Cara Mengetik Dengan Suara di hp Android

  • Android
  • Jun 02, 2022

Cara mengetik dengan suara di hp android dapat kamu lakukan hanya dengan menggunakan fitur voice typing dari GBoard atau Google Keyboard. Sebenarnya fitur voice typing merupakan fitur yang sudah lama ada di aplikasi keyboard dari google keyboard atau GBoard, tapi karena kurang populer maka fitur ini baru dikenal beberapa orang.

Fitur Voice Typing ini adalah fitur yang merubah suara menjadi text, dengan menggunakan fitur ini kamu dapat mengetik kata tanpa harus menekan tombol QWERTY pada keyboard, hanya berbicara saja maka suaramu akan diubah menjadi teks.

Tingkat keakuratan untuk bahasa inggris lumayan bagus sekali, dan kalian tidak perlu memikirkan typo pada tulisan yang akan kalian sampaikan, kalau ini mah jelas nggak bakalan typo, paling kalau salah ya satu kata full :v.

cara mengetik dengan suara di hp

Ada beberapa point-point yang harus kalian jalankan dahulu sebelum membaca tips dan cara mengetik dengan suara di hp.

  • install GBoard
  • Setting Bahasa ke Indonesia

Cara Install dan Setting Gboard

cara install Gboard
  1. Download Install GBoard, ikuti langkah-langkah atau manualnya berikut.
  2. Buka Pengaturan – Additional settings
  3. Languages & input
  4. Current Keyboard – Choose Keyboard
  5. Aktifkan GBoard dan Google voice typing

Setting Bahasa ke Indonesia

Jika Ponsel kamu menggunakan Bahasa English, maka rubah dahulu ke bahasa Indonesia, supaya google bisa mudah mengkonversi bahasa indonesia menjadi teks, karena dengan menggunakan bahasa english, konversinya jadi tidak enak dibaca. Beda lagi jika kamu balas chat atau menulisnya menggunakan bahasa English atau Inggris, untuk cara merubah bahasa di ponsel xiaomi mimin kasih saran di bawah ini (bahan redmi 5A)

cara setting bahasa di hp android
  1. Pengaturan – Setelan tambahan
  2. Bahasa & masukan
  3. Bahasa
  4. Pilih bahasa Indonesia

cara mengetik dengan suara di hp Android

Jika Bahasa dan Gboard sudah di install dan sudah bisa berjalan dengan baik, maka kita tinggal lanjut ke langkah cara mengetik dengan suara di hp android, sederhananya sangatlah mudah tinggal tekan icon mic, lalu tinggal ngomong saja.

Cara Mengetik dengan Suara di WA

Kali ini mimin droid langsung praktek menggunakan aplikasi WhatsApp, berbeda dengan voice note ya, kalau fitur itu kan merekam suara tetep jadi suara, kalau ini suara jadi teks. cara mengetik dengan suara di hp xiaomi bisa juga kalian terapkan lho, karena jika kalian penggemar atau pengunjung lama droidinside bakal tahu, jika tumbal ponselnya bakal Xiaomi, nunggu ada penggemar droidinside menghibahkan ponselnya kepada mimin (ngarep)

Cara Mengetik dengan Suara di WA
  1. Buka WA – tekan icon MIC (no.1)
  2. Tekan Allow/ Setujui supaya Google bisa Merekam audio
  3. Jika sudah ada Tulisan “Speak now” Tinggal Bicara saja, nanti otomatis convert jadi teks

cara mengetik dengan suara di google docs di hp

Cara ini juga sama saja seperti diatas, hanya berbeda aplikasi saja yang digunakan, kali ini menggunakan aplikasi google doc. cara mengetik dengan suara di word hp juga bisa kalian terapkan menggunakan fitur ini. Caranya sebagai berikut ini :

cara mengetik dengan suara di google docs di hp
  • Buka Google DOC
  • Tekan icon Mic
  • Tunggu sampai ada tulisan “Speak now”
  • Tinggal Ngomong aja tidak usah mengetik.

cara mengetik dengan suara di hp samsung

Sebagian besar ponsel android Samsung sudah otomatis terinstall Gboard, jadi cara diatas bisa kalian gunakan dengan baik, tanpa ada masalah sedikitpun, tetapi jika kalian merubah aplikasi keyboardnya, kalian tinggal kembalikan ke Gboard saja.

Setting Xperia Keyboard Google Voice Typing

Ini adalah keyboard yang mimin droid gunakan selama ini, yaitu keyboard Xperia keyboard, dan saya sandingkan dengan Google Voice Typing, dan berhasil. Tinggal mengaktifkan fitur Google voice typing key.

Xperia Keyboard Google voice typing

cara mengetik dengan suara di hp xiaomi

Nah kalau yang ini malah berbeda lagi, mimin gunakan HP Xiaomi Redmi 5A dengan menggunakan EMOJI Keyboard di sandingkan Google Voice Typing. Cuma Berbeda bentuk icon dan peletakan MIC saja.

cara mengetik dengan suara di hp

kesimpulan

  • Kesimpulan utamanya adalah jika Cara Mengetik Dengan Suara di hp bisa di lakukan menggunakan aplikasi Gboard dan mengaktifkan Google Voice Typing
  • Untuk beberapa aplikasi keyboard bisa di sandingkan dengan Google Voice Typing tanpa harus menggunakan aplikasi Gboard. kalian harus melihat di bagian pengaturan keyboard dan megaktifkan Google voice typing key. Icon voice typing (MIC) Berbeda dengan keyboard yang lain, jadi perhatikan juga ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.