proses konfigurasi dan optimisasi pengaturan dapat memakan waktu dan membutuhkan sedikit kesabaran dan penyesuaian. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati pengalaman bermain game retro di MAME4droid!

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments