Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

  • 3 min read
  • Jul 20, 2021
cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis

Droidinside berbagi cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis yang sering terjadi pada ponsel android. Masalah ini sepertinya paling banyak dialami pengguna yang memakai ponsel android kategori penyimpanan kecil. Dalam bahasa inggris yaitu Storage Space Running Out.

mengatasi memori internal hampir habis

Pesan Ruang Hampir habis, memori hampir penuh dan sejenisnya sangat mengganggu. Ketika hal ini muncul, berarti penyimpanan ponsel sudah tidak bisa lagi menampung banyak file lagi termasuk dari aplikasi.

Dilihat dari spesifikasi penyimpanan ponsel dibandingkan dengan tahun sekarang ini, kamu bisa melihat keterbatasan sebuah ponsel. Jika internal ponsel kamu adalah 16 GB di tahun 2021, sepertinya perlu upgrade karena akan sering muncul pesan ruang penyimpanan hampir habis jika instal banyak aplikasi. Lalu bagaimanakah cara mengatasi ruang peyimpanan hampir habis tersebut ?

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Ketika pesan penyimpanan yang muncul pada bar notifikasi ini muncul, maka kita harus segera melakukan penyelamatan istilahnya. Dengan mengurangi jumlah file di penyimpanan internal. Karena performa ponsel menurun akibat kekurangan ruang penyimpanan. Berikut ini beberapa tips untuk kamu dalam cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis ini.

1. Pindahkan File Di Penyimpanan Internal

Bukalah aplikasi File Manajer, File Saya, atau Manajer File kemudian cek pada penyimpanan internal ponsel kamu. Data bisa dipindahkan ke memori eksternal atau kartu memori. Berikut data yang bisa kamu Potong (Cut) dari penyimpanan internal dan Tempel (Paste) ke penyimpanan eksternal. Berikut beberapa folder yang bisa kamu pindahkan:

  • DCIM folder foto hasil jepretan kamera
  • Unduhan/Download
  • Dokumen (Documents)
  • Musik
  • Pictures (biasanya berisi dokumen dari Facebook, Telegram dan Twitter)
  • Data dari aplikasi seperti Whatsapp – Media (Documents, Audio, Images, Video, Voice Notes)

Jika tidak punya kartu memori eksternal, file bisa kamu upload ke Google Drive. Lewat akun Gmail kamu, ada 15 GB yang bisa dimanfaatkan. Setelah diupload, hapus file yang ada di ponsel pintar kamu. Selain Drive ada penyimpanan awan lainnya yang bisa kamu manfaatkan secara gratis seperti 4Share, Mediafire, Mega, Dropbox dan lain sebagainnya. Kamu butuh membuat akun dahulu dengan email sebelum bisa upload ke web tersebut. Melegakan penyimpanan internal adalah cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis.

2. Hapus File Yang Tidak Digunakan

Yang paling banyak memakan penyimpanan seperti foto, video dan dokumen bisa dihapus jika tidak lagi digunakan. Melalui aplikasi Galeri dan pengelola file kurangi penyimpanan berkas.

Jangan lupa setelah menghapus file dari kedua aplikasi ini, cek di tempat sampah. Karena ponsel sekarang dibekali folder sampah untuk menyimpan file sebelum dihapus dalam waktu 30 hari. Jika kamu merasa sudah menghapus banyak file namun penyimpanan internal sama sekali tidak berkurang, bisa jadi masih ada di tempat sampah.

3. Hapus Instalasi/Uninstal Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis selanjutnya adalah Bongkar atau hapus instalasi aplikasi. Ini disesuaikan dengan besarnya penyimpanan internal ponsel yang kamu punya. Karena semakin banyak aplikasi terinstal, dibutuhkan penyimpanan internal ponsel yang semakin membengkak juga.

Di tahun 2021, apabila ponsel kamu internalnya hanya 8-16. Satu aplikasi Whatsapp saja sudah cukup. Jangan menambah aplikasi lain lagi. Adapun tambahan aplikasi lain, hanya yang kecil-kecil saja. Agar notifikasi penyimpanan hampir penuh tidak muncul.

Cara menghapus aplikasi bisa melalui beberapa cara. Tekan dan tahan aplikasi yang muncul di layar beranda/menu utama. Lalu pilih Info Aplikasi atau hapus pemasangan (copot pemasangan). Bisa juga melalui manajemen Aplikasi di Pengaturan ponsel.

Hapus aplikasi terpasang yang tidak penting. Seperti Game dan aplikasi yang perlu dihapus di ponsel android lainnya. Jika kamu ingin menginstal lebih banyak aplikasi, pastikan spesifikasi penyimpanan internal ponsel kamu cukup tinggi. Untuk sekarang minimal 64GB barulah cukup untuk bisa kamu gunakan berbagai aplikasi.

4. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

Ada berbagai aplikasi yang cukup aman dihapus datanya. Biasanya pada aplikasi-aplikasi yang tidak membutuhkan Login atau masuk akun. Karena semakin sering sebuah aplikasi dipakai, penyimpanan data akan meningkat juga.

Di pengaturan aplikasi ponsel kamu, bisa menghapus data aplikasi dan cache satu persatu. Admin sarankan juga untuk menghapus data aplikasi Sosial Media yang cukup besar seperti Instagram, Youtube, Tiktok, FB, dan aplikasi yang memuat video lainnya. Tapi sebelum menghapusnya pastikan kamu hafal akun email dan kata sandi untuk masuk pada Sosmed tersebut. Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis yang satu ini biasanya cukup berasa. Karena data aplikasi yang sangat sering dipakai membengkak dibersihkan dari penyimpanan internal.

5. Reset Atau Kembalikan Ke Setelan Pabrik

Ini akan menghapus semua data di penyimpanan internal ponsel kamu. Setelah reset, kamu butuh untuk memasukkan pola ponsel dan Email Google yang masuk pada ponsel sebelumnya. Ponsel akan kembali penyimpanan internalnya menjadi kosong. Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis dengan Reset adalah yang terbaik namun dengan konsekuensi. Jika banyak data penting, sebaiknya jangan dilakukan.

Setelah melakukan Reset, lakukan perencanaan instalasi aplikasi dan manajerial file yang lebih bagus. Misalnya setelah foto dan dokumen sudah tidak lagi digunakan, segera hapus. Tidak instal aplikasi Game yang ukurannya besar dan lain-lain.

Penutup

Pada akhirnya, cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis adalah manajemen file di memori internal. Ini membutuhkan sedikit skil dari yang punya Hp untuk melakukan berbagai hal diatas yang admin Droidinside rekomendasikan.

Kombinasikan berbagai cara diatas untuk menyelamatkan penyimpanan internal agar tidak penuh. Pastikan kamu memilah file/aplikasi yang penting untuk disimpan dan yang tidak penting untuk dihapus dalam cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *