Cara Menggunakan Clip On Di Hp Dengan Mudah

  • Droidinside
  • Jan 10, 2022

Terkadang ada orang yang belum mengerti cara menggunakan clip on di hp. Soalnya, kalau clip on itu langsung kamu pasang di hp maka terbaca sebagai headset. Ya karena beberapa jenis clip on hanya sebagai mikrofon saja maka tidak bisa sesuai dikenali oleh ponsel. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Tutorialnya dari Droidinside untuk kamu.

Cara Menggunakan Clip On Di Hp

Clip on atau disebut dengan mikrofon jepit yang sering digunakan Youtuber untuk membuat konten video. Digunakan juga pada reporter televisi untuk menyampaikan berita secara langsung. Barang yang ada penjepitnya ini memang paling mudah dipakai karena bisa direkatkan di kerah baju. Tanpa memegang mikrofon, tinggal bersuara saja maka sinyal akan dikirim ke ponsel.

Berikut ini tips untuk kamu agar bisa memakai clip on secara langsung. Beserta alat dan bahan yang diperlukan agar suara bisa masuk ke ponsel.

1. Membeli Clip On

Clip on paling umum yang paling murah adalah kabel dengan jack 3.5 mm, biasanya langsung mikrofon pada bagian atas. Bisa kamu beli dengan harga paling murah mulai harga 5 ribuan di toko online. Pastikan saat membeli, kamu lihat gambar produknya harus memiliki clip atau jepitan supaya bisa digunakan tanpa dipegangi.

Membeli clip on mic menurut admin direkomendasikan secara offline. Agar kamu bisa langsung mencoba di hp. Untuk yang lebih mahal, kamu bisa membeli wireless clip on (tanpa kabel). Biasanya yang wirelles ini sudah lengkap satu paket dengan splitter yang dijelaskan di bawah ini. Cara menggunakan clip on di hp umumnya tidak bisa hanya satu alat saja. Kamu butuh alat lainnya.

2. Membeli Splitter

Agar cara menggunakan clip on di hp lancar, kamu harus membeli splitter. Apalagi untuk clip on yang murah. Tidak bisa langsung dicolokin gitu aja. Karena ponsel hp akan membacanya sebagai headset atau tempat keluarnya suara. Padahal mic adalah untuk memasukkan suara ke ponsel. Jadi splitter ini penting.

Splitter berisi dua lubang jack untuk mic dan headset. Biasanya di toko online, ketika membeli clip on sudah ada 1 paket dengan splitter. Pastikan kamu ngecek gambarnya ada splitternya. Beli splitter secara offline juga cukup murah di toko elektronik atau konter hp (biasanya ada). Jadi nantinya clip on dipasang ke lubang mikrofon. Kalau kamu masukkan ke lubang headset, ya tidak akan bisa digunakan atau sistem tidak membaca.

3. Langkah Menggunakan Mic On

Jika sudah disesuaikan berbagai alat yang harus kamu beli. Selanjutnya adalah tutorial cara menggunakan clip on di hp:

  • Colokan mic clip on ke splitter
  • Pastikan kamu mencolokkannya ke jack dengan simbol mikrofon
  • Colokkan splitter ke hp
  • Kaitkan mic clip on ke kerah, saku atau bagian baju lainnya
  • Mulailah membuka kamera, lalu rekam video sesuka hati
  • Bisa juga untuk merekam suara saja
  • Suara dari clip on akan masuk ke sistem dan terdengar lebih jelas

Cara menggunakan clip on di hp memiliki kelebihan tersendiri. Berbeda dengan kualitas suara yang dimiliki oleh mikrofon bawaan hp. Menggunakan clip on, suara akan lebih keras dan lebih jelas. Umumnya suara dari luar jadi sedikit tersaring sehingga lebih tenang.

cara menggunakan mic clip on di hp

Pada saat merekam video dan sumber suara itu cukup dengan dengan ponsel. Hasil suaranya mungkin cukup terdengar jelas. Namun apabila sumber suara cukup jauh, suara kurang jelas. Solusi penggunaan mikrofon clip on adalah untuk mendapatkan hasil suara yang lebih baik. Meskipun untuk model clip on berkabel sedikit ribet karena tidak bisa jauh-jauh, setidaknya hasil audionya lebih bagus.

Clip On Dan Menggunakan Aplikasi Open Camera

Cara menggunakan clip on di hp dengan aplikasi Open Camera adalah lebih mudah. Tanpa menggunakan splitter, kamu bisa langsung mencolokkan kabel jack mic on ke hp. Tapi sudah admin terapkan di Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi 4X tidak berhasil. Suara masih masuk dari mikrofon bawaan ponsel.

Akan tetapi pada merk ponsel tertentu menggunakan aplikasi ini bisa tanpa harus pake splitter. Caranya:

  • Colokan kabel mic on ke hp
  • Buka aplikasi Play Store lalu cari Open Camera
  • Instal Open Camera lalu buka aplikasi
  • Berikan perizinan aplikasi untuk merekam, membaca penyimpanan dan sejenisnya
  • Klik tombol Gear (pojok kanan atas)
  • Pilih Video Settings
  • Audio Source
  • Pilih External Mic (If Present)
  • Selanjutnya kembali, dan mulailah merekam menggunakan mic on yang dicolokkan ke hp

Sebagian ponsel akan memuat suara yang jelas dan dekat. Ini berarti aplikasi dan mic on berfungsi dengan baik. Kalau suara masih kurang jelas dan jauh, berarti sistem masih menggunakan mikrofon internal menunjukkan aplikasi tidak berhasil.

Penutup

Itulah cara menggunakan clip on di hp untuk android. Bisa kamu terapkan untuk berbagai merk ponsel seperti Vivo, Oppo, Samsung, Advan, Evercoss, Infinix, Realme, Xiaomi, Techno, Huawei, Sony dan lain sebagainnya. Gunakan splitter untuk hasil yang lebih memuaskan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.