3 Cara Mengetahui Versi Bluetooth Android | Droidinside

3 Cara Mengetahui Versi Bluetooth Android

  • 3 min read
  • Sep 19, 2020
Cara Mengetahui Versi Bluetooth

Wajib paham cara mengetahui versi Bluetooth ponsel Android kamu. Meskipun perangkat ini sudah tidak sering digunakan untuk mengirim file, namun dengan mengetahui teknologi ini kamu bisa menggunakannya untuk hal yang lebih maksimal.

Bluetooth merupakan sebuah teknologi hardware yang memungkinkan kamu bertukar data tanpa kabel. Sampai post ini dirilis, teknologi nirkabel ini sampai pada generasi ke 5.2 atau bisa disebut dengan Bluetooth 5. Apakah yang dimaksud Bluetooth 5? Dan apakah keuntungan dan fungsi apabila versi Bluetooth ini sudah terpasang dalam Android kita?

Kegunaan Bluetooth

Dahulu bluetooth selalu berfungsi untuk mengirim file musik Mp3 atau media untuk berbagi file. Sudah sejak lama juga Bluetooth digunakan untuk menghubungkan Hp dengan perangkat pemutar audio seperti headset nirkabel dan pemutar musik nirkabel.

Menjadi Bagian IOT

Sekarang kegunaan perangkat nirkabel ini lebih jauh lagi. Dalam menyongsong teknologi industri 4.0 sampai 5.0 Bluetooth merupakan salah satu yang menjadi objek yang menjembatani kehidupan digital masa depan. Bluetooth menjadi salah satu perangkat yang digunakan dalam Internet Of Things (IOT). Sebuah konsep transfer data antar perangkat tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer.

Bluetooth dapat digunakan untuk menghidupkan pemanas ruangan, menghidupkan AC secara otomatis. Membuka gerbang pintu pun bisa dilakukan menggunakan perangkat ini. Penggunaan dalam Smartwatch sebagai perangkat jam digital canggih juga terhubung melalui bluetooth sebagai bagian dari IOT.

Versi Bluetooth 5.0

Perangkat nirkabel “Gigi Biru” versi 1.0 sampai 3.0 merupakan versi klasik. Digunakan pada perangkat speaker dan penghubung kontroler game dengan konsol sampai sekarang. Namun versi ini tidak akan mungkin digunakan dalam IOT karena konsumsi daya yang cukup besar tidak cocok untuk daya portable.

Barulah pada Bluetooth 4.2 sudah hampir mampu digunakan sebagai perangkat dalam IOT. Karena mengacu pada penggunaan daya yang lebih rendah dan transfer data yang lebih cepat. Kemudian pada Bluetooth 5.0 yang dirilis pada akhir tahun 2016 fokus pada teknologi IOT. Hingga pada awal tahun 2020, sampailah pada versi Bluetooth 5.2 hemat daya dan menjangkau wilayah yang lebih luas.

Kecepatan Transfer Data dan Gangguan

Dengan Bluetooth 5 keatas, kecepatan data bisa sampai 2 Mbps, setara 2 kali kecepatan Bluetooth 4. Jangkauan Bluetooth 5 bisa sampai 240 meter bisa saling berkomunikasi. Jadi kamu harus tahu cara mengetahui versi Bluetooth android kamu sehingga bisa menikmati kirim data setara menggunakan WIFI biasa.

Selain kecepatan yang bisa diandalkan, bluetooth terbaru ini juga akan mendukung penggunaan IOT sebagai cikal bakal teknologi masa kini dan masa depan. Integrasi Bluetooth ini dengan IOT akan menciptakan dunia digital yang sangat modern.

Namun kamu harus tahu, bahwa Bluetooth menggunakan infrastruktur sinyal frekuensi 2.4 GHz. Microwafe dan wifi biasa menggunakan frekuensi yang sama. Jadi saat kamu menggunakan Bluetooth, bisa saja antar perangkat saling terjadi gangguan.

Cara Mengetahui Versi Bluetooth Android

Terdapat 3 cara mengetahui versi Bluetooth:

1. Cek Dusbook dan Kelengkapan Surat

Beberapa kotak Hp Android memberikan informasi versi Bluetooth yang disematkan. Seperti pada gambar dibawah ini, bluetooth dinilai sebagai sebuah keunggulan yang perlu diperlihatkan sehingga terpampang dalam dusbook. Jika tulisan pada dusbook tidak ditemukan, maka bisa dicari pada kertas berisi tulisan dalam kotak.

cara mengetahui versi bluetooth dari dusbook

2. Cek Merek dan Tipe Ponsel di GSMArena

Jika pada dusbook tidak ada, kamu bisa menemukannya pada web ini. Cara mengetahui versi bluetooth Android pada situs ini sebenarnya cukup akurat. Sebagai salah satu rujukan dalam mencari spesifikasi terlengkap sebuah ponsel Android. Langkahnya:

  • Buka https://gsmarena.com/
  • Klik pada Pencarian
  • Masukkan Merek dan Tipe Android kamu
  • Klik Go atau hp yang muncul pada pilihan pencarian
  • Geser ke bawah bagian COMMS
    cek versi bluetooth redmi note 8 gsmarena

Misal admin mencari versi Bluetooth Redmi Note 8. Karena pada dusbook Hp ini tidak ada, maka perlu dicari di web tersebut. Versi Bluetooth Redmi Note 8 adalah 4.2 yang mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan apakah kamu akan meminang ponsel tersebut.

3. Cek Pada Situs Resmi Merek Hp

Beberapa informasi mungkin tidak lengkap di GSMArena. Ya padahal web tersebut rujukan tempat spesifikasi dan perbandingan Hp android terlengkap. Namun bisa saja informasi di GSMArena seperti versi Bluetooth Redmi Note 8 tidak tersedia. Dan mungkin kamu kurang percaya situs sebelumnya.

Cek spesifikasi lengkap produk Hp Android pada situs resmi brand. Tinggal lakukan pencarian merek Hp di google dan pilih yang mengarah ke web resminya langsung.

cek spesifikasi bluetooth dari situs resmi

Misal admin mecari Informasi spesifikasi Redmi Note 8. Pada situs https://www.mi.co.id/id/redmi-note-8 dan pada tab pilihan Specs kamu bisa mengetahui bahwa spesifikasi versi Bluetooth Redmi Note 8 adalah 4.2 dan belum bluetooth 5.

Begitulah, mudahnya cara mengetahui versi Bluetooth Android kamu, sehingga kamu akan mendapatkan informasi dan manfaat.

Tinggalkan Komentar!