Tips Cara Mengecilkan Ping Di Game Online

  • Droidinside
  • Des 11, 2021

Ada beberapa cara mengecilkan ping di game online android. Ping besar dan merah merupakan tanda bahwa kamu berjalan patah-patah atau lag di game jika dilihat temen atau musuh. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, nggak cuma melulu sinyal yang jadi kambing hitam. Ada kalanya beberapa tips dari Droidinside dibawah ini bisa dijadikan alternatif mengatasi Ping yang tinggi saat bermain game. Simak tipsnya dibawah.

Cara Mengecilkan Ping Di Game Online Android

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu kesuksesan Booyah, Chicken Dinner, Mythic dan segala penilaian keberhasilan game ditentukan lewat Ping atau kondisi sinyal ponsel. Gak seru banget, tiba-tiba Ping jadi merah pas lagi maen game favorit kamu. Ini bakalan bikin permainan jadi cukup sulit diprediksi dan bahkan bikin kalah. Lalu strategi apa yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan Ping tersebut?

1. Gunakan Kartu SIM Dengan Sinyal Terbaik

Terkadang provider terbaik seperti warna merah milik pemerintah yang jaringannya paling luas tidak bisa diandalkan. Bisa jadi malah ada kartu lain di tempat kamu bermain saat ini yang memberikan sinyal paling bagus. Tiap daerah bisa berbeda-beda. Jadi pastikan kamu memilih kartu dengan kecepatan Ping yang baik. Terkadang cepat untuk download itu bukan berarti punya Ping yang bagus. Untuk itu perlu mencoba provider terbaik di tempat kamu nongkrong atau maen game. Gunakan kartu terbaik untuk cara mengecilkan Ping di game sebagai langkah awal.

2. Mengurangi Suhu Panas Ponsel

Pesan Pop Up ponsel terlalu panas seringkali muncul ketika kita bermain game cukup lama atau game berat. Suhu panas ini dipengaruhi banyak hal seperti software ponsel, kondisi cuaca, kondisi sinyal, dan lainnya. Jika suhu ponsel naik, maka kemampuan ponsel akan diturunkan. Performa, penangkapan sinyal, kinerja akan diturunkan oleh sistem. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan komponen dan baterai akibat suhu panas.

Ponsel panas maka berpengaruh pada Ping yang tinggi. Sehingga cara mengecilkan Ping di game dengan menurunkan suhu ponsel melalui cara:

  • Mengurangi frekuensi bermain, agar suhu turun
  • Bermain dengan suhu ruangan yang sejuk (bila perlu ber-AC)
  • Bisa dengan menggunakan Cooler/kipas pendingin dipasang di belakang ponsel (dibeli dari toko online)
  • Meletakkan ponsel di lantai keramik untuk mendinginkan suhu
  • Update software, dimana setelah update harus dipastikan Review nya bikin ponsel adem
  • Tidak melakukan multitasking (tutup semua aplikasi selain game yang dimainkan)

3. Menggunakan Wifi

Sinyal Wifi punya ping yang bagus dan lebih stabil daripada sinyal kartu SIM (meskipun kadang-kadang sebaliknya). Umumnya kecepatan Wifi cukup stabil untuk mengurangi lag akibat Ping terlalu besar. Akan tetapi, kalau Wifinya dipake banyak orang maka akan bikin lemot juga. Gunakan Wifi dengan jumlah pemain yang tidak terlalu banyak, maka Ping akan lebih baik.

Selain itu, cara mengecilkan Ping di game menggunakan koneksi Wifi sangat tepat. Karena ponsel akan lebih hemat daya ketika terhubung ke koneksi nirkabel tersebut. Berkebalikan, jika ponsel terkoneksi ke data seluler dia akan menguras baterai karena melakukan pencarian sinyal agar performa game menjadi baik. Pencarian sinyal ini membuat ponsel jadi lebih panas juga berakibat mengurangi performa.

4. Tidak Berdekatan Dalam Satu Tempat Jika Kartu SIM Sama

Bermain game bareng temen nongkrong dalam satu tempat memang seru. Bisa langsung ngasih tahu posisi, strategi dan kondisi permainan. Tapi kalau kalian ngumpul dengan kartu SIM yang sama. Maka kemampuan ponsel yang menjadi penentu Ping besar atau kecil. Sudah pasti kalau ngumpul terlalu banyak, ada salah satu yang kalah ditunjukkan Ping yang besar.

Beberapa kasus ponsel tertentu (Huawei, Xiaomi) punya penangkapan sinyal yang lebih kuat daripada merek lainnya (Samsung). Ini membuat Ping jadi tinggi karena terlalu ramai dalam satu tempat. Baiknya untuk agak menjauh mengatasi distraksi atau gangguan sinyal akibat terlalu banyak device. Cara mengecilkan Ping di game online selanjutnya adalah stay agak jauh biar sinyal gak keganggu.

5. Menurunkan Grafis Game

Jika ponsel dipaksa menggunakan setelan game dengan grafis terbaik, maka ponsel akan cepat panas. Ketika ponsel panas, performa diturunkan termasuk penangkapan sinyal sehingga Ping jadi besar (lag). Sehingga salah satu cara mengecilkan Ping di game dengan logis adalah mengurangi grafik game menjadi sedang atau rendah. Gak masalah gamenya jadi burik dikit, asalkan Ping kamu bagus.

6. Menggunakan Aplikasi Ping

Cara mengecilkan Ping di game lainnya yaitu dengan instalasi aplikasi. Ping Tools dan sejenisnya adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan tes pemanggilan paket data ke server. Intinya mengirim dan menerima paket data kecil untuk mengetahui kecepatan koneksi. Ya meskipun tidak terlalu berpengaruh, tapi kamu bisa coba. Caranya:

  • Buka Play Store
  • Instal aplikasi: PingTools Network Utilities
  • Aktifkan aplikasi
  • Bermain game

Sebagian merasakan aplikasi ini berguna. Tapi sebagian sama sekali tidak. Ya tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini dan sejenisnya seperti: Ping, Ping Tool, Ping IP dan lain sebagainnya.

Post Terkait :

2 thoughts on “Tips Cara Mengecilkan Ping Di Game Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.