4 Cara Menggunakan Headset Bluetooth Di Android Mudah | Droidinside

4 Cara Menggunakan Headset Bluetooth Di Android Mudah

  • 3 min read
  • Sep 15, 2020
cara menggunakan headset bluetooth

Cara menggunakan headset bluetooth sebenarnya mudah sih. Cuma mungkin kamu perlu tambahan informasi terkait perangkat pemutar musik nirkabel ini.

Seiring berkembangnya manusia semakin hari terus mengeluarkan teknologi-teknologi baru yang bisa memberikan kemudahan bagi manusia. Salah satunya yakni inovasi dalam penggunaan headset, dimana seperti kita ketahui headset pada awalnya dihubungkan pada perangkat menggunakan kabel.

Headset Bluetooth di Android

Namun kini perangkat tersebut menjadi lebih berkembang lagi dengan menggunakan konsep nirkabel dimana penggunaan kabel untuk menghubungkan perangkat tidak lagi diperlukan. Perangkat headset nirkabel ini menggunakan teknologi Bluetooth yang merupakan inovasi yang sudah lama dimiliki manusia dalam berbagi data.

Pengaplikasian Bluetooth pada headset ini membuat penggunaan kabel tidak lagi diperlukan, dengan begitu kamu bisa leluasa dengan mudah mendengarkan lagu ataupun audio lainnya dengan menggunakan headset tanpa perlu terhalang oleh kabel.

Lebih jauh lagi, sebenarnya bluetooh sebagai piranti nirkabel terus mengalami perkembangan yang luar biasa. Sekarang ini bluetooth telah mencapai pada generasi ke 5. Kecepatan transfer data bluetooth bisa sampai 2 Mbps. Ini akan sangat mendukung untuk kamu mendengarkan musik secara nirkabel tanpa gangguan.

Cara menggunakan headset bluetooth juga mengalami perubahan dimana dahulu harus menggunakan musik yang super ringan untuk dapat memutar secara lancar pada perangkat pemutarnya. Namun sekarang, musik berat seperti Flac dapat dilibas. Kualitas musik yang cukup tinggi bisa kamu nikmati dengan Headset bluetooth tanpa kendala seperti dahulu.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Android

Dalam penggunaanya sendiri tentu saja headset bluetooth ini berbeda dengan headset biasanya yang menggunakan kabel, terdapat proses pairing yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu, berikut cara menggunakan headset bluetooth di Android.

1. Hidupkan Headset Bluetooth yang Kamu Punya

Pertama-tama pastikan headset bluetooth yang kamu punya memiliki daya karena penggunaan headset tanpa kabel ini memerlukan daya. Setelah itu hidupkan headset bluetooth dan biarkan saja apabila headset sudah pada mode pairing, apabila belum maka ubah terlebih dahulu agar menjadi mode pairing.

Namun biasanya headset bluetooth sudah langsung berada pada mode pairing ketika mereka dihidupkan pertama kali, oleh karena itu kamu tidak perlu repot lagi untuk mengaturnya, indikasi dari mode pairing pada headset bluetooth biasanya yakni lampu LED yang berkedip-kedip.

2. Hidupkan Bluetooth pada Android

Karena untuk menghubungkan headset dengan Android tidak menggunakan kabel melainkan Bluetooth, sudah pasti yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu yakni menghidupkan Bluetooth pada perangkat Android kamu.

Cara menghidupkan Bluetooth pada Android yakni dengan membuka menu notifikasi pada Android dan menekan lama pada logo bluetooth, atau dengan menuju menu setting>connections>bluetooth.

3. Mencari Bluetooth Headset

Kemudian biarkan perangkat Android kamu melakukan searching atau pencarian bluetooth aktif diradius kurang lebih 10 meter. Nantinya bluetooth dari headset yang ingin kamu sambungkan akan muncul pada bagian perangkat aktif.

Nama dari bluetooth speaker biasanya berbeda-beda tergantung merek dari headset, namun pada perangkat Android biasanya akan berlogo headset pada perangkat yang terdeteksi.

4. Lakukan Proses Pairing

Setelah bluetooth dari headset terdeteksi, langkah selanjutnya yakni tinggal kamu klik hubungkan dan Android akan otomatis melakukan proses pairing dengan headset bluetooth yang ingin kamu gunakan.

Setelah proses pairing selesai biasanya akan terlihat informasi terhubung pada bagian perangkat bluetooth terdeteksi. Cara mengetahuinya tinggal kamu putar aja lagu dari Android kemudian tinggal kamu dengarkan apakah suara lagu yang kamu putar sudah ada pada Headset.

Jika sudah ada maka proses menghubungkan sudah selesai dengan begitu kamu bisa langsung menggunakan headset bluetooth setiap kali headset kamu nyalakan dan bluetooth pada Android dihidupkan.

Gunakan Codec Bluetooth Agar Lebih Mantap

Setelah mengetahui cara menggunakan headset bluetooth, selanjutnya adalah ubah Codec Bluetooth di Android kamu. Cara ini akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang kamu dengarkan dari perangkat headset. Disana dijelaskan mengapa harus mengubah kodek perangkat nirkabel.

Kualitas suara akan menjadi lebih baik, karena data ditransfer sesuai dengan metode tertentu antar android dan headset. Tetapi kamu harus mengetahui juga apakah headset kamu support untuk mengganti codecnya atau tidak.

Tinggalkan Komentar!